Tips dan Solusi Mengatasi GCam Mod / GCam Biasa Tidak Bisa Dibuka Dan Digunakan

Tips dan Solusi Mengatasi GCAM Mod / GCam Biasa Tidak Bisa Dibuka Dan Digunakan

KEPOINDONESIA.id - Google Camera atau GCam merupakan salah satu aplikasi kamera terbaik yang bisa merubah hasil kamera bawaan yang pas-pasan atau bisa dibilang jelek menjadi bagus layaknya hasil dari foto HP Flagship. Jadi asal perangkat atau device kita support Gcam, jika hasil dari kamera bawaan tidak memuaskan tidak menjadi masalah.

Salah satu perangkat Android yang memiliki kualitas kamera pas-pasan yaitu Asus Zenfone Max Pro M1. Walaupun hasil dari kamera bawaan kurang memuaskan, tetapi Asus Zenfone Max Pro M1 ini mendukung aplikasi Google Gcam.

Bukan hanya itu saja, karena Zenfone Max Pro M1 dapat di pasang berbagai jenis GCam Mod yang bisa membuat kualitas hasil jepretan lebih bagus dan memiliki karakteristik yang berbeda. Namun sayangnya perangkat Android tidak semuanya support untuk di install aplikasi GCam ataupun GCam Mod.

Karena ada beberapa perangkat Android yang bisa di install atau di pasang aplikasi GCam Mod, namun terbatas di beberapa versi saja tidak seperti pada Zenfone Max Pro M1. Lalu bagaimana untuk mengetahui HP kita bisa dipasang dan menggunakan aplikasi GCAM Mod ini?

Ada beberapa cara untuk memastikan bahwa device kalian bisa dipasang oleh aplikasi tersebut atau tidak. Memastikan bahwa HP yang kita gunakan support atau tidak ini sangat penting supaya kita tidak kecewa.

Karena banyak yang mengeluh bahwa aplikasi GCam tidak bisa dibuka, GCam Mod tidak bisa digunakan dan masih banyak keluhan lainnya. Padahal memang, perangkat Android yang mereka gunakan tidak mendukung dan tidak akan bisa.

Sebenarnya ada berbagai cara untuk memasang aplikasi GCam ini. Ada cara memasang GCam tanpa root namun harus di oprek sedikit. Dan ada yang wajib di root namun tidak perlu di oprek, jadi tinggal digunakan saja.

Untuk itu kalian wajib mengetahui apakah HP Android kalian support Google Camera atau tidak, jadi saya akan membahas beberapa hal wajib untuk dapat menggunakan Google Camera.

Namun sebelum itu kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti penyebab aplikasi Grab tidak bisa dibuka dan digunakan serta cara membatalkan pencadangan WhatsApp Otomatis yang berhenti.

Tips Sebelum Pasang Aplikasi GCam Mod


1. Pastikan Camera2 API Aktif


Pasti beberapa dari kalian ada yang belum tau apa itu Camera2 API, jadi akan saya jelaskan sedikit mengenai hal tersebut. Jadi Camera2 API adalah sebuah framework yang mengijinkan developer untuk mengakses fitur kamera untuk di kostumisasi dan optimalisasi pada aplikasi buatan mereka.

Fitur-fitur kamera yang akan di optimalisasi seperti exposure, focus, dan ISO. Para developer dapat menggunakan Camera2 API untuk mengkontrol penuh secara manual fitur-fitur kamera yang ada.

Jadi syarat utama untuk bisa menggunakan aplikasi GCam Mod ialah Camera2 API harus aktif. Lalu bagaimana untuk mengetahui Camera2 API di HP kita aktif atau tidak? Caranya gampang sekali, kalian bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di Play Store.

Silakan kalian cari aplikasi Manual Camera Compatibility di Play Store, setelah itu install dan buka. Jika sudah dibuka silakan langsung klik start saja untuk melihat hasil dari test tersebut. Jika Camera2 API aktif maka Manual Focus, Manual White Balance, Manual ISO, Manual Shutter Speed, dan RAW support akan tercentang hijau semua.

Dan nantinya akan ada penjelasan seperti ini "Great! Your device supports all the manual settings!". Jika Camera2 API tidak aktif pada bagian Manual Focus, Manual White Balance, Manual ISO, Manual Shutter Speed, dan RAW support akan ada tanda silang merah.

Serta jika Canera2 API tidak aktif akan ada penjelasan seperti ini "Unfortunatelly, your device doesn't support manual settings at all".

2. Gunakan Versi Gcam Mod Yang Sesuai


Selain Camera2 API harus aktif, memiliki versi Gcam Mod yang sesuai juga penting. Jika kalian memilih versi Gcam Mod secara asal-asal, percuma saja nantinya aplikasi Gcam Mod tidak akan bisa di install.

Dan jika berhasil di install, kemungkinan tidak akan bisa dibuka atau hasil dari Gcam tersebut lebih jelek dari pada kamera bawaan karena tidak cocok dengan perangkat kita. Untuk yang satu ini tidak saya sarankan untuk mencoba satu persatu versi aplikasi Gcam Mod nya.

Lebih baik kalian masuk ke grup atau forum Facebook yang membahas mengenai HP yang kalian gunakan sekarang. Setelah bergabung di grup tersebut, silakan tanyakan tentang versi Gcam Mod yang sesuai dengan type HP yang kalian gunakan.

Nah itu dia 2 hal penting dalam keberhasilan menginstall dan menggunakan aplikasi GCam Mod. Tidak semua versi Gcam akan cocok untuk merk Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, ataupun Asus.

Dan versi GCam Mod tidak selalu cocok pada semua type HP walaupun vendornya sama. Jadi memang untuk mendapatkan versi aplikasi Gcam Mod yang bagus dan stabil cukup susah-susah gampang jika Camera2 API sudah aktif.

Selain itu jika kalian menggunakan perangkat Android One, kalian bisa baca solusi menunggu wifi berbayar saat ingin update sistem. Masalah tersebut sering muncul di perangkat Android yang berbasis Android One.


EmoticonEmoticon