Mengenal Garansi Personal dan Apakah Bisa Dipercaya

Mengenal Garansi Personal dan Apakah Bisa Dipercaya

KEPOINDONESIA.id - Jika kita membeli barang bekas atau baru dan memperbaiki barang pasti selain menanyakan harga pertanyaan lainnya yang sering muncul yaitu pertanyaan seputar garansi. Garansi ini penting supaya barang yang kita beli atau barang yang sudah selesai diperbaiki memiliki perlindungan yang seharusnya.

Ada banyak sekali macam-macam garansi di Indonesia. Seperti garansi Resmi, garansi Distributor, garansi Toko, Garansi 1 x 24 jam, dan garansi Personal. Untuk garansi resmi, garansi distributor, dan garansi toko lebih banyak diterapkan pada produk baru.

Sedangkan untuk garansi 1 x 24 jam dan garansi personal diterapkan pada produk bekas atau second. Namun dalam jual beli barang bekas, lebih sering menggunakan istilah garansi personal atau garansi pribadi dari pada garansi 1 x 24.

Karena saya rasa masih banyak orang yang belum paham betul mengenai garansi personal ini, maka kali ini saya akan sedikit mengulasnya. Sedangkan untuk keempat macam tipe garansi lainnya jika sempat akan saya bahas juga.

Namun sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai garansi personal ini yang sering digunakan dalam jual beli barang bekas, kalian juga bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang berkaitan. Seperti maksud TT dan BT dalam jual beli serta pengertian harga nego dan harga net.

Jadi jika kalian belum tau arti dan pengertian garansi personal dan kalian berfikir bahwa garansi personal artinya apa kalian akan tau setelah saya jelaskan nantinya. Jadi garansi personal atau garansi pribadi ialah garansi yang diberikan oleh perorangan atau individu tertentu.

Karena yang memberikan garansi perorangan, rata-rata barang yang dijual ialah barang bekas. Namun ada juga yang menjual barang baru dan memberikan garansi personal sebagai nilai tambah supaya pembeli menjadi tertarik.

Jadi jika kita membeli barang baru seperti smartphone dengan garansi resmi dan orang yang menjual memberikan garansi personal maka jika ada apa-apa kita bisa minta bantuan si penjual jika barangnya berstatus BNOB bukan BNIB dan jika BNIB lebih baik langsung klaim garansi resmi saja.

Durasi garansi personal untuk barang bekas rata-rata yaitu 24 jam, 3 hari, sampai 1 minggu. Sangat jarang ada individu yang memberikan garansi lebih dari 1 minggu. Jadi jika kita membeli batang tersebut sore hari, maka garansi akan habis sampai hari berikutnya pada sore hari juga jika garansi yang diberikan 24 jam atau 1 hari.

Seperti garansi pada umumnya, garansi personal hanya meliputi cacat produk atau kerusakan barang bukan karena human error setelah dibeli dari penjual. Mudahnya, jika kita membeli HP Android setelah kita coba beberapa saat dirumah tiba-tiba mati, itu masih dalam garansi.

Namun jika kalian lalai dan HP tersebut jatuh walaupun fisiknya tidak apa-apa namun HP nya mati dan penjual mengetahui bahwa HP tersebut telah jatuh karena human error, maka jika penjual tidak mau memberikan klaim garansi itu hal yang wajar.

Intinya garansi personal sama seperti garansi lainnya, namun yang memberikan garansi ialah perorangan. Garansi personal ini sebanding seperti garansi toko, namun garansi toko lebih bagus sedikit. Dari kelima garansi yang ada, garansi resmi lah yang terbaik.


EmoticonEmoticon