Senin, 29 April 2019

Simak Arti BNOB & BNIB Sebelum Bertanya Original Atau Tidak

Simak Arti BNOB & BNIB Sebelum Bertanya Original Atau Tidak

KEPOINDONESIA.id - Membeli suatu barang tidak harus ditoko secara langsung, sekarang kita bisa membeli apapun lewat orang ataupun online shop. Untuk membeli barang di orang kita juga perlu hati-hati karena tidak semua penjual itu jujur, untuk membeli di online shop juga kita harus berhati-hati memilih seller yang bagus. Nah jika kalian membeli barang di online shop atau orang pasti pernah mendengan kata BNIB dan BNOB dong.

Saya yakin sebagian orang yang aktif di media sosial pasti pernah meilihat 2 kata diatas khususnya yang sering berkunjungi di fjb atau grup jual beli. Atau jika kalian sering melihat reseller pasti sering mendengar kata BNIB atau BNOB. Tapi kalian tau gak arti BNOB dan BNIB itu apa?

Sebelum saya jelaskan artinya, kedua kata tersebut biasanya digunakan di produk-produk elektronik yang harganya mahal seperti Smartphone Flagship yang harganya diatas 5 atau 10 jutaan. Kamera dan Laptop yang harganya di rentang minimal seperti diatas biasanya jika dijual kembali menambahkan embel-embel BNIB dan BNOB.

Selain itu BNIB dan BNOB juga sering digunakan di produk selain elektronik seperti sepatu dan jam tangan branded yang super mahal.

Arti BNIB


BNIB (Brand New in Box)

BNIB sendiri memiliki arti Brand New in Box, atau jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya barang baru didalam box. Jadi barang tersebut benar benar baru belum dibuka box nya termasuk plastik dan segelnya belum dibuka sama sekali.

Saya sendiri sering menemui orang yang menjual barang BNIB ini seperti smartphone flagship baik Android atau iOS seperti iPhone yang harganya diatas 10 jutaan yang didapat atau beli dari luar Negeri. Entah kenapa mereka sudah susah-susah beli namun tidak dibuka dan malah dijual kembali dengan keterangan BNIB.

Jadi biasanya jika kalian membeli barang BNIB, tempat seller yang kalian beli tidak bertanggung jawab atas isi di dalam box nya. Misal seperti HP tidak nyala, ada kekurangan komponen ataupun cacat fisik. Jadi jika mau komplain kalian bisa langsung ke pihak terkait.

Lalu apa BNIB itu original? Jika seller atau penjual menjelaskan bahwa barang tersebut original berarti barang tersebut original, jika seller menjelaskan barang tersebut kw atau replika ya barang tersebut kw atau replika. Hal ini tidak pasti tergantung kejujuran tiap penjual masing-masing.

Apa BNIB murah? saya rasa tidak murah karena barang tersebut harganya pasti hampir sama dengan harga aslinya. Mungkin jika murah si penjual bilang barang asli namun aslinya kw jadi harganya murah. Biasanya seller branded sepatu menambahkan embel embel BNIB murah tapi untuk keoriginalannya masih dipertanyakan.

Arti BNOB


BNOB (Brand New Open Box)

BNOB sendiri adalah Brand New Open Box, yang artinya barang baru buka dus atau barang yang sudah dibuka dus nya. Biasanya barang BNOB ini ada beberapa alasan kenapa dusnya sudah dibuka, seperti pengecekan unit atau produk dan masih banyak yang lainnya.

Jadi kalian membeli barang baru tapi sudah tidak segel dus lagi taau bisa dibilang beli barang bekas walaupun belum pernah dipakai. Namun keuntungan BNOB ini biasanya seller bertanggung jawab penuh karena sebelumnya barang BNOB sudah dicek terlebih dahulu berbeda dengan BNIB yang masih didalam dus.

Untuk ori tidaknya seperti BNIB juga tergantung seller masing-masing. Namun barang BNOB sudah di cek terlebih dahulu kemungkinan lebih bagus BNOB dari pada BNIB terutama jika kalian beli barang yang harganya mahal-mahal.

Nah itu dia sedikit arti dan pengertian BNIB dan BNOB dalam jual beli barang. Intinya jika ingin mendapatkan barang yang bagus kalian harus pintar-pintar memilih dan tidak tergoda dengan harganya yang murah meriah.


EmoticonEmoticon