Sabtu, 07 September 2019

Arti Istilah Nego dan Harga NET Dalam Jual Beli

Arti Istilah Nego dan Harga NET Dalam Jual Beli

KEPOINDONESIA.id - Kata Nego pasti ada dari beberapa dari kalian yang sering melihat atau mendengarnya, salah satunya di salah satu situs belanja online Bukapalak yang memiliki fitur nego ini. Selain nego, jika kita melakukan jual beli secara online tidak di marketplace pasti juga akan menemui kata harga NET. Jadi kali ini saya akan membahas arti nego dan arti harga NET yang mungkin perlu kalian ketahui.

Untuk saya sendiri, kata nego dan harga net sudah sering saya temui dan juga pernah saya lakukan saat menjual barang secara online. Seperti halnya TT, BT, dan Like New, nego dan harga net ini bisa dibilang satu kesatuan dalam jual beli.

Mungkin nego barang ini lebih sering dilakukan oleh kaum wanita, terutama emak-emak saat menawar dipasar. Lalu apa itu nego barang? nego artinya apa? maksud kata harga net itu apa? kali ini saya akan bahas semuanya tentang 2 hal tersebut.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan nego dan net, kalian bisa baca arti istilah kata Worth It dan pengertian dan perbedaan antara Omzet dan Pendapatan. Jika sudah mari kita lanjutkan ke pembahasan utamanya.

Pengertian Nego

Nego sendiri merupakan singkatan dari kata Negosiasi. Negosiasi sendiri adalah proses tawar menawar dengan jalan berunding antara pembeli dengan penjual untuk mencapai kesepakatan bersama baik antara individu ataupun kelompok.

Mungkin jika kita berjualan di Facebook dan proses pengantaran barangnya masih menggunakan sistem COD (Cash on Delivery) mungkin istilah nego yang sering kalian temui adalah nego tipis dan nego bensin.

Namun kalian tau tidak arti nego tipis dan arti nego bensin? Nego tipis artinya boleh menawar namun sedikit saja. Misalnya harga barang 200 ribu, lalu boleh di nego tapi sedikit saja jadi 190 ribu misalnya.

Sedangkan untuk nego bensin ini nantinya akan ditentukan oleh jarak COD pembeli menemui penjual. Misalnya jika pembeli datang langsung ke rumah penjual dengan jarak 15 KM mungkin bisa di nego mulai dari 20 - 30 ribu. Sedangkan jika ketemuan atau COD di tengah-tengah bisa di nego maksimal 20 ribu, misalnya.

Selain itu juga ada istilah nego no afgan, alias nego tapi jangan sadis atau ngawur. Kenapa bisa no Afgan? Karena ada lagu dari penyanyi Afgan yang judulnya Sadis. Maksutnya sadis disini nawar bisa sampai atau lebih dari 50% dari harga barang.

Pengertian Harga Net


Untuk harga net ini bisa saya artikan yaitu harga sudah tidak bisa ditawar atau di nego. Bisa dibilang seperti harga barang di toko, minimarket atau swalayan yaitu harganya pas. Net atau NETT sering juga diartikan sebagai harga 'netto', yang memiliki arti harga pas. Jadi arti harga net dalam jual beli yaitu harga pas yang sudah tidak bisa ditawar lagi.

Namun nett dalam reservasi hotel memiliki arti yang berbeda, yaitu harga kamar yang sudah diperhitungkan pajak & biaya layanan. Jadi nanti pelanggan tidak usah bingung lagi menghitung biaya total untuk menginap di hotel tersebut.

Lalu apa perbedaan harga net dan ++ (plus plus)? Harga plus plus sendiri adalah harga yang tertera dengan tambahan biaya yang lainnya yang biasanya berwujud pajak. Seperti Biaya PB1 dan Biaya Service.

Nah itu dia sedikit ulasan tentang Nego dan Harga Net. Semoga artikel ini membantu kalian dalam bertransaksi jual beli dan bermanfaat bagi kalian kedepannya. Selain itu kalian juga perlu baca arti Fast Respon dan Slow Respon yang sering muncul dalam jual beli, tidak hanya beberapa istilah yang diatas saja.


EmoticonEmoticon