5 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Saat Digunakan Bermain Game

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Saat Digunakan Bermain Game

KEPOINDONESIA.id - Perlu di ingat bagi kalian yang memiliki spesifikasi Laptop pas-pasan jangan terlalu memaksakan Laptop yang kalian miliki terlalu berlebihan. Seperti menginstall dan menggunakan aplikasi editing yang berat atau memainkan game yang tidak peruntukannya.

Sebenarnya sudah ada ciri bahwa aplikasi dan game tidak cocok pada Laptop yang kalian miliki. Ciri tersebut seperti saat dibuka aplikasi dan game akan terbuka lama, saat digunakan lambat bahkan sangat lambat, atau bisa aplikasi keluar sendiri.

Nah jika kalian sering menggunakan Laptop secara berlebihan mungkin kalian akan sering mengalami Laptop mati sendiri. Laptop yang sering mati sendiri tidak boleh dianggap remeh karena biasa saja hal kecil menjadi permasalahan yang besar.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan mengenai penyebab dan cara mengatasi Laptop yang sering mati sendiri. Khususnya saat digunakan untuk membuka aplikasi dan game padahal saat membuka aplikasi lain baik-baik saja.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang mungkin ada kaitannya dengan laptop yang kalian miliki. Seperti cara open with file di perangkat Windows serta kenapa baterai Laptop 0 persen terus saat di cas.


Penyebab Laptop Mati Sendiri Saat Sedang Digunakan


1. Error Sesaat


Yang pertama karena error sesaat dan kalian tidak perlu khawatir. Untuk penyebabnya saya kurang tau pasti yang jelas Laptop akan mati sendiri dan bisa kalian nyalakan kembali tanpa ada masalah satu apapun.

2. Aplikasi dan Game Terlalu Berat


Yang kedua karena kalian sedang membuka aplikasi dan game yang terlalu berat. Umumnya jika terlalu berat aplikasi akan not responding. Tetapi jika sampai membuat Laptop mati berarti aplikasi tersebut jangan sampai kalian buka lagi dan wajib kalian hapus.

3. Laptop Overheat


Selama kalian menggunakan Laptop kalian di tempat yang benar berapa lama kalian menggunakan Laptop dan apapun aplikasi dan program yang kalian jalankan kasus overheat jarang terjadi. Jadi pastikan kalian mengoperasikan Laptop di tempat yang benar.

4. Laptop Bermasalah


Ada sekali banyak masalah yang bisa menyebabkan Laptop mati sendiri seperti karena pasta sudah minta diganti. Pasta yang sudah tidak optimal bisa menyebabkan prosesor panas yang berlebihan padahal tidak digunakan untuk pekerjaan berat.

5. Masalah Pada Baterai


Dan yang terakhir karena ada masalah di baterai. Seperti baterai yang sudah drop padahal persentase baterai masih diatas 40%. Solusinya ganti baterai atau gunakan Laptop dalam keadaan tercharger.

Bisa kalian nilai sendiri penyebab mana yang sedang kalian alami. Untuk saya sendiri biasanya karena penyebab terakhir karena tanpa terhubung ke listrik Laptop yang saya miliki tidak akan bisa menyala.

Semoga pembahasan singkat ini bermanfaat bagi kalian semua. Sebelum saya akhiri apakah bahaya menyalakan Laptop tanpa baterai dan langsung terhubung ke listrik? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon