Minggu, 19 Mei 2019

Arti BT, TT, Like New, dan Minus Pemakaian Dalam Jual Beli

Arti BT, TT, Like New, dan Minus Pemakaian Dalam Jual Beli

KEPOINDONESIA.id - Menjual barang yang sudah tidak terpakai merupakan hal terbaik supaya rumah tidak dipenuhi dengan barang bekas atau rongsokan. Namun jika kita sedang mencari barang secara online khususnya barang bekas seperti barang elektronik Smartphone, Laptop, Kamera dan lainnya pasti kalian harus tau kondisinya apa like new atau minus pemakaian. Selain itu jika kalian mempunyai barang sejenis bisa di TT atau BT dengan barang yang kalian incar tersebut.

Istilah-istilah tersebut sudah tidak asing bagi orang yang suka nongkrong di Forum Jual Beli atau FJB dan orang yang suka memantau grup jual beli di Facebook. Namun pasti banyak orang yang sudah lama melakukan aktifitas jual beli barang bekas secara online atau offline belum tau arti istilah tersebut.

Atau orang yang tidak pernah melihat FJB online atau orang awam pasti tidak tau istilah tersebut. Maka dari itu kali ini saya akan jelaskan arti BT dan TT, supaya kalian tidak tanya lagi TT dan BT artinya apa dalam jual beli. Selain itu jika barangnya elektronik kalian juga harus tau arti kondisi like new serta arti minus pemakaian,supaya jika ada postingan barang like new dan minus pemakaian kalian tau artinya.

Namun sebelum itu jika kalian tidak tau nomor referensi nasabah kalian bisa baca arti nomor referensi nasabah BRI. Berikut penjelasan BT, TT, Like New, dan Minus Pemakaian dalam jual beli.

TT 'Tukar Tambah'


Arti TT dalam jual beli yaitu Tukar Tambah baik kita atau orang lain. Jika barang kita lebih mahal maka orang yang ingin kita ajak tukar tambah yang akan menambah beberapa uang. Dan jika barang orang lain yang kita ajak lebih mahal berarti kita yang menambah beberapa uang.

BT 'Barter'


Nah untuk arti BT sendiri yaitu Barter atau lebih dikenal tukeran. Berbeda dengan TT tukar tambah, barter ini baik kita atau orang yang kita ajak barter tidak menambah uang namun sepakat untuk tukaran langsung barangnya karena bisa dibilang untuk dipasaran harganya sama, jadi langsung barter saja untuk mempercepat proses jual beli.

Untuk barter ini biasanya jika HP saya lengkap fullset jika dijual sekitaran Rp. 1.500.000 dan HP yang ingin saya ajak barter cuma hp cas namun spek lebih tinggi dan jika dijual harganya sekitaran Rp. 1.500.000 juga, maka disitulah barter dapat dilakukan.

Like New


Sedangkan arti like new adalah barang yang masih bagus seperti baru namun sudah dipakai. Berbeda dengan BNOB dan BNIB. Dan jika kalian belum tau arti BNIB dan BNOB kalian bisa baca pengertian kondisi BNOB dan BNIB. Konidisi like new ini sudah pernah dipakai yang rata-rata mulai 1 minggu - 1 bulan terus dijual. Namun barang masih bagus banget seperti baru, apalagi jika pemakaian cewek.

Minus Pemakaian


Yang terakhir yaitu minus pemakaian, minus pemakaian sendiri artinya barang minus atau ada kerusakan atau lecet karena pemakaian atau karena faktor digunakan. Nah arti minus pemakaian HP sendiri biasanya kondisi casing atau body lecet saja.

Selain itu ada istilah lainnya yaitu:

  • Nego Tipis: Barang bisa ditawar namun sedikit saja, biasanya antara 50-100 ribu rentang penawarannya
  • No Afgan: No Afgan sendiri yaitu dimana orang yang menawar tidak pakai otak alias sadis. Sadis sendiri merupakan salah satu lagu dari Afgan. Misalnya kita pasang harga 1 juta ditawarnya 500 ribu ataupun 300 ribu.
  • No Minus: Artinya barang menurut si penjual tidak ada kerusakan atau masih bagus
  • Net: Tidak bisa ditawar atau harga sudah pas
  • Sold dan Sold out: Sold artinya sudah laku dan Sold Out semua barang'lebih dari 1' sudah laku semua
  • Fullset no HF: Arti fullset no hf adalah semua barang lengkap kecuali headset yang biasa disimpan atau tidak ikut dijual karena ingin dipakai sendiri.

Nah itu dia beberapa istilah yang sering muncul di forum jual beli kota, untuk fjb yang lainnya lebih banyak istilah yang digunakan seperti ongkir, pm, rekber, direct, clbk dan yang lain-lainnya.


EmoticonEmoticon