Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Kiriman Paket Datang 2 Kali

Hal Yang Perlu Dilakukan Jika Kiriman Paket Datang 2 Kali

KEPOINDONESIA.id - Paket yang kita beli di toko online pasti jumlahnya sama seperti barang yang kita beli. Jika kita beli 1 produk pasti isinya 1 produk, jika beli 2 produk nanti yang akan datang 2 produk juga. Namun kalian pernah tidak beli 1 produk namun yang datang 2 paket dengan 1 produk yang sama?

Paket datang 2 kali ini jarang terjadi, namun banyak juga orang yang mengalaminya termasuk saya. Saya mengalami paket datang 2 kali dengan produk yang sama dan waktu yang berbeda sudah saya alami beberapa bulan yang lalu.

Nah, ternyata tidak hanya saya saja. Banyak juga para pengguna marketplace khususnya yang mendapatkan kiriman 2 kali. Barang nya bervariasi, namun jenis yang dikirimkan sama. Untuk saya sendiri membeli Cooling Pad 1 buah, nah padahal barang tersebut sudah sampai di tangan saya.

Namun ternyata ke esokan harinya datang lagi dengan jenis dan warna yang sama. Ada juga yang membeli TV, Kulkas, hingga Sound System yang beli 1 namun dikirimkan 2 dengan paket yang berbeda. Untuk resinya apakah sama atau tidak saya lupa, namun intinya barang yang dikirimkan sama persis.

Lalu apa yang harus kita lakukan? ada 2 opsi yang bisa kalian pilih. Namun sebelum kita lihat apa 2 opsi tersebut kalian bisa baca penyebab alamat tidak didukung dan penjelasan tentang Pick Up Failed dan penyebab paket gagal dikirim.

2 Opsi Jika Kita Menerima Paket 2 Kali


1. Return Barang


Jika dirasa harga barang atau produk tersebut mahal, kalian bisa pilih return barang saja. Namun sebelum di return, kalian bisa chat seller atau penjualnya terlebih dahulu mengenai paket yang datang 2 kali.

Opsi ini bisa kalian lakukan jika kalian tidak ingin membeli barang tersebut untuk kedua kalinya. Sebagai contoh kalian sudah membeli barang yang dibutuhkan, dan tiba-tiba ada barang yang sama datang lagi.

Karena kita cukup menggunakan 1 barang saja, jadi pilihan return barang adalah pilihan terbaik.

2. Membeli Barang Yang Sudah Sampai


Berikutnya yaitu membeli barang yang kedua tadi. Hal ini banyak dilakukan jika barang yang datang bisa digunakan atau berguna di rumah kita atau bisa dijual kembali. Sebagai contoh barang yang kalian beli seperti pakaian, HP, sandal, atau kipas.

Barang-barang tersebut selain berguna, bisa kita jual lagi. Jika barang yang datang seperti Kulkas maka saya rasa akan dikembalikan. Jika dibeli saya rasa tidak ada gunanya, karena dengan 1 kulkas yang sudah datang duluan sudah cukup.

3. Mengambil Alih Barang


Untuk yang satu ini adalah pilihan jika dirasa itu bonus buat kalian. Dan harga dari produk tersebut harus dibawah 50 ribu. Kalian bisa menggunakan barang tersebut dan menganggapnya bahwa itu bonus.

Atau kalian bisa tanya ke seller jika diminta barangnya bagaimana? karena jika di return akan mahal di ongkos kirim. Dan jika si penjual tidak mau memberi dan minta di uangkan namun kalian sudah terlanjur menghubungi pihak penjual, lebih baik kalian mengirimkan sejumlah uang seharga barang tersebut.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa kalian lakukan jika ada paket datang 2 kali. Penyebabnya saya rasa human error. Jadi ini kesalahan penjual, itu yang paling umum terjadi. Jadi bijak-bijaklah kalian menanganinya.


EmoticonEmoticon