5 Penyebab Dan Cara Mengatasi Alamat Tidak Didukung di Shopee

5 Penyebab Dan Cara Mengatasi Alamat Tidak Didukung di Shopee

KEPOINDONESIA.id - Shopee merupakan salah satu marketplace paling populer saat ini, karena banyak program dari Shopee yang bisa membuat para pembeli dan penjual tertarik untuk mengggunakan layanan Shopee. Salah satu program dari Shopee yang fenomenal sampai di tiru oleh marketplace lainnya yaitu program gratis ongkir atau gratis ongkos kirim.

Program tersebut sangatlah menarik, karena kita dapat mendapatkan produk atau barang yang kita inginkan tanpa membayar ongkos pengiriman. Bisa dibilang murahnya bisa menjadi 2 kali lipat. Namun sayangnya masih ada beberapa yang mengeluhkan tentang alamat tidak didukung di Shopee.

Banyak pengguna Shopee khususnya pengguna baru bingung saat belanja di Shopee namun alamat tidak didukung. Baik di jasa pengiriman yang umum seperti JNE, J&T, Tiki, atau SiCepat sampai alamat tidak didukung di Shopee Express yang merupakan ekspedisi milik Shopee sendiri seperti LEX ID milik Lazada.

Lalu apa penyebab dari alamat yang tidak didukung? dan bagaimana cara mengatasinya? Kalian tidak usah panik, pasti ada alasannya kenapa alamat kalian tidak didukung. Jadi jika kalian belanja di Shopee alamat tidak didukung, kalian tidak usah cemas.

Jadi kali ini saya akan sedikit mengulas tentang jasa kirim tidak didukung atau jasa kirim tidak tersedia di Shopee. Ada beberapa penyebab yang perlu kalian ketahui. Namun sebelum itu kalian bisa baca hal yang bisa dilakukan jika paket belum diterima dan penyebab paket gagal dikirim.

Cara Mengatasi Alamat Tidak Didukung di Shopee


1. Menggunakan Voucher Promo


Penyebab yang paling umum yaitu kita menggunakan voucher promo. Seperti yang kita ketahui, bahwa di promo ada Syarat dan Ketentuan, jadi kita wajib mengikuti s&k tersebut. Sebagai contoh promo pengguna baru gratis ongkir Rp. 0 untuk pembelian pertama dengan jasa pengiriman Shopee Express.

Nah jika udah ada ketentuannya bahwa hanya bisa menggunakan jasa pengiriman Shopee Express, maka untuk logistik lainnya akan muncul tulisan alamat tidak didukung. Karena yang didukung dengan voucher gratis ongkir pengguna baru hanya di Shopee Express, jasa pengiriman lainnya tidak.

2. Alamat Tidak Terjangkau


Berikutnya karena alamat tidak terjangkau, ini sering kali kita temukan jika alamat kita diluar wilayah jasa pengiriman tersebut. Untuk yang satu ini biasanya terjadi untuk jasa pengiriman GoSend dan GrabExpress.

Kenapa begitu? Seperti yang kita ketahui bahwa GrabExpress dan GoSend melakukan pengantaran secara instant menggunakan sepeda motor misalnya, jadi hanya wilayah dekat-dekat saja seperti di area JABODETABEK. Jadi jika di luar JABODETABEK kita tidak akan bisa menggunakan jasa pengiriman tersebut.

3. Jenis Barang Tidak Masuk Ketentuan Jasa Ekspedisi


Seperti yang kita tahu, bahwa sekarang Baterai dan PowerBank dilarang dikirim lewat pesawat, jadi itulah yang namanya jenis barang tidak masuk ketentuan jasa ekspedisi. Jadi jika kalian membeli PowerBank misalnya, dan menggunakan jasa kirim JNE dan posisi kalian diluar pulau maka alamat tidak akan didukung jika pihak JNE melakukan pengiriman lewat udara.

Jadi untuk masalah yang satu ini kalian bisa konfirmasi ke pihak JNE dan penjualnya saja. Atau gunakan jasa pengiriman lainnya yang pengirimannya lewat laut menggunakan kapal.


4. Spesifikasi Paket Tidak Memenui Syarat


Simpelnya, jika kalian menggunakan layanan SiCepat Cargo sedangkan SiCepat Cargo minimum berat barangnya harus 1 kg dan kalian beli barang yang beratnya kurang dari 1 kg, maka pilihan SiCepat Cargo tidak akan bisa dipilih alias tidak didukung. Intinya berat atau ukuran dari barang tidak memenuhi kriteria jasa pengiriman

5. Faktor Cukai


Seperti yang kita tau, bahwa sekarang belanja diatas nominal 1 juta rupiah kini kena pajak, ini salah satu penyebab utama alamat tidak didukung jika kita beli barang dari luar negeri. Jadi cara satu-satunya silakan kalian gunakan jasa ekspedisi lain atau gunakanlah jasa Dropper.

Nah itu dia beberapa penyebab alamat tidak ditemukan dan cara mengatasinya. Sebenarnya tidak untuk Shopee saja, kemungkinan lainnya untuk marketpalce lainnya seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, JD.ID, Blibli pasti seperti itu, namun sangat jarang terjadi tidak seperti di Shopee.

Jadi jika muncul tulisan 'Produk ini tidak didukung oleh jasa kirim yang dipilih', silakan kalian simpulkan dari 5 penyebab diatas mana yang menyebabkan itu terjadi di kalian. Dan juga jika kalian tidak tau arti kode pengiriman SiCepat dan kode pengiriman Ninja Xpress, saya sudah pernah membahasnya jadi silakan baca saja.


EmoticonEmoticon