4 Penyebab HP Tidak Mendapatkan Update Software atau Pembaruan Sistem

4 Penyebab HP Tidak Mendapatkan Update Software atau Pembaruan Sistem

KEPOINDONESIA.id - Update Software atau Pembaruan sistem bagi beberapa orang merupakan hal penting jika memiliki sebuah ponsel pintar smartphone baik Android atau iOS. Tidak jarang juga banyak orang yang biasa-biasa saja, yang penting HP tersebut bisa digunakan dengan normal.

Pembaruan sistem ini sebenarnya merupakan kegiatan untuk meningkatkan kinerja sebuah smartphone serta memperbaiki bug bug yang biasanya muncul pada HP yang baru rilis. Jika suatu smartphone baru rilis dan pada 1 bulan atau 2 bulan pertama banyak sekali update sistem maka bisa dibilang HP tersebut memiliki banyak bug.

Namun jika sering update software bisa dibilang update-update selanjutnya kita akan mendapatkan kinerja sebuah HP yang sangat baik. Pembaruan perangkat lunak ini tidak semua vendor smartphone memberikannya pada HP yang mereka rilis.

Seperti halnya Samsung, tidak semua HP Android Samsung mendapatkan pembaruan sistem yang lengkap dan mendapatkannya secara berkala. Hanya beberapa type saja yang mungkin memiliki pengguna yang cukup banyak.

Selain itu sering kali HP tidak bisa pembaruan sistem. Sebenarnya bukan tidak bisa, melainkan tidak dapat pembaruan sistem atau tidak dapat pembaruan perangkat lunak. Untuk vendor yang rajin update sistem yaitu vendor Google seperti seri Google Pixel.

Selain Google Pixel, semua HP yang sudah tergabung dalam AndroidOne pasti akan mendapatkan update yang cepat seperti halnya Google Pixel. Baik dari Nokia dan Xiaomi jika sudah tergabung dalam AndroidOne akan lebih cepat beberapa tingkat dari pada Android lainnya.

Lalu bagaimana jika sebuah HP tidak dapat pembaruan sistem, padahal yang lainnya dapat. Hal seperti ini pasti akan terjadi, baik dari merk terkenal sampai yang biasa-biasa saja. Seperti Advan, Lenovo, Vivo, Oppo pasti beberapa persen dari jumlah pengguna suatu type HP akan mendapatkan pembaraun sistem paling terakhir.

Nah untuk mengatasi pembaruan sitem yang tidak muncul bukan cara mengatasi gagal pembaruan sistem, kalian bisa baca beberapa hal dan penyebab yang bisa mengakibatkan pembaruan sistem di HP kita telat.

Namun sebelum itu kalian bisa baca menonaktifkan kontrol orang tua di Android dan cara menghitung luas tanah secara online dengan akurat. Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan sebuah HP tidak mendapatkan update software berkala.

Penyebab HP Tidak Dapat Update Perangkat Lunak


1. HP Dalam Kondisi Rooted


Jika HP Android kalian sudah root dan tidak mendapatkan update namun HP-HP yang lain telah mendapatkan update bisa saja karena faktor HP sudah di root itu. Hal ini sering terjadi di grup ataupun forum HP di Facebook.

Misalnya, saya menggunakan HP Asus Zenfone Max Pro M1 dan sudah di root. Nah pada beberapa minggu kemarin pihak Asus mengirim update ke semua pengguna HP Zenfone Max Pro M1. Pada saat itu semua pengguna HP di grup tersebut telah menerima pembaruan itu.

Namun saya dan beberapa pengguna lainnya yang sudah melakukan root pada HP Asus Zenfone Max Pro M1 ini tidak mendapatkan update sama sekali padahal sudah lewat 1 minggu. Setelah ditelusuri ternyata karena HP saya sudah di root.

2. Menggunakan Custom Rom


Selain root, menggunakan custom rom juga bisa menyebabkan HP Android kalian tidak akan mendapatkan update sistem dari pihak developer. Dan biasanya orang-orang yang suka dengan custom rom akan kembali ke stock rom terlebih dahulu supaya mendapatkan pembaruan.

Nah jika sudah mendapatkan pembaraun perangkat lunak dan sudah di update, nantinya akan ganti lagi ke custom rom yang tadi itu. Jadi jika kalian menggunakan custom rom saya sarankan untuk kembali ke stock rom saja.

3. Belum Mendapatkan Update


Berikutnya mungkin saja perangkat atau device kalian belum kebagian update sofware tersebut, bisa dibilang belum merata. Jadi kalian tunggu saja beberapa hari, minggu atau maksimal 1 bulan. Mungkin saja nantinya pembaruan sistem akan muncul dengan sendirinya.

4. Tidak Kebagian Update Sistem


Mungkin bukan tidak kebagian, namun update sistem yang baru saja dikirim bukan untuk type HP kalian. Sebagai contoh update sistem untuk Samsung Galaxy J3 Pro, namun HP kalian yaitu Samsung Galaxy J3. Walauun cuma berbeda Pro nya saja pasti dari segi hardware kedua HP tersebut sangatlah berbeda.

Jadi pastikan kalian mendapatkan informasi yang valid soal pembaruan perangkat lunak ini. Bisa melihat di situs resmi ataupun ke forum-forum seperti XDA-Developers.

Nah itu dia beberapa penyebab dan faktor kenapa HP tidak mendapatkan pembaraun perangkat lunak. Penyebab nomor 1 dan 2 menurut saya penyebab yang paling sering terjadi, karena banyak sekali pengguna yang doyan oprek-oprek HP.

Dan untuk ruang disk tidak cukup di WhatsApp mungkin kalian juga sering mengalaminya. Namun sudah pernah saya bahas jadi kalian bisa cari saja di blog ini. Jika kalian ingin mendapatkan update yang rutin, kalian bisa beli perangkat Google Pixel, AndroidOne, ataupun iOS.


EmoticonEmoticon