Solusi Mengatasi Foto Lama Tidak Bisa Dibuka Padahal Filenya Ada

Solusi Mengatasi Foto Lama Tidak Bisa Dibuka Padahal Filenya Ada

KEPOINDONESIA.id - Sering kali foto lama yang kita miliki tidak sengaja tersimpan di penyimpanan yang tidak diketahui baik di kartu SD atau penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox, atau yang lainnya. Yang jelas jika tidak kalian hapus maka foto terkait tetap akan ada.

Umumnya jika kalian simpan di kartu SD, flashdisk, atau di Google Drive kualitas fotonya tidak akan berubah sama sekali. Walaupun online Google Drive tidak akan melakukan kompres file yang sudah di unggah oleh pengguna.

Kecuali jika kalian mengunggahnya ke media sosial seperti Facebook maka foto yang sudah kalian unggah beberapa tahun yang lalu kualitasnya akan menurun. Nah pada pembahasan kali ini saya akan membahas ketika kalian menemukan foto lama kalian di flashdisk atau di kartu SD.

Tetapi ketika ingin kalian buka ternyata tidak bisa padahal file nya sudah jelas ada. Kenapa bisa seperti? apakah file fotonya rusak karena sudah lama tidak dibuka?. Untuk tau jawaban dan solusinya kalian bisa simak artikel ini sampai selesai.

Akan saya bahas mengenai solusi kenapa foto atau gambar lama tidak bisa dibuka. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang sebelumnya pernah saya bahas seperti cara ubah foto .HEIC menjadi .JPG serta cara balik atau flip foto secara online.

Bukan File Asli Foto, Yang pertama bisa saja file yang kalian buka bukanlah file asli foto tetapi file seperti .thumbnail. File .thumbnail seperti file asli foto dan gambar hanya saja digunakan untuk menampilkan preview jadi ukuran dan kualitasnya sangat jelek.

Format Foto Tidak Sesuai
, Tidak sesuai disini seperti kasus foto dan gambar tidak bisa dibuka lewat Adobe Photoshop. Jadi file nya tidak rusak dan formatnya sudah benar akan tetapi entah kenapa aplikasi yang digunakan untuk membuka mendeteksi bahwa file tersebut tidak bisa dibuka karena tidak sesuai.

File Foto Memang Sudah Rusak, Dan yang terakhir karena memang file fotonya sudah rusak atau corrupt jadi jika dibuka tidak akan bisa. Untuk mengatasi permasalahan yang ini tidak ada yang bisa kalian lakukan kecuali kalian memiliki file lainnya yang memang masih dibuka dibuka.

Selain tidak bisa dihapus masalah foto dan gambar yang lama tidak bisa dibuka sering terjadi. Saya sendiri pernah mengalaminya dan disebabkan oleh file yang saya buka ternyata bukan file asli melainkan file .thumbnail yang biasanya ada di folder DCIM.

Sedangkan untuk pembahasan file lama yang tidak bisa dihapus akan saya bahas nanti di artikel lainnya. Penyebab file tidak bisa dibuka dan tidak bisa dihapus sebenarnya sama saja antara file yang baru kalian miliki ataupun file lama.

Sebelum saya akhiri apakah kalian tau yang dimaksud dengan file .nomedia?. Jika kalian belum tau apa itu file .nomedia kalian bisa baca apa itu file .nomedia dan kenapa file tersebut tidak tampil dan kesannya seperti tersembunyi.


EmoticonEmoticon