Perbedaan Chapter dan Volume di Komik, Manga, dan Manhwa

Perbedaan Chapter dan Volume di Komik, Manga, dan Manhwa

KEPOINDONESIA.id - Banyak wibu yang hanya menonton anime saja karena memang anime lebih keren. Cerita di anime memang tidak selengkap di manga, komik, ataupun manhwa akan tetapi untuk hiburan jelas anime lebih bagus karena sebuah video dengan gambar dan karakter yang bisa bergerak.

Jika kalian hanya menonton anime saja mungkin istilah yang kalian ketahui hanya season, batch, episode, ongoing ataupun completed. Dan jika tiba-tiba disuruh membaca manga atau komik pasti kalian akan bingung mengenai Volume dan Chapter.

Di anime memang lebih praktis karena menggunakan istilah episode. Sedangkan di manhwa atau manga ada istilah Chapter dan Volume. Apa Chapter dan Volume sama atau berbeda? untuk tau jawabnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Akan saya bahas pengertian dari Chapter dan akan saya bahas pengertian dari Volume. Jika kalian sudah tau pengertiannya nanti kalian akan mudah membedakan antara Volume dan Chapter.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti macam-macan ketawa yang digunakan di internet selain "hahaha" serta arti dari ongoing dan completed di Anime.

Bisa dikatakan bahwa Chapter adalah Bab jika diasosiasikan dengan Buku. Sedangkan Volume bisa diasosiasikan sebagai Jilid atau Serial. Nah biasanya Manga atau Komik volume tertentu terdiri dari beberapa chapter.

Karena memang Volume terdiri dari kumpulan beberapa chapter. Untuk menyelesaikan manga atau komik yang memiliki banyak chapter maka kalian harus membacanya di banyak volume karena tidak cukup hanya 1 atau 2 volume saja.

Jadi apakah kalian sudah tau perbedaan antara Volume dan Chapter sekarang? semoga saja kalian menjadi tau. Jika awalnya kalian penikmat anime memang susah jika ingin membaca manga atau manhwa walaupun ceritanya jauh lebih lengkap.

Selain Volume dan Chapter masih ada istilah lainnya. Untuk pembahasan istilah lainnya mungkin akan saya bahas nanti. Tidak usah bingung untuk memulai kalian bisa mulai dengan membaca dari awal alias mulai chapter 1.

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai Chapter dan Volume. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai apa itu Plot Twist dan Plot Armor. Plot Twist belakangan ini sering digunakan di media sosial mungkin kalian sering mendengarnya tetapi tidak tau artinya apa.


EmoticonEmoticon