Sabtu, 13 Juli 2019

4 Cara Mengatasi Proses Memeriksa Update Sistem Yang Terlalu Lama

4 Cara Mengatasi Proses Memeriksa Update Sistem Yang Terlalu Lama

KEPOINDONESIA.id - Mendapatkan fungsi yang seharusnya di dapatkan oleh ponsel pintar yang kita beli merupakan tuntutan beberapa orang pengguna smartphone. Salah satu smartphone yang sering mendapatkan pembaruan ringan hingga berat atau yang sering disebut update Minor dan update Major yaitu Android. Namun sering kali saat memeriksa pembaruan terlalu lama yang biasanya saat memeriksa update akan ada 2 pilihan, yaitu kembali atau hubungkan ke jaringan yang lain.

Hal ini wajar terjadi, karena jika vendor merilis sebuah update pada 1 type smartphone berbasis Android walaupun update dikirim bersamaan, namun pastinya untuk sampai di masing-masing pengguna tidak bersamaan juga. Namun penyebab proses pemeriksaan update yang lama atau error tidak hanya itu, ada beberapa faktor yang lainnya.

Penyebab gagalnya proses pengecekan pembaruan sistem ini sebenarnya tidak terlalu masalah, karena baru proses pengecekan saja. Tidak seperti gagal saat pembaruan sistem. Namun jika update tidak kunjung datang atau selalu tidak muncul saat memeriksa update ini yang bisa membuat beberapa pengguna HP tersebut menjadi jengkel.

Memeriksa update terlalu lama

Untuk itu, kali ini saya akan membagikan beberapa hal yang bisa kalian lakukan jika proses memeriksa update sistem terlalu lama. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara mengatasi memori tidak cukup saat membuka aplikasi dan cara mengatasi jaringan tidak menyediakan informasi tanggal dan waktu.

Sebelum kita lanjut ke beberapa cara untuk mengatasi update sistem yang lama, saya akan memberi tahukan kepada kalian dulu apa itu update major dan update minor.

Update Minor: Update Minor adalah update yang diberikan secara berkala atau paling tidak 1-5 bulan sekali oleh vendor yang diperuntukan untuk memperbaiki bug serta menyetabilkan aplikasi yang terinstall. Update ini sering disebut update kecil-kecilan.

Update Major: Update Major adalah update yang diberikan oleh vendor untuk peningkatan atau penambahan versi Sistem Operasi ke versi yang lebih tinggi yang biasanya dalam update major semua tampilan smartphone akan berubah seluruhnya. Update ini sering disebut update bersar-besaran.

Nah setelah kalian tau apa itu update major dan update minor, sekarang kita bisa lanjut ke beberapa cara untuk mengatasi proses pemeriksaan update sistem baik update major atau minor yang terlalu lama.

Solusi Memeriksa Update Sistem Terlalu Lama


1. Pastikan Memiliki Kuota


Untuk cara yang pertama pastikan kartu yang kalian gunakan memiliki kuota yang tersedia, tidak perlu banyak-banyak karena ini untuk proses pengecekan saja. Banyak pengguna smartphone yang saya kira lucu, sering kali mereka mengeluh tidak bisa mengakses YouTube, browser, ataupun untuk proses pengecakan update sistem yang gagal namun paket yang mereka gunakan adalah paket SOSMED dan Chatting, mana bisa?!

Nah jika kalian sudah memastikan kuotanya ada, silakan kalian cek lagi update sistemnya. Jika muncul berapa ukuran atau size update yang tersedia, barulah kalian beli paketan atau kuota yang lebih bayak 500MB-1GB dari ukuran update sistemnya, untuk mecegahan kuota habis di tengah jalan.

Atau juga bisa menggunakan jaringan wifi supaya lebih hemat. Namun saya tekankan, baik wifi atau jaringan seluler keduanya harus memiliki sinyal yag stabil saat proses download supaya tidak ada file yang corrupt saat proses pengunduhan berlangsung.

2. Pastikan Jaringan Lancar


Selain kalian harus memiliki kuota, jaringan yang lancar pun merupakan faktor penting saat proses pemgecekan update sistem ataupun proses update sistem itu sendiri. Jadi jika saat proses memeriksa pembaruan muter-muter terus, kalian bisa kembali dan lakukan proses pengecekannya lagi.

Jika tetap tidak jalan atau muter-muter terus lagi, saya sarankan untuk mengecek jaringan kalian dengan menonton video secara online ataupun untuk mendownload sebuah file. Jika kecepatannya setabil minimal 100KB/s saja sudah cukup menurut saya untuk proses pengecekan, namun untuk proses download update sistemnya jangan sesekali kalian menggunakan jaringan yang lemot.

3. Gunakan Wifi


Untuk cara ini sebenarnya bisa kalian lakukan pertama kali, namun saya rasa tidak semuanya bisa mengakses wifi baik yang gratis atau berbayar jadi untuk langkah pertama saya ganti dengan pastikan memiliki kuota yang tersedia. Caranya cukup hubungakn HP kalian dengan wifi dan jangan lupa untuk cek kecepatan wifi nya serta di test untuk mendownload file ataupun menonton video secara online.

Dan juga jika ingin melakukan proses update sistem, sebaiknya HP tidak dalam kondisi error atau terdapat ganggguan. Gangguan tersebut seperti aplikasi sering keluar sendiri, HP sering reboot sediri atau sering muncul peringatan matikan dan hidupkan kembali HP anda. Jika muncul hidupkan dan matikan HP anda, kalian bisa baca cara mengatasi pemberitahuan matikan dan hidupkan HP anda kembali.

4. Reboot


Cara terakhir yang bisa kalian lakukan jika menggunakan data seluler tidak berhasil dan sudah menggunakan wifi juga tetap masih muter-muter yaitu kalian saya sarankan untuk merestart HP kalian terlebih dahulu. Jika sudah di restart tunggu beberapa saat dan kalian bisa mencoba lagi baik dengan data seluler ataupun wifi.

Itu dia beberapa cara mengatasi error atau lama saat proses memeriksa update sistem Android. Sebenarnya hal ini jarang terjadi, jika terjadi mungkin saja memang jaringan di lokasi atau wilayah kalian jelek jadi tidak kuat untuk mengecek update sistem Androidnya.

Untuk mengecek saja tidak kuat, apalagi untuk mendownload update sistemnya. Dan jika sinyal di HP kalian hilang dan muncul tanda silang, kalian bisa baca cara mengatasi sinyal HP yang hlang serta muncul tanda silang merahnya.


EmoticonEmoticon