Selasa, 03 September 2019

Cara Mengatasi Menu Fingerprint Yang Hilang di Pengaturan

Cara Mengatasi Menu Fingerprint Yang Hilang di Pengaturan

KEPOINDONESIA.id - Keamanan pada sebuah smartphone kini semakin lama semakin canggih. Seperti pengaman sidik jari atau yang lebih dikenal fingerprint kini mulai diterapkan di semua ponsel pintar keluaran terbaru. Namun ternyata ada beberapa ponsel yang menu fingerprint hilang karena beberapa faktor.

Namun sebelum saya bahas itu, saya akan behas sedikit soal keamanan sidik jari ini. Fingerprint mulai pertama kali diterapkan pada produk iPhone dari mulai generasi pertama kalau tidak salah dan kini mulai diterapkan pada semua ponsel pintar berbasis Android.

Sedangkan iPhone sendiri kini sudah berhijrah dari Touch ID ke Face ID atau lebih dikenal Face Unlock. Mungkin bisa dibilang iPhone lebih jauh kedepan beberapa langkah dari pada Android. Kembali ke topik, ada beberapa kasus pengaturan fingerprint hilang setelah update major atau update minor dari developer.

Setelah melakukan update rutin yang diberikan oleh developer, ternyata menu sidik jari hilang di pengaturan dan kita tidak bisa menambahkan sidik jari kita untuk membuka smartphone. Selain itu terkadang setelah HP selesai booting sensor fingerprint tidak bisa membaca jari kita yang sudah terdaftar dan pola keamanan kedua pun ikut bermasalah seperti PIN atau Pola.

Jadi HP kita tidak bisa dibuka karena fingerprint yang error dan sistem pengaman keduanya pun juga bermasalah seperti pin atau pola yang sebelumnya kita gunakan bisa ternyata setelah update jadi salah. Lalu bagaimana cara mengatasi pengaturan fingerprint yang hilang?

Caranya mudah sekali, karena kali ini yang akan saya bahas ialah cara mengembalikan pengaturan fingerprint yang hilang. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara mengatasi tanggal tidak akurat di WhatsApp dan cara menghilangkan iklan di game.

Cara Mengembalikan Fingerprint Yang Hilang


1. Soft Reset


Pasti kalian bingung apa itu soft reset? karena memang kata ini kurang populer tidak seperti hard reset ataupun factory reset. Soft Reset adalah suatu tindakan mematikan perangkat dan menghidupkannya kembali atau yang lebih dikenal dengan Reboot atau Restart.

Kenapa saya tidak menggunakan istilah reboot atau restart saja? karena ini berhubungan dengan cara berikutnya., Jadi supaya beragam saya gunakan istilah soft reset. Soft reset ini sangat manjur untuk mengatasi menu fingerprint yang hilang karena update sistem baik minor ataupun major.

Seperti pada ponsel Nokia AndroidOne, menu fingerprint sering kali hilang setelah kita update security patch ataupun upgrade OS. Namun hal ini bisa diatasi dengan cara soft reset tadi. Namun ada beberapa info di Xiaomi pun juga sering mengalami menu fingerprint yang hilang di pengaturan.

Jadi untuk yang di Xiaomi saya kurang tau cara penyelesaiannya namun kalian bisa mencobanya dengan cara ini. Namun untuk di Nokia tidak terlalu susah karena terkadang dengan soft reset sudah normal kembali.

2. Hard Reset


Jika dengan reboot atau restart tidak bekerja, kalian bisa menggunakan cara berikutnya yaitu hard reset. Untuk hard reset ini pasti kalian sudah tau apa artinya. Jadi hard reset atau factory reset adalah mengembalikan HP seperti baru atau lebih dikenal kembali ke pengaturan pabrik.

Jadi jika kembali ke pengaturan pabrik sudah dipastikan data-data kita akan hilang, terutama yang ada di memori internal dan data-data terkait aplikasi dan settingan lainnya. Namun untuk cara ini cukup berhasil dengan nilai keberhasilannya cukup besar dari pada soft reset.

Untuk cara ini wajib kalian lakukan setelah upgrade OS untuk semua produk ponsel pintar baik Samsung, Oppo, Vivo, ASUS,dan lain-lainnya. Karena jika tidak nantinya aplikasi dan software tidak akan stabil dan dipastikan akan banyak bug yang sebenarnya jika kita lakukan hard reset bug tersebut tidak ada.

Nah itu dia cara mengatasi pengaturan sidik jari yang hilang setelah update ataupun upgrade Operasi Sistem. Cara ini setau saya cara yang umum dilakukan untuk mengatasi menu fingerprint yang hilang, dan saya jamin semua orang bisa melakukannya.

Dan jika kalian baru saja membeli kartu baru namun data selulernya tidak mau muncul kalian bisa baca cara mengatasi data seluler tidak mau muncul. Hal ini sering terjadi karena beberapa kesalahan kecil yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang.


EmoticonEmoticon