3 Cara Mengatasi Kecerahan Layar Otomatis Tidak Berfungsi

3 Cara Mengatasi Kecerahan Layar Otomatis Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Auto-Brightness atau Kecerahan Layar Otomatis merupakan salah satu fitur yang wajib ada pada sebuah smartphone. Sepertinya jika sebuah ponsel pintar tidak memiliki fitur tersebut, bisa dibilang pintarnya ketinggalan. Karena walaupun jarang digunakan, namun fitur tersebut sangatlah berguna.

Karena jarang digunakan atau malah selalu diaktifkan sejak ponsel tersebut diaktifkan, terkadang kecerahan otomatis tidak berfungsi dengan baik. Seperti kecerahannya tidak sesuai ataupun fitur otomatisnya tidak berfungsi.

Saya sendiri memiliki beberapa HP Android, dan yang saya aktifkan Auto-Brightnessnya adalah HP yang selalu saya bawa kemana mana supaya selalu mudah saat memandang layar dalam kondisi apapun itu baik sangat gelap ataupun sangat terang.

Tidak hanya di HP, kecerahan layar laptop tidak berfungsi pun sering terjadi. Namun untuk di Laptop maupun Komputer, sangat jarang menggunakan kecerahan otomatis, karena seperti yang kita ketahui laptop ataupun komputer tidak bisa dibawa bawa seperti HP.

Tidak jarang juga panel kecerahan layar juga hilang, tidak ada di navigasi bar dan terpaksa menggunakan aplikasi pengatur kecerahan untuk mengatur tingkat cahaya. Lalu bagaimana cara mengatasi kecerahan layar yang tidak berfungsi?

Caranya cukup mudah dan ada beberapa faktor kenapa kecerahan otomatis tidak berfungsi. Namun sebelum itu kalian bisa baca kenapa setelan tidak bisa dibuka dan cara mengatasi akun Gojek bermasalah atau terdeteksi kejanggalan akun.

Cara Mengatasi Kecerahan Layar Tidak Berfungsi


1. Kecerahan Adaptif Belum Aktif


Jika kecerahan layar HP kalian tidak berubah ubah saat berpindah tempat dari gelap ke terang ataupun sebalikanya, mungkin saja pengaturan kecerahan adaptif belum diaktifkan. Kecerahan adaptif ini mengoptimalkan tingkat kecerahan untuk cahaya yang tersedia.

Jadi jika kecerahan adaptif di aktifkan, kalian tidak perlu mengatur tingkat kecerahan layar secara terus menerus, karena akan otomatis mengatur tingkat kecerahan yang sesuai dengan cahaya yang tersedia.

Untuk mengaktifkan Auto-Brightness atau Kecerahan Adaptif bisa melalui Pengaturan>Tampilan>Kecerahan Adaptif. Jika sudah diaktifkan nantinya pengatur tingkat kecerahan manual tidak akan bisa digunakan.

2. Reboot


Berikutnya cara yang sering saya gunakan yaitu mereboot HP kita. Pengalaman saya, pasti beberapa waktu atau saat kecerahan otomats ini tidak akan bekerja alias stuck di 1 tingkat kecerahan saja. Walaupun kita sudah nonaktifkan lalu diaktifkan lagi, tetap saja belum normal kembali.

Jadi cara satu satunya silakan kalian reboot atau restart HP kalian telebih dahulu. Jika sudah nantinya kecerahan adaptif akan bekerja sesuai sedia kala alias bekerja dengan normal lagi.

3. Proximity Sensor Tidak Berfungsi


Perlu kalian ketahui, bahwa Auto-Brightness bekerja karena adanya Sensor Proximity. Jadi jika Proximity Sensor tidak bekerja maka kecerahan otomatis tidak akan bisa bekerja. Bisa dibilang sudah rusak dan perlu dilakukan perbaikan.

Proximity Sensor sendiri memilik beberapa jenis seperti Proximity Inductive, Proximity Capacitive, dan Proximity Optic Sensor. Untuk sensor cahaya sendiri yaitu Proximity Optic Sensor.

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi kecerahan otomatis/Auto-Brightness /kecerahan adaptif yang tidak berfungsi. Jadi kalian bisa mulai dari mengecek bahwa kecerahan adaptif sudah aktif atau belum. Selanjutnya bisa mencoba reboot perangkat kalian ataupun mengecek sensor Proximity bekerja atau tidak.

Dan jika kalian pengguna Nokia Android, kalian bisa baca beberapa kode Nokia yang perlu kalian ketahui. Mulai dari kode untuk mengecek sampai kode-kode penting lainnya. Seperti Samsung dan Asus memiliki kode rahasia tersendiri.


EmoticonEmoticon