Jumat, 23 Agustus 2019

3 Cara Mengatasi Setelan Tidak Menanggapi di Android Saat Dibuka

3 Cara Mengatasi Setelan Tidak Menanggapi di Android Saat Dibuka

KEPOINDONESIA.id - Aplikasi tidak menanggapi, telah berhenti dan terus berhenti sering kali kita temui di Android. Selain itu aplikasi sistem/system yang berhenti juga sering terjadi. Jika aplikasi pihak ke-3 mungkin tidak masalah, namun bagaimana jika aplikasi sistem seperti Setelan yang tidak menanggapi?.

Setelan tidak menanggapi atau berhenti sering kali terjadi, tidak perduli jenis OS Android yang kita gunakan terbaru atau tidak, vendor yang kita gunakan terkenal atau tidak. Hal ini seperti hal yang lumrah terjadi di Android.

Tidak seperti di iOS, atau di Windows jika untuk di Komputer. Hal seperti aplikasi yang berhenti jarang terjadi. Di OS jadul seperti Java pun jarang terjadi, namun kenapa di Android sering kali bahkan jika ponsel tersebut digunakan terlalu ekstrim bisa saja setiap hari mengalami hal seperti itu.

Setelan tidak menanggapi

Yang paling umum biasanya yaitu proses sistem tidak menanggapi, yang tiba-tiba nantinya kita akan kembali ke home jika sedang membuka aplikasi tertentu. Jadi kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi setelan atau pengaturan yang tidak menanggapi saat dibuka.

Namun sebelum itu kalian bisa baca cara mengatasi tidak bisa daftar OVO PayLater karena segera hadir terus dan cara menghilangkan garis biru dibagian bawah aplikasi Facebook Lite. Berikut beberapa cara untuk mengatasi aplikasi Setelan yang error atau bermasalah.

Cara Mengatasi Error Setelan Tidak Menanggapi Saat Dibuka


1. Matikan Layar


Cara pertama yang bisa kalian lakukan ialah mematikan layar smartphone Android kalian sesaat supaya aplikasi yang ada di ponsel kalian menjadi stabil. Cara ini berhasil jika aplikasi yang tidak menanggapi, telah berhenti, ataupun terus berhenti karena aplikasi tersebut tidak stabil.

Namun jika karena faktor RAM dan ROM yang minim hal ini tidak akan bekerja. Jadi jika faktor penyebabnya ruang tersedia di ROM dan RAM tinggal sedikit hal yang perlu kalian lakukan yaitu mengusahakan ruang yang tersedia menjadi lebih banyak.

2. Hentikan Paksa


Berikutnya kalian bisa menghentikan aplikasinya secara paksa sebelum dibuka kembali. Mungkin cara ini tidak akan berhasil karena jika setelan tidak bisa dibuka maka kalian tidak akan bisa menghentikan paksa aplikasi itu sendiri. Jadi cara ini bisa kalian gunakan untuk mengatasi aplikasi galeri atau musik yang tidak menanggapi.

3. Reboot


Cara terakhir yaitu silakan kalian restart HP Android kalian supaya software dan aplikasi yang terinstall menjadi stabil dan memulai dari awal. Hal ini kemungkinan besar 90% berhasil jika penyebabnya bukan karena ruang tersedia pada RAM dan memori internalnya tinggal sediikit.

Nah itu dia cara mengatasi aplikasi setelan yang bermasalah yang bisa kalian coba. Kalian bisa mencobanya di HP apapun seperti di Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi, Asus dan merk lainnya. Selain itu jika aplikasi Gmail di HP kalian juga sering berhenti, kalian bisa baca cara mengatasi aplikasi Gmail yang terus berhenti saat dibuka.


EmoticonEmoticon