Cara Soft Reset di Nokia Android Dengan Mudah

Cara Soft Reset di Nokia Android Dengan Mudah

KEPOINDONESIA.id - Soft Reset merupakan salah satu cara untuk mengatasi HP yang ngehang/ngeblank/ngeFreeze seperti layar yang tidak bisa disentuh dan tidak merespon. Cara ini merupakan cara satu-satunya jika memakai baterai tanam atau baterai non-removable.

Jika HP kita menggunakan baterai yang bisa dilepas atau removable kita cukup melepas baterainya saja, tanpa melakukan soft reset. Lalu bagaimana jika kita ingin soft reset di Nokia Android?

Seperti yang kita ketahui, bahwa Nokia kini sudah ikut perkembangan jaman dengan menggunakan OS Android pada HP yang mereka produksi. Seperti HP Android yang saya gunakan juga merk Nokia terbaru dari HMD Global.

Jadi cara ini hanya bisa digunakan untuk Nokia Android terbaru, bukan Nokia yang menggunakan OS Windows Phone ataupun Nokia jadul dan Nokia Symbian. Jadi cara ini sangat cocok atau lebih tepatnya cara mengatasi HP ngehang di baterai tanam.

Jika tidak sedang ngehang atau ngeblank, saya sarankan menggunakan fitur Restart atau Reboot saja karena itu sama saja dengan soft reset. Ngehang sendiri artinya dimana posisi HP kita tidak bisa digunakan, alias macet dan tidak bisa dimatikan secara normal dan perlu yang namanya soft reset.

Untuk penyebab HP ngehang sendiri banyak, salah satunya karena RAM yang penuh serta memori internal yang penuh. Jika kedua hal tersebut baik-bak saja namun HP kalian sering ngehang, mungkin saja ada masalah software pada HP yang kalian gunakan.

Sebelum lanjut ke cara soft reset di Nokia, kalian bisa baca terlebih dahulu cara menghilangkan peringatan penggunaan data dan cara mengembalikan pengaturan fingerprint yang hilang secara tiba-tiba.

Cara Soft Reset di Nokia Android


1. Langkah pertama untuk soft reset di Nokia Android ialah silakan kalian tekan tombol Volume Up + Power secara bersamaan

1. Langkah pertama untuk soft reset di Nokia Android ialah silakan kalian tekan tombol Volume Up + Power secara bersamaan

2. Jika muncul pemberitahuan "Panggilan dan notifikasi akan bergetar" silakan tetap tahan volume up + power sampai kira-kira 15-20 detik

3. Nantinya HP akan mati untuk reboot dan nyala kembali

4. Jika sudah nyala kembali, berarti kalian sudah sukses melakukan soft reset

Nah itu dia cara soft reset di Nokia. Soft reset ini bisa dibilang sama halnya seperti restart dan reboot, namun digunakan saat waktu yang berbeda. Jika kita tidak bisa reboot barulah kita melakukan reboot dengan tombol atau soft reset.

Jadi soft reset berbeda dengan Hard Reset. Hard reset sama seperti kembali ke setelan pabrik dan Factory Reset, jika soft reset berbeda. Selain itu jika kalian tidak tau cara melihat SOT baterai HP Android kalian, kalian bisa baca cara melihat SOT di HP Android.


EmoticonEmoticon