Rabu, 07 Agustus 2019

6 Cara Mengatasi Tanggal Tidak Akurat di WhatsApp Padahal Sudah Sesuai

6 Cara Mengatasi Tanggal Tidak Akurat di WhatsApp Padahal Sudah Sesuai

KEPOINDONESIA.id - Tanggal dan Waktu di HP seperti Smartphone merupakan waktu yang paling akurat yang bisa kita gunakan sebagai patokan untuk menyetel jam dinding ataupun jam tangan. Karena tidak ada kepastian berapa kita bisa menyetal waktu yang pas kecuali melihat jam pada HP kita yang telah disesuaikan oleh operator masing-masing. Nah namun sering kali peringatan tanggal tidak akurat sering muncul saat kita ingin mendaftar atau login ke akun WhatsApp.

Seperti yang kita tau, untuk terhubung ke internet serta menggunakan beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Twitter, dan beberapa aplikasi yang lainnya tanggal dan waktu kita harus benar-benar sesuai dengan wilayah dimana kita sedang tinggal. Hal ini hanya berlaku saat kita baru pertama menyalakan sebuah ponsel baru, setelah kita mengembalikan HP ke setelan pabrik ataupun setelah kita mencopot baterai HP kita.

Yak hal ini hanya akan muncul saat pertama kali menyalakan ponsel setelah kita melakukan 3 hal diatas. Setelah kita atur tanggal dan waktunya mau kita bawa ke luar kota, luar pulau atau luar negeri pun tidak masalah. Jika kita tidak mengaturnya dan peringatan tersebut tidak hilang, maka kita tidak bisa menggunakan aplikasi WA ataupun mengakses internet.

Tanggal Tidak Akurat

Lalu bagaimana solusi tanggal tidak akurat di WhatsApp? Sebenarnya mudah-mudah saja, karena sebelumnya saya sudah pernah membahas cara mengatasi jaringan yang tidak menyediakan tanggal dan waktu, jadi hal tersebut sama saja. Jadi berikut beberapa cara untuk mengatasi WhatsApp yang tidak bisa digunakan karena tanggal tidak akurat.

Cara Mengatasi Pemberitahuan Tanggal Tidak Akurat di Aplikasi WhatsApp


1. Atur Tanggal Secara Manual


Cara pertama yang bisa kalian coba yaitu mengatur tanggal secara manual. Jika kalian awalnya mengatur tanggal di HP atau smartphone kalian secara otomatis dengan memilih Tanggal & waktu otomatis dan Zona waktu otomatis, silakan kalian hilangkan centang pada bagian tersebut.

Selanjutnya isikan Setel tanggal, Setel waktu, dan Pilih zona waktu sesuai di wilayah kalian secara manual. Jika kalian tidak tau letaknya yaitu ada di Pengaturan>Tanggal & waktu. Hal ini memang sering terjadi jika kita langsung memilih setelan otomatis sesuai operator yang kita gunakan.

2. Atur Tanggal Secara Otomatis


Nah untuk cara yang kedua merupakan cara kebalikan dari cara yang pertama. Jika awalnya kalian mengatur tanggal dan waktu secara otomatis dan ternyata tanggal tidak akurat, kalian bisa mengaturnya dengan otomatis yang ditentukan oleh operator berdasarkan lokasi kalian saat ini.

3. Hapus Data Aplikasi WhatsApp


Cara berikutnya yang bisa kalian coba yaitu menghapus data aplikasi WhatsApp yang error tadi. Cara ini kadang berhasil kadang tidak bisa dibilang hoki-hokian. Namun jika waktu dan tanggal sudah benar namun belum bisa, menghapus data aplikasi WA merupakan cara yang bisa kalian coba terlebih dahulu.

4. Perbarui Aplikasi WhatsApp


Cara berikutnya yang bisa kalian coba yaitu memperbarui atau update aplikasi WhatsApp di Play Store jika di rasa aplikasi WA sudah usang. Hal ini memang tidak tertalu berpengaruh, namun bisa kalian coba siapa tau berhasil.

5. Uninstall WhatsApp Lalu Menginstallnya Lagi


Jika ke 4 cara diatas sudah dilakukan namun tetap saya tanggal tidak akurat saat membuka aplikasi WhatsApp, kalian bisa mencoba untuk mencopot pemasangan atau uninstall aplikasi WA nya terlebih dahulu. Cara ini biasanya berhasil untuk beberapa aplikasi yang sering mengalami masalah saat dibuka, jadi bisa kalian coba di aplikasi WhatsApp.

6. Reboot


Cara terakhir yang bisa kalian lakukan ialah mereboot atau restart HP kalian baik di Android ataupun iOS. Dengan mereboot HP nantinya diharapkan software pada HP dan software pada aplikasi WhatsApp akan normal kembali sehingga bisa membaca tanggal dan waktu secara akurat.

Dan jika sudah menggunakan cara terakhir namun tetap saja tidak berhasil ada satu kemungkinan, yaitu memang server WhatsApp sedang gangguan. Jadi kalian bisa menunggu beberapa jam supaya server normal kembali dan server dapat membaca tanggal dan waktu pada ponsel kalian secara akurat.

Nah itu dia cara mengatasi pesan tanggal tidak akurat yang muncul saat membuka aplikasi WhatsApp yang bisa kalian coba. Selain itu jika kalian sering mengalami iklan yang sering muncul saat bermain game kalian bisa baca cara menghilangkan iklan saat bermain game di HP.

Selain itu kalian juga wajib membaca ciri-ciri penjual yang memiliki niat untuk menipu di Facebook. Untuk yang satu ini sangat penting jadi kalian wajib membacanya supaya tidak tertipu jika bertransaksi online lewat media sosial Facebook.


EmoticonEmoticon