Rabu, 24 Juli 2019

Ini Ciri-Ciri Penjual Yang Memiliki Niat Untuk Menipu di Facebook

Ini Ciri-Ciri Penjual Yang Memiliki Niat Untuk Menipu di Facebook

KEPOINDONESIA.id - Melihat orang menjual barang di Facebook pasti sering kita jumpai, mulai barang yang sering kita jumpai sehari-hari sampai barang-barang yang langka dan mahal. Barang atau produk yang sering kita jumpai pun rata-rata harganya lebih murah dari pada toko offline di daerah kita, ini yang bisa membuat banyak calon pembeli tertarik. Namun sebelum kalian beli barang di FB kalian harus tau ciri-ciri penipu online, khususnya di Facebook.

Di Facebook sendiri ada beberapa macam metode jual beli online. Yang pertama bisa lewat akun pribadi, yang kedua bisa lewat halaman atau fanspage dan yang ketiga yang merupakan cara yang paling populer yaitu lewat grup. Jadi sangat penting untuk tau ciri-ciri penipu di Facebook.

Salah satu upaya agar terhindar dari penipuan kita harus jeli-jeli melihat siapa si penjual atau seller yang produknya akan kita beli. Ini penting tidak hanya yang menggunakan sistem kirim barang antar kota saja, yang menggunakan sistem COD (Cash on Delivery) seperti Forum Jual Beli Daerah juga penting memahami atau menilai bahwa penjual memiliki niat untuk menipu atau tidak.

Untuk itu, kalian bisa membaca ciri-ciri atau kemungkianan besar ada niat untuk menipu yang saya amati sudah lama ini. Ciri-ciri ini tidak 100% cocok walaupun ada penjual yang semuanya memiliki ciri-ciri dibawah namun penjualnya tidak memiliki niat untuk menipu, atau bisa dibilang kebetulan ciri-cirinya seperti penipu atau ripper.

Jadi yang akan saya tuliskan ini berdasarkan pengalaman saya saja dan tidak sepenuhnya benar. Namun sebelum itu kalian bisa baca penyebab tidak bisa mengirim pesan di inbox facebook dan cara membuat multy chat di aplikasi lite.

Ciri-Ciri Penpun Online di Facebook


1. Akun Facebook Masih Baru


Ciri-ciri yang pertama yaitu akun dari si penjual baru dibuat belum ada 6 bulan ataupun 1 tahun lebih. Jadi ciri-ciri online shop penipu yang pertama bisa dilihat dari tahun pembuatan akun Facebooknya. Memang untuk memastikannya agak sulit, namun saya memiliki trik tersendiri.

Jadi silakan kalian scroll ke kronologi si seller lalu lihat sampai bawah. Jika ada postingan tahun lalu atau lebih lama berarti akun tersebut akun lama. Namun jika hanya ada beberapa postingan saja dan di postingan pada bulan lalu atau jika dihitung belum ada 6 bulan atau 1 tahun itu bisa jadi akun baru saja dibuat.

Kenapa akun baru bisa menjadi ciri cici akun penipu? Karena penipu biasanya memiliki banyak akun dan jika sudah menipu akun sebelumnya akan dihapus supaya tidak dilacak oleh korban, khususnya jika menipu dengan nominal yang besar.

2. Akun Facebook Tidak Jelas


Yang kedua yaitu akun yang tidak jelas. Tidak jelas disini bisa dilihat dari postingan, bio dan foto yang di unggah dari akun penjual itu. Biasanya untuk yang ini si penipu menggunakan akun FB milik orang lain untuk melakukan aksinya. Hal ini sudah sering terjadi.

Namun biasanya akun yang tidak jelas bisa juga akun baru yang baru saja dibuat oleh penipu dengan ciri tidak ada postingan apapun dan foto profil pun menggunakan gambar yang didapatkan dari mesin pencarian. Jadi jika kalian menemukan akun Facebook yang tidak jelas alangkah baiknya kalian laporkan akun tersebut ke pihak Facebook saja.


3. Harga Terlalu Murah


Selanjutnya yaitu si penjual menjual barang dengan harga yang murah atau miring, seperti halnya HP Black Market yang sering dijadikan kedok untuk menipu secara online baik di Facebook, Instagram, Olshop sampai marketpalce seperti Bukalapak, Shopee dan yang lainnya. Jadi jika harganya jauh lebih murah dari pasaran bisa dijamin bahwa orang tersebut berniat untuk menipu.

Dan untuk di marketplace sendiri biasanya si penjual tidak mau transaksi lewat sistem marketplacenya itu sendiri. Jadi penipu mengajak pembeli bertransaksi lewat WhatsApp saja. Karena jika menggunakan sistem marketplace uang pembeli tidak akan langsung dikirim ke penjual jadi jika penjual memiliki niat untuk menipu uang pembeli tetap akan aman.

4. Tidak Mau Diajak Rekber atau Bertransaksi Lewat MarketPlace


Ciri yang terakhir yaitu si seller tidak mau jika kita ajak rekber atau bertransaksi via marketplace. Apapun alasan si seller jika ia tidak mau kemungkinan memiliki niat untuk menipu itu sangatlah besar. BIasanya jika kita mengajak bertransaksi lewat pihak ketiga kita akan langsung di block oleh penjualnya, jadi sudah ketahuan bahwa si penjual memiliki niat untuk menipu.

Nah itu dia beberapa ciri-ciri penipu online ataupun ripper khususnya di Facebook. Karena untuk penipu di Instagram sendiri dan seller nakal di toko online memiliki ciri-ciri yang berbeda dan mungkin akan saya bahas di postingan selanjutnya.

Sebenarnya ada banyak sekali hal-hal yang bisa kita lihat atau nilai bahwa seseorang berniat untuk menipu atau tidak. Namun saya rasa ke 4 hal diatas memiliki presentase yang tinggi jadi saya cuma membahas 4 hal diatas saja.


EmoticonEmoticon