Selasa, 06 Agustus 2019

4 Cara Mengatasi Hubungkan ke Jaringan Saat Membuka Aplikasi

4 Cara Mengatasi Hubungkan ke Jaringan Saat Membuka Aplikasi

KEPOINDONESIA.id - Membuka aplikasi yang wajib menggunakan koneksi internet sekarang ini menurut saya hampir semua aplikasi membutuhkan koneksi internet. Seperti aplikasi Chatting, Media Sosial, Toko Online dan masih banyak yang lainnya. Nah sering kali kita saat membuka aplikasi semacam itu muncul pemberitahuan hubungkan ke jaringan.

Salah satu penyebab nya yaitu sinyal HP hilang timbul atau yang sering disebut sinyal yang hilang-hilang. Masalah seperti ini sangatlah mengganggu khususnya jika kalian wajib online saat itu juga. Selain itu jika sinyal ada tapi ada tanda seru, ada tanda x, tanda silang, muncul panggilan darurat, lemot atau tidak bisa internetan itu bisa jadi karena sinyal yang hilang timbul.

Nah jika kalian membuka aplikasi seperti Facebook dan ternyata tidak bisa tersambung ke jaringan seluler, maka aplikasi Facebook nya akan memuat terus. Hal ini sering terjadi jika kita berada di wilayah yang sulit menangkap sinyal dari operator. Lalu bagaimana cara memperbaiki sinyal yang tiba-tiba hilang saat membuka aplikasi?

Hubungkan ke Jaringan

Caranya mudah sekali, namun tepatnya penyebab dan cara mengatasinya. Namun sebelum itu kalian bisa baca dulu penyebab kartu baru tidak muncul data selulernya dan cara mengatasi jaringan 4g LTE tidak bisa menerima dan melakukan SMS dan panggilan telepon.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang dan Tidak Muncul Saat Membuka Aplikasi


1. OFF~ ON kan Data Seluler


Cara pertama yang bisa kalian lakukan ialah menonaktifkan data seluler kemudian mengaktifkan nya kembali setelah 5-10 detik. Cara ini perlu dilakukan khususnya jika kalian sedang berada pada tempat atau lokasi yang sedikit sinyalnya. Namun sayangnya banyak orang yang jarang melakukan hal ini.

Hal ini bertujuan supaya koneksi internet yang akan kita gunakan fresh seperti semula karena baru terhubung tidak seperti jika kita tidak pernah menonaktifkan data seluler. Nah ciri-ciri jika di lokasi kalian sulit sinyalnya yaitu setelah data seluler di nyalakan kembali tidak akan langsung muncul, harus menunggu mulai dari 30 detik sampai 1 menit.

2. Aktifkan Mode Pesawat Terbang


Selain off~on kan data seluler, dengan mengaktifkan Airplane Mode juga bisa kita lakukan jika hanya sekedar off on kan data seluler tidak bekerja. Untuk cirinya sama saja, setelah kita mengaktifkan mode pesawat terbang sekian detik, lalu kita nonaktifkan kembali dan langsung menyalakan data seluler maka data seluler tidak akan muncul.

Nah tanda tersebut bisa kalian jadikan patokan jika di lokasi kalian saat ini sinyalnya sedang tidak stabil ataupun sedang gangguan. Hal ini bisa kalian coba 2-3 kali untuk memastikannya, jika data seluler tidak langsung muncul atau malah sinyalnya menjadi silang maka memang sedang ada gangguan.

3. Sedang ada Gangguan


Nah untuk yang sedang ada gangguan ini yang sulit di prediksi atau diketahui oleh beberapa orang. Karena tiap lokasi, tiap operator biasanya gangguannya berbeda-beda. Untuk saya sendiri memakai kartu perdana Tri dan Smartfren, karena sudah lama memakai kartu perdana tersebut jadi saya tau bahwa sedang gangguan atau memang sinyal sedang tidak stabil.

4. APN Bermasalah


Nah untuk yang terakhir yaitu APN bermasalah seperti tiba-tiba menjadi kosong ataupun malah hilang. Hal ini pernah saya alami 2 kali sejak tahun 2015 pertama saya menggunakan HP Android sampai sekarang. Untuk penyebab yang satu ini kalian cukup mengisi APN yang kosong atau membuat APN baru jika APN nya hilang.

Caranya kalian cukup pergi ke Pengaturan, pilih Lainnya, kemudian pilih Jaringan seluler dan terakhir silakan klik Access Point Names(Nama Titik Akses). Nantinya kalain bisa memilih APN yang sudah tersedia atau membuat yang baru.

Nah itu dia cara mengatasi muncul pemberitahuan hubungkan ke jaringan saat membuka aplikasi. Penyebab yang paling sering yaitu sinyal tidak stabil atau memang sedang ada gangguan jadi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan. Dan jika kalian sering mengalami update sistem terlalu lama kalian bisa baca cara mengatasi memeriksa update sistem Android yang terlalu lama.


EmoticonEmoticon