Senin, 05 Agustus 2019

Mengenal Istilah Opik Dalam Ojek Online, Grab Ataupun Gojek

Mengenal Istilah Opik Dalam Ojek Online, Grab Ataupun Gojek

KEPOINDONESIA.id - Siapa yang kini tidak tau apa itu Gojek dan Grab, 2 perusahaan tersebut melayani jasa antar atau angkutan ojek yang sangat populer di Indonesia. Sebenarnya selain kedua aplikasi tersebut ada beberapa aplikasi dari perusahaan lain yang juga melayani jasa antar ojek seperti Oke Jack, Anterin, dan masih banyak yang lainnya.

Namun beberapa hari yang lalu saya menemui istilah yang unik dalam ojek online ini, yaitu Opik. Istilah Opik ini sangat terkenal bagi kalangan driver, khususnya driver di kota besar. Mungkin jika kalian tidak tau, Opik disini dikira Opick pencipta lagu dan penyanyi lagu-lagu religi?, saya jamin pasti beberapa orang mengiranya begitu.

Pada saat saya pertama kali melihat istilah kata tersebut, saya tidak tertarik alias cuek saja. Nah saya pun sekilas membaca komentar-komentar yang kebetulan di Facebook dan ada salah satu akun Facebook yang bertanya "Opik itu apa?".

Sontak saya pun yang awalnya saya cuek-cuek saja itu penasaran, untungnya komentar tersebut sudah dibalas dan memberitahukan arti dari Opik itu. Nah langsung saja kali ini saya akan membahas arti Opik Gojek, Opik Grab atau Opik-opik yang lainnya.

Namun sebelum itu kalian bisa baca arti Same Day Service, kelebihan dan biaya kirim layanan Same Day dan cara mengatasi error, gangguan serta server penuh di aplikasi Gojek. Hal tersebut bisa kalian baca supaya wawasan kalian semakin luas.

Arti Opik dalam Ojol atau arti Opik dalam Ojek Online adalah Order Fiktif. Jadi beberapa driver akan menanyakan hal tersebut bila melakukan pembayaran secara tunai bukan lewat Gopay untuk mencegah order fiktif tersebut. Namun kalian tau tidak apa itu order fiktif atau orderan fiktif?

Oder Fiktif adalah sebuah orderan palsu yang dilakukan oleh orang iseng yang tidak bertanggung jawab. Jadi Order Fiktir ini memanfaatkan aplikasi Fake GPS untuk mengatur lokasi kita ke tempat lain. Setelah itu pelaku Opik akan order "Makanan" untuk di kirim ke lokasi yang telah ditentukan tadi.

Nah setelah driver menerima pesanan dan mulai membelikan pesanan komsumen sampainya dalam proses pengantaran, ternyata alamat yang diberikan adalah alamat palsu baik rumah kosong, rumah orang lain ataupun lapangan sampai hanya tanah kosong saja. Nah sudah jelas kerugian bagi driver yang pertama uang yang sudah dibelikan makan tidak dibayar, dan yang kedua ongkos kirim juga tidak dapat.

Opik atau Order Fiktif ini memang tidak membahayakan akun si Driver tidak seperti akun tuyul, namun jelas jika ternyata menerima Opik si driver akan rugi 2 kali. Dan jika kalian tidak tau bagaimana cara mengisi saldo Gopay lewat OVO kalian bisa baca cara top up saldo Go-Pay dengan OVO.


EmoticonEmoticon