Selasa, 23 Juli 2019

3 Penyebab Channel YouTube Tidak Muncul di Pencarian

3 Penyebab Channel YouTube Tidak Muncul di Pencarian

KEPOINDONESIA.id - Memiliki channel YouTube yang populer merupakan mimpi sebagian orang, termasuk saya. Karena bisa kita lihat sendiri bahwa sekarang anak kecil pun bercita-cita sebagai Youtuber terkenal bukan sebagai Polisi ataupun Tentara. Namun sebelum kita menjadi seorang Youtuber terkenal, pasti kalian akan menemui masalah channel youtube yang tidak muncul di pencarian waktu awal-awal kita merintisnya.

Hal ini pasti akan dialami oleh orang yang akan merintis sebuah channel YouTube, baik yang masih pemula atau yang sudah tau beberapa hal atau teori seputar dunia perYouTubean. Saya sendiri pernah mengalami channel YouTube saya tidak bisa di cari di kolom pencarian, sampai saya scroll sampai ujung bawah pun tidak ada atau tidak ditemukan.

Ada beberapa faktor kenapa channel kita tidak ditemukan di pencarian baik lewat aplikasi YouTube ataupun di Desktop. Namun yang pasti semua butuh proses, jika kita membuat akun dan mencarinya di hari yang sama ini sangat tidak mungkin channel kita akan terdeteksi oleh YouTube, minimal ya 2-3 hari.

Namun ada beberapa penyebab yang lainnya, oleh karena itu kali ini saya akan memberikan beberapa penyebab kenapa nama channel kita tidak muncul saat kita cari. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara mengatasi tidak bisa upload video di youtube dan cara menghilangkan peringatan mencakup konten berhak cipta di video youtube.

Penyebab Channel YouTube Tidak Muncul di Pencarian


1. Channel Masih Baru


Penyebab yang pertama yang sering kali terjadi yaitu karena channel YouTube kita baru saja dibuat. Layaknya blog, channel yang baru dibuat belum terdeteksi oleh fitur pencarian YouTube, perlu beberapa saat apalagi jika video yang kita upload tidak banyak dicari.

Ada beberapa khasus channel baru saja dibuat dan memiliki 1 video saja namun banyak dicari dan ditonton, maka channel itu langsung dapat ditemukan jika di cari di kolom pencarian. Ada juga channel baru dibuat dan sudah ada 5 video namun jika dicari tidak ditemukan, karena nama channel tidak terangkat oleh video yang banyak dicari oleh pengguna YouTube.

Jadi jika channel kita masih baru wajar saja jika tidak muncul di pencarian, kalian cukup sabar saja. Yang pasti semakin lama nantinya nama dari channel kalian itu akan populer sendiri.

2. Nama Channel Pasaran


Berikutnya yaitu karena nama channel kita pasaran atau sudah banyak digunakan oleh pengguna lain sebelumnya. Sebagai contoh nama channel yang cukup banyak di YouTube yaitu Jess No Limit. Pasti kalian tau dong siapa pemilik channel Jess No Limit yang asli.

Sebelum channel gaming Mobile Legends tersebut terkenal, mungkin channel yang menggunakan nama Jess No Limit hanya 1 saja, namun sekarang kita bisa lihat nama channel YouTube di pencarian dengan kata kunci Jess No Limit banyak sekali. Jadi jika kalian ingin membuat channel YouTube alangkah baiknya pilih nama yang unik dan rare.

Rare sendiri bisa di artikan jarang. Misalnya Jess No Limit sekarang sudah banyak digunakan kalian bisa mengkreasikan nama tersebut menjadi Jess No Need For Speed atau semacamnya. Namun saya sarankan pilih nama yang unik dan singkat saja.

3. Belum Mengisi Kata Kunci Channel


Sering kali Youtuber pemula hanya asal upload saja tanpa memahami fitur-fitur yang ada di Creator Studio YouTube. Salah satu hal yang penting yaitu mengisi kata kunci channel kita. Sebagai contoh jika nama channel kita RabitKidsz ya kata kuncinya rabitkidsz bukan kelinci kecil.

Memang kata kunci pencarian ini lebih baik sama dengan nama channel YouTube kita. Untuk cara mengisi kata kunci channel kalian bisa pergi ke Creator Studio>Channel>Lanjutan>Kata kunci channel, selanjutnya silakan masukan sesuai dengan nama channel kalian lalu klik simpan. Setelah itu tunggu 1x24jam atau lebih nantinya pasti channel kalian akan muncul di pencarian.

Nah itu dia beberapa penyebab kenapa channel YouTube kita tidak muncul di kolom pencarian. Yang terpenting yaitu mengisi kata kunci channel dan sabar serta rajin upload video yang berkualitas dan bermanfaat. Saya jamin paling lama 1 minggu nama channel kalian sudah terdeteksi oleh sistem pencarian YouTube.

Dan jika kalian seorang pemula dan tidak tau arti Mitra Terverifikasi, kalian bisa baca pengertian mitra terverifikasi di profil akun YouTube. Banyak orang yang mengiranya mitra terverifikasi adalah centang biru pada channel YouTube.


EmoticonEmoticon