Selasa, 18 Desember 2018

10 Tempat Lokasi Kuliner Enak dan Melegenda di Semarang

Kuliner Semarang

KEPOINDONESIA.id - Selain potensi wisatanya yang menarik, Semarang ternyata juga menyimpan berbagai kuliner atau olahan masakan yang patut dicoba. Mulai dari cemilannya hingga makanan utama. Kuliner di Semarang bisa dibilang rata-rata merupakan kuliner yang sudah tidak asing lagi bagi Kakek Neknek Buyut kita, bisa dibilang rata-rata merupakan kuliner legendaris.

Kuliner yang terkenal dari Semarang seperi Lumpia, Tahu potong dan tahu gimbal serta kuliner lainnya. Untuk itu, berikut ada 10 tempat atau lokasi warung atau gerai rumah makan di Semarang yang wajib kalian singgahi, gerai ini merupakan gerai terbaik di antara yang lain di Semarang.

1. Kepiting Nyoto Roso


Kepiting Nyoto Roso

Olahan hasil laut memang selalu menggoda di mulut. Di Semarang, kalian bisa mencoba Kepiting Nyoto Roso. Lokasinya di Jl. Taman Beringin Nomor 22, Semarang. Ada kepiting goreng jantan, dan kepiting tauco. Di sini juga disajikan pecel udang, kakap bakar, ikan bakar patikoli, dan masih banyak lagi. Tinggal pilih saja sesuai selera kalian.

2. Nasi Pecel Mbok Sador


Nasi Pecel Mbok Sador

Nasi Pecel adalah bagian tak terpisahkan dari kuliner Jawa. Jadi tidak usah heran jika di Semarang juga ada kuliner satu itu. Tempat yang bisa dituju adalah Nasi Pecel Mbok Sador. Lokasinya di berada di Jl. Menteri Supeno, Semarang, dan buka mulai pukul 18.00-00.00 WIB. Sekilas, Nasi Pecel Mbol Sador tampak sama saja seperti Nasi Pecel lainnya, tapi pikiran kalian akan berubah ketika menyantapnya.

3. Warung Asem-asem Koh Liem


Warung Asem-asem Koh Liem

Jika kalian suka dengan sayur asem-asem, kalian bisa mendatangi Warung Asem-Asem Koh Liem. Lokasinya berada di Jl. Karang Anyar 28/C-4, Genuk, Ruko Baru, Semarang. Asem-Asem daging yang disajikan di sini bakal mamuaskan hasrat makan seiapa saja yang mencobanya. Rasa yang diusung oleh Asem-asem Koh Liem ini adalah kombinasi antara asam, manis, gurih yang menyegarkan.

4.Soto Kudus Mbak Lin


Soto Kudus Mbak Lin

Kota Semarang juga memiliki koleksi Soto Kudus yang super nikmat dan mantap. Warung ini diberi nama Soto Kudus Mbak Lin. Lokasinya yang berada di Jl. Ki Mangunsarkoro, No.15, Semarang ini ada banyak varian soto yang ditawarkan. Mulai dari yang berkuah bening, kecoklatan, atau kuning kecoklatan.

Selain itu ada juga nuansa Kudus dengan kuah sedikit keruh dan kekuningan. Sebagai menu pendamping, ada sate telur puyuh, sate daging ayam, sate usus ayam, sate ampela, hingga sate telur muda. Soto menjadi semakin nikmat bila dimakan bersama dengan perkedel.

5. Warung Soto Bangkong


Warung Soto Bangkong

Soto sepertinya tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Di Semarang juga ada lho, yaitu Soto Bangkong. Tapi tentu saja ada unsur kekhasan Semarang dalam soto ini. Itulah yang membuat beda Soto Bangkong dengan soto-soto dari daerah lain. Soto di Semarang yang rasanya makyus bisa kalian dapatkan di Warung Soto Bangkong. Nama Bangkong diambil dari lokasi tempat berjualannya. Lantas, apa sih yang membedakan Soto Bangkong dari soto pada umumnya? Yaitu kecapnya, tetapi ini bukan sembarang kecap. Kecap yang dipakai di Soto Bangkong ini diproduksi sendiri dan daging yang digunakan adalah daging ayam kampung.

6. Sasono Bakmi Djowo Pak Doel


Sasono Bakmi Djowo Pak Doel

Soal racikan bakmi terbaik, Sasono Djowo Pak Doel adalah jawaranya. Di sini, kalian bisa memuaskan kerinduan lidah akan bakmi. Soal rasa, dijamin paten. Mungkin lantaran alatnya masih menggunakan anglo. Sementara bahannya tampak sama saja seperti bakmi kebanyakan. Rasa bakmi ini semakin enak dengan tambahan sate jeroan ayam. Kombinasi keduanya dijamin bikin nagih. Sasono Bakmi Djowo Pak Doel juga punya menu-menu alternatif lain, seperti bakmi godog, bakmi goreng, juga bakmi nyemek. Ada juga olahan bihun yang digoreng, godog, atau nyemek. Bila menginginkan nasi, di sini ada nasi godog, goreng, dan sego liwet.

7. Sate & Gule Kambing 29 Blenduk


Sate & Gule Kambing 29 Blenduk

Olahan daging kambing ini bisa kamu temukan di Jl. Letjen Soeprapto No.29. Rasanya dijamin bikin nagih, sebanding dengan harganya. Selain sate, di gerai Sate & Gulai Kambing 29 Blenduk ini kalian juga mendapatkan beragam kuliner lainnya. Selain ada Gulai yang juga jadi menu utamanya, ada pula sate buntel dan pepes olor yang berbahan sumsum tulang belakang.

8. Bandeng Juwana-Elrina


Bandeng Juwana-Elrina

Olahan ikan bandeng ini sudah dalam bentuk presto. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan dilukai oleh duri-duri ikan lagi. Jajanan ini juga bisa menjadi parcel atau oleh-oleh Lebaran menarik yang menarik. Di Semarang juga kalian bisa mendapatkan olahan bandeng berbagai merek. Namun yang terbaik ada di Bandeng Juwana-Elrina. Lokasinya di Jalan Pandanaran 57, Pekunden, Semarang. Gerai ini buka dari pukul 06.30 WIB hingga 23.00 WIB.

9. Ayam Bakar Primarasa


Ayam Bakar Primarasa

Ayam bakar ini sangat identik dengan bumbu tradisional yang digunakannya, yaitu khas Jawa banget. Resepnya didapat secara turun-temurun. Sebagai pendamping ayam bakar, tersedia bandeng pepes tanpa duri. Di sini juga terdapat beragam sambal khas, pesmol, dan penyetan. Untuk menikmati Ayam Bakar Primarasa, silakan ke Jl. Jenderal Sudirman, Kampung Barusari, Semarang.

10. Lumpia Gang Lombok


 Lumpia Gang Lombok

Salah satu Lumpia paling nge-hits di Semarang adalah Lumpia Gang Lombok. Apa sih hebatnya Lumpia ini? Itu adalah sebenar-benarnya Lumpia, dulu kudapan yang berisi rebung dan udang ini hanya dibuat di Gang Lombok. Penganan tersebut lalu dijual di pasar malam Olympia Park.

Biar mudah disebut, namanya pun menjadi Lumpia. Ada 2 jenis lumpia yang ditawarkan, yaitu lumpia basah dan goreng. Untuk isian, rebung memakai bambu betung. Gang Lombok juga mengkombinasikannya dengan telur, udang, dan bawang. Karena tidak memakai bahan pengawet, Lumpia basah ini hanya tahan 24 jam.


Itulah 10 Warung makan yang wajib kalian coba di Semarang, ada beberapa pilihan menu yang bisa kalian coba sesuai selera masing-masing.


EmoticonEmoticon