Jumat, 31 Mei 2019

3 Cara Mengatasi & Cara Menghilangkan Mencakup Konten Berhak Cipta atau Copright di Video YouTube

3 Cara Mengatasi & Cara Menghilangkan Mencangkup Konten Berhak Cipta atau Copright di Video YouTube

KEPOINDONESIA.id - Membuat konten video untuk di upload di YouTube sebenarnya susah-susah gampang. Bagi Youtuber lama pasti sudah tau video apa yang aman untuk di upload di YouTube, namun berbeda dengan youtuber pemula yang asal-asalan dengan motto yang penting upload video. Dengan mengunggah video asal-asal maka banyak para youtuber pemula terkena peringatan mencakup konten berhak cipta pada video yang mereka upload.

Konten yang mencakup konten berhak cipta ini jika dikalangan para youtuber disebut dengan copyright. Sudah banyak kasus video yang sebelumnya aman-aman saja tiba-tiba terkena copyright. Untuk di dunia blogging, copyright ini sama saja dengan DMCA Takedown.

Banyak para pemula yang terkena peringatan tersebut, atau jangan-jangan kalian juga pernah atau malah sering terkena peringatan tersebut? Jika kalian terkena peringatan mencakup konten berhak cipta atau konten pihak ketiga, jika channel kalian sudah monetization/monetisasi, kalian tidak akan mendapatkan dollar dari video yang terkena peringatan tersebut.

Dan bahaya nya jika channel kalian sudah di monetization, dan terkena copyright yang parah baik audio atau video yang berupa musik, film, ataupun anime channel kalian akan di dismon, atau Dismonetisasi (Monetisasi Di Nonaktifkan). Dan parahnya ada yang tidak dapat di monetisasi selamanya.

Jadi kali ini saya kaan memberikan tips dan cara mengatasi konten berhak cipta atau mengatasi copyright di video YouTube. Namun sebelumnya jika kalian tidak tau arti Mitra Terverifikasi di dashboard channel YouTube kalian, kalian bisa baca arti mitra terverifikasi di youtube.

Tips dan Trik Cara Menghilangkan Mencakup Konten Berhak Cipta atau Copyright YouTube


1. Gunakan Video Milik Sendiri


Cara paling mudah agar tidak kena copyright YouTube yaitu dengan mengunggah video milik sendiri. Video milik sendiri saya artikan video yang kita buat sendiri dan bahan dalam video tersebut tidak ada yang mendownload di internet.

Video atau kontennya tidak harus direkam dengan kamera baik kamera atau kamera ponsel. Bisa saja video tutorial dengan cara merekam aktivitas kalian saat memberikan sebuah tutorial tertentu. Ataupun jika kalian suka dengan game kalian bisa merekam layar smartphone Android atau iOS kalian saat bermain game.

Contoh video bauatan sendiri tapi bahannya didapatkan dari Internet yaitu seperti channel Calon Sarjana, Daftar 5, dan channel channel YouTube Anime Crack. Channel-channel seperti itu bisa saja terkenal Dismonetisasi dengan alasan mencakup konten berhak cipta.

2. Gunakan Musik/Lagu yang berlinsensi Creative Commons


Lisensi Creative Commons adalah lisensi pada sebuah konten yang dapat digunakan oleh publik atau komunitas YouTube untuk digunakan kembali dengan bebas seperti di edit ulang atau dimasukan dalam video orang yang membutuhkan dan dapat digunakan untuk kepetingan kormesial.

Kalian dapat mendapatkan musik atau lagu dengan lisensi creative commons di channel NoCopyRightSounds (NCS), walaupun ada beberapa musik yang harus memiliki syarat tertentu untuk bisa digunakan secara bebas, seperti memberikan credit dalam deskripsi video yang menggunakan musik tersebut didalamnya.

Dan untuk cara aman yaitu kalia dapat mengguakan musik yang sudah disediakan oleh YouTube, yaitu di Youtube Library. Untuk di youtube library sendiri rata-rata durasi dari musik atau lagunya pendek sekali.

3. Edit Video


Jika video yang kalian upload di YouTube sudah terkena copyright, kalian wajib untuk mengeditnya terlebih dahulu. Untuk mengeditnya kalian bisa klik Edit pada video yang terdapat tulisan mencakup konten berhak cipta , pilih Audio, kemudian hapus audio dari pihak ketiga yang ada di video tersebut.
Setelah itu biarkan beberapa saat sampai proses pengeditan selesai. Dan jika sudah tidak ada peringatan, kalian bisa mengedit ulang video tersebut dengan memasukan musik dari youtube library atau menghapus video yang tadi terkena copyright.

Nah itu dia cara mengatasi copyright di YouTube pada video yang kita upload. Akibat copyright YouTube musik sendiri untuk awal-awalnya palingan pembagian hasil dari video tersebut akan dibagi 50% dengan pemilik aslinya. Tapi bisa saya kalian akan terkena teguran status hak cipta yang membuat channel kalian di dismonetisasi.

Dan jika terpaksa kalian ingin upload video atau musik orang lain supaya tidak kena copyright, kalian bisa izin terlebih dahulu kepada pemilik video atau musik aslinya. Walaupun kalian menggunakan cara edit musik agar lolos copyright, pasti cepat atau lambat akan ketahuan oleh pemilik aslinya.

Terakhir, jika kalian tidak tau cara merubah trending video di aplikasi YouTube, kalian bisa baca cara merubah trending di YouTube serta arti disertai promosi berbayar di video YouTube.


EmoticonEmoticon