Selasa, 02 Juli 2019

4 Cara Mengatasi Memori Tidak Cukup Untuk Membuka Aplikasi di Android

Cara Mengatasi Memori Tidak Cukup Untuk Membuka Aplikasi di Android

KEPOINDONESIA.id - Setiap tahunnya produk terbaru sebuah smartphone pasti memiliki fitur dan komponen baru. Komponen dan fitur barunya tersebut seperti prosesor yang digunakan, menggunakan OS terbaru serta jumlah RAM dan ROM yang bertambah. Untuk kali ini saya akan membahas mengenai ROM atau memori internal, yaitu tentang mengatasi pemberitahuan memori tidak cukup untuk membuka dan menjalakan beberapa aplikasi di Android.

Masalah ini jarang terjadi, karena biasanya pengguna Android pasti menggunakan memori eksternal untuk mengakali memori internal yang sedikit. Namun jika tidak menggunakan memori tambahan seperti SD Card atau microSD, masalah tersebut pasti akan muncul jika memori internal benar benar habis sampai dibawah 1 MB.

Nantinya jika memori internal sudah penuh atau bisa dibilang sudah habis sekali tidak ada memori yang tersedia akan muncul pemberitahuan salah satunya seperti ini "Memori Tidak Cukup untuk Melanjutkan Operasi ini Bersihkan dan Coba Lagi". Pemberitahuan tersebut muncul saat membuka aplikasi kamera, namun bisa saja tiap tipe dan merk HP akan berbeda

emori Tidak Cukup untuk Melanjutkan Operasi ini Bersihkan dan Coba Lagi

Jika hanya tidak bisa menggunakan beberapa fitur atau aplikasi tidak masalah, namun berbeda dengan kasus yang saya alami beberapa bulan yang lalu. Karena memori internal habis sampai tidak tersisa 100 KB pun membuat aplikasi WhatsApp yang saya install tidak merespon sama sekali, setelah saya hapus beberapa file sampah dan aplikasi yang jarang saya pakai tetap saja tidak merespon.

Sayangnya sewaktu aplikasi WhatsApp telah merespon dan sudah dapat dibuka data aplikasi WA saya sudah hilang semua yang berupa chat, foto dan video, audio dan yang lainnya. Untuk itu, saya akan berbagi cara mengatasi memori tidak cukup saat membuka aplikasi supaya kalian tidak bernasib sama seperti saya.

Namun sebelum itu jika kalian menggunakan aplikasi Messenger untuk membalas pesan di Facebook kalian bisa baca penyebab tidak bisa kirim pesan di aplikasi messenger dan kalian wajib tau soal SoC pada smartphone, karena SoC ini berbeda dengan prosesor.

Cara Mengatasi Memori Tidak Cukup Saat Membuka Aplikasi


1. Cek Memori Internal atau Ruang Penyimpanan


Cara pertama yang wajib kalian coba saat membuka aplikasi tidak bisa yaitu mengecek memori internal atau ruang penyimpanan yang tersedia. Cara ini khusus jika saat membuka aplikasi terdapat peringatan "Bersihkan dan Coba Lagi" ataupun semacamnya. Jika aplikasi Force Close tidak bisa menggunakan cara ini karena hal tersebut biasanya penyebabnya adalah file aplikasi yang corrupt ataupun RAM yang kurang.

Jika ruang penyimpanan yang tersedia dibawah 10 MB bahkan dibawah 1 MB, kalian wajib menghapus apapun yang ada di memori internal seperti aplikasi yang terinstall, foto, video, audio, dokumen ataupun yang lainnya. Sisakan minimal 10 MB untuk menjalakan aplikasi dan sebanyak mungkin jika kalian ingin menggunakan aplikasi kamera untuk memotret ataupun merekam video.

2. Hapus Data dan Cache Aplikasi Kamera


Cara berikutnya silakan kalian hapus data dan cache aplikasi kamera atau aplikasi yang bersangkutan. Namun untuk menghapus data tidak disarankan digunakan untuk aplikasi chatting seperti WhatsApp, namun bisa kalian gunakan seperti pada aplikasi kamera, galeri, musik dan beberapa aplikasi bawaan smartphone.

3. Reboot


Reboot atau Restart ini merupakan cara jitu untuk mengatasi beberapa aplikasi yang error baik di komputer ataupun HP. Kalian bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi tidak bisa buka aplikasi di Android. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang saat ingin menginstalll aplikasi diluar Play Store.

4. Kembali ke Pengaturan Pabrik


Cara terakhir yaitu silakan kalian setting HP kalian untuk kembali ke pengaturan pabrik atau yang lebih dikenal hard reset. Cara ini cukup manjur jika di reboot tidak bekerja. Namun jika kalian setting ponsel kalian kembali ke pengaturan pabrik nantinya semua data di HP kalian akan terhapus.

Nah itu dia cara mengatasi memori tidak cukup untuk melanjutkan operasi ini saat membuka aplikasi di Android. Cara diatas merupakan cara yang umum atau cara yang sering digunakan oleh beberapa pengguna Android jika tidak bia membuka aplikasi salah satunya aplikasi bawaan Android.

Jadi intinya jangan sampai memori internal kalian penuh atau tidak tersedia sedikitpun ruang untuk sekedar menjalakan aplikasi. Karena jika terus-terusan begitu bisa saja panggilan masuk atau sms masuk tidak akan muncul di HP kalian, atau lebih parahnya HP kalian bisa rusak.


EmoticonEmoticon