Sabtu, 22 Juni 2019

Pengertian SOC (System on Chip) di Smartphone, Berbeda Dengan Prosesor Ternyata

Pengertian SOC (System on Chip) di Smartphone, Berbeda Dengan Prosesor Ternyata

KEPOINDONESIA.id - Dalam forum diskusi sebuah gadget khususnya smartphone bagian fitur yang sering di perdepatkan ialah soal Megapixel yang dimiliki oleh kamera tersebut, kapasiatas mAh baterai, serta Prosesor yang digunakan. Namun beberapa orang pasti melupakan soal SoC yang merupakan bagian pentingnya. Jadi kali ini saya akan membahas pengertian SoC pada Smartphone.

Karena banyak beberapa orang yang hanya fokus terhadap Megapixel sebuah kamera smartphone saja, sebagai contoh 8 MP, 13 MP, 16 MP, atau 48 MP. Atau hanya baterainya seperti 3000 mAh, 3300 mAh, 4000 mAh, 4200 mAh, atau 5000 mAh. Dan yang paling banyak yaitu lebih fokus ke prosesor yang digunakan seperti Snapdragon 625, 636, 675, 710, 845 atau Mediatek Helio P60, P70, P90, atau P22.

Lalu apa arti SoC (System on Chip) itu? SoC pada HP itu apa? Apa perbedaam System on Chip dengan Prosesor? dan apa contoh System on Chip?? Semua akan saya bahas di postingan ini. Namun jika kalian belum tau arti Pop-Up Camera kalian bisa baca terlebih dahulu pengertian pop-up camera pada smartphone dan arti Smartphone Unibody dan Baterai Non-Removable.

System on Chip


SoC atau kepanjanganya System on Chip adalah Integrated Circuit (IC) yang didalamnya terintergrasikan kepada seluruh komponen elektronik lainnya pada sebuah smartphone atau perangkat. Didalam SoC ini terdapat fungsi-fungsi seperti radio, sinyal dan lainnya. Dengan SoC ini semua yang dibutuhkan oleh sistem elektronik akan tepenuhi semua dengan SoC saja, karena SoC berisi semua sirkuit dan komponen-komponen yang dibutuhkan oleh suatu sistem elektronik.

Jadi SoC atau System on Chip adalah gabungan beberapa komponen yang memiliki peran penting dalam sebuah smartphone. Tidak hanya di smartphone, SoC ini juga dapat diterapkan pada tablet yang notabenenya lebih lebar dan luas. Komponen dalam SoC sendiri terdiri dari Central Processing Unit (CPU),Camera Controller, Graphic Processing Unit (GPU), Digital Signal Processor (DSP), Image Signal Processor (ISP), Location, Display, Connectivity dan masih banyak yang lainnya.

Perlu diingat juga, macam-macam SoC sendiri memiliki komponen yang berbeda-beda. Seperti SoC Qualcomm Snapdragon memiliki komponen-komponen tersendiri, Mediatek Helio memiliki komponen tersendiri, Samsung Exynos memiliki komponen-komponen tersendiri dan masih banyak macam-macam SoC yang lainnya yang akan saya bahas di bagian bawah postingan ini, namun intinya komponen umum pasti ada namun berbeda jenis/merk yang digunakan.

Komponen Pada Sebuah SoC


1. Central Processing Unit (CPU) : Memiliki fungsi sebagai pusat segala sistem operasi yang diberikan yang sebagian besar menggunakan teknologi arsitektur ARM (Advanced RISC Machine).

2. Graphic Processing Unit (GPU) : Memiliki fungsi sebagai pengelola grafis seperti grafis pada game 3D dengan sebagian besar arsitektur yang digunakan pada sebuah GPU ialah PowerVR, Adreno dan Mali.

3. Chipset Northbridge : Memiliki fungsi sebagai perantara komunikasi antara CPU dengan komponen SoC yang lainnya

4. Chipset Southbridge : Memiliki fungsi untuk menangani fungsi Input dan Output

5. Memori : Memiliki fungsi untuk bertugas menyimpan berbagai tugas serta intruksi untuk menjanlankan sebuah perangkat

6. Radio Seluler : Berfungsi untuk menangkap sinyal dari operator jaringan dengan modem on board

7. Koneksi Radio Lainnya : Radio lainnya terdiri seperti konektivitas Wi-Fi, Bluetooth, GPS dan yang lainnya.

Dan jika kalian sadar, semua komponen dalam SoC atau System on Chip merupakan komponen yang digunakan untuk menyampaikan spesifikasi sebuah smartphone tersebut secara umum yang biasanya terdapat pada box atau buku panduan smartphone tersebut. Dan untuk macam-macam SoC atau varian SoC sebagai berikut:

Macam-macam System on Chip di Smartphone


  • Samsung Exynos
  • Mediatek
  • Qualcomm Snapdragon
  • Intel Atom
  • HiSilicon
  • Apple

Dan untuk penjelasan secara detail soal varian SoC diatas tidak akan saya bahas di postingan ini, karena saya rasa nantinya terlalu panjang karena di postingan ini saya hanya berfokus pada apa dan pengertian sebuah SoC saja. Mungkin untuk penjelasannya akan saya buat di postingan Macam-macam SoC Smartphone dan Penjelasanya.

Nah itu dia serba-serbi tentang SoC pada smartphone yang wajib kalian ketahui. Jadi SoC singkatan dari System on Chip dengan keuntungan menggunakan SoC ini ialah dapat menghemat ruang lebih banyak dengan menggabungkan beberapa komponen sistem untuk bekerja secara maksimal namun dengan kapasitas atau ukuran yang relatif kecil.

Dan jika sensor pada HP atau smartphone kalian bermasalah kalian bisa baca cara memperbaiki sensor yang tidak berfungsi dan cara mengatasi layanan Google Play Terus berhenti. Karena bisa saja hanya error saja bukan kerusakan hardware atau software smartphone kalian.

Jadi SoC ya SoC, prosesor yang prosesor, CPU ya CPU, dan GPU ya GPU. Karena banyak yang menyamakan SoC sama dengan Prosesor, CPU sama dengan GPU, padahal hal tersebut sangat jelas berbeda sekali.


EmoticonEmoticon