4 Cara Mengatasi Nokia E63 Tidak Bisa Dicas atau Tidak Bisa Mengecas

4 Cara Mengatasi Nokia E63 Tidak Bisa Dicas atau Tidak Bisa Mengecas

KEPOINDONSIA.id - E63 salah satu HP jadul Nokia dengan OS Symbian yang pernah saya coba. E63 ini merupakan HP dengan tipe keypad qwerty yang pada masanya ini terlihat keren. Karena bisa mengetik dengan cepat layaknya mengetik dengan keyboard komputer.

Selain E63 ada juga E71 dan masih banyak yang lainnya. Tetapi fokus saya kali ini yaitu pada Nokia E63. Saya pernah menggunakan HP E63 beberapa bulan atau sampai 1 tahun lebih pada tahun 2013-2014.

Walaupun saya dapat bekas pada saat itu masih nyaman digunakan dan baterainya juga awet walaupun bukan baterai original. Bisa di oprek karena memang Symbian OS fleksibel tidak seperti Java OS.

Nah misalnya kalian masih memiliki E63 dan E63 yang kalian miliki tidak bisa dicas kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mematikan HP iPhone secara paksa serta cara mengatasi kode pengaman Nokia yang lupa.

Pastikan Charger Tidak Rusak


Charger dari HP Nokia sendiri memiliki bentuk charger yang unik karena bundar dan bisa digunakan dalam posisi apapun. Jadi jika kalian mengira charger USB type C yang paling keren kalian harus tau charger dari Nokia terlebih dahulu.

Pastikan Baterai Masih Normal


Apabila baterai sudah tidak normal wajar saja jika tidak bisa di charger. Silakan kamu cek dan periksa dan jika perlu charger menggunakan charger kodok. Apabila tidak masuk walaupun menggunakan charger kodok maka bisa disimpulkan baterai sudah soak dan rusak.

Ganti Baterai Yang Baru


Karena sudah jelas baterainya yang rusak silakan kalian ganti baterai HP Nokia E63 yang kalian miliki. Karena masih menggunakan baterai non-removable kalian hanya perlu beli baterainya dan pasang sendiri.

Servis Karena Mesin Bermasalah


Apabila setelah ganti baterai baru tetap saja saja berarti selain baterainya yang rusak mesin dari E63 juga rusak. Silakan kalian bawa ke tempat servis saja untuk diperbaiki atau jika tersedeia part copotan bisa diganti dengan mesin yang normal.

Jadi itu dia beberapa cara untuk mengatasi Nokia E63 tidak dapat dicas atau diisi daya. Karena HP ini sudah sangat jadul sekali kemungkinan part yang ada sudah sangat langka mulai dari baterai, LCD, hingga mesin dari E63.

Tetapi bukan berarti tidak bisa diperbaiki. Karena banyak pengepul yang suka mencari copotan dari HP jadul termasuk E63. Yang terpenting kalian harus sabar karena jika untuk komunikasi kalian bisa gunakan HP lain seperti HP Android.

Itu saja pembahasan dari saya mengenai Nokia E63 yang tidak bisa di charging. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel menarik lainnya seperti FB Lite yang mengalami tidak cukup ruang. Masalah ini sering terjadi di HP yang memiliki ruang penyimpanan yang sedikit.


EmoticonEmoticon