Minggu, 02 Juni 2019

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti Tanpa Kembali Ke Setelan Pabrik

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terus Berhenti Tanpa Kembali Ke Setelan Pabrik

KEPOINDONESIA.id - Google Play merupakan aplikasi penting yang selalu ada di HP Android. Namun jika kalian sudah lama menggunakan Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan masalah Layanan Google Play Telah Berhenti ataupun Layanan Google Play Terus Berhenti. Pasti HP kalian itu pernah mengalami hal seperti itu, dari HP yang murah sampai yang mahal.

Untuk khasus Layanan Google Play terhenti ini tidak bisa diprediksi. Masalah tersebut dapat muncul secara tiba-tiba tidak perduli merk Smartphone yang kalian gunakan. Mulai dari Vivo, Oppo, Realme, Xiaomi, sampai Samsung pun sering mengalami hal tersebut.

Nah untuk itu kali ini saya akan membahas cara memperbaiki layan Google Play yang error seperti telah berhenti dan terus berhenti. Caranya mudah dan simple dan pasti tulisan Layanan Google Play terus berhenti akan hilang. Sebelum itu, kalian harus tau penyebab aplikasi Goole Play terhenti:

1. HP sudah lama tidak di Matikan/Restart/Reboot

HP jika tidak pernah dimatikan atau di reboot akan menyebabkan aplikasi sedikit error jika dibuka. Tidak hanya HP saja, Laptop ataupun Komputer jika waktu aktif sudah lama direkomendasikan untuk di restart atau reboot 2 minggu sampai 1 bulan sekali.

2. File Cache di Sitem Menumpuk

Untuk masalah ini jarang terjadi, namun bisa saja file cache di sistem yang menumpuk menyebabkan Google Play Service menjadi berhenti. Namun dampak yang paling kelihatan jika file cache sangat menumpuk di sistem yaitu ruang kosong memori internal yang berkurang .

3. File Cache di Aplikasi Google Play Servie Menumpuk

Nah hal ini sering terjadi jika kalian sering sekali mendownload aplikasi di Play Store terus menerus. Selain itu jika kalian bermain game online dan terhubung dengan Google Play Game, nantinya cache di Google Play Service juga akan bertambah.

Itu dia beberapa penyebab layanan Google Play telah berhenti. Selanjutnya kalian bisa baca cara mengatasi memori sistem yang penuh dan cara mengatasi ruang penyimpanan tidak cukup saat ingin install dan update aplikasi di Play Store.

Cara Menghilangkan Layanan Google Play Terus Berhenti


1. Hentikan Paksa Aplikasi


Hentikan Paksa Aplikasi

Cara pertama yang merupakan cara paling mudah yaitu menghentikan paksa aplikasi Google Play Service. Hal ini cukup efektif untuk mengatasi Layanan Google Play yang bermasalah. Untuk menghentikan paksa aplikasi Google Play Service caranya mudah, silakan kalian buka Pengaturan>Aplikasi>Semua>Layanan Google Play>Paksa Berhenti.

2. Hapus Cache Layanan Google Play


Hapus Cache Layanan Google Play

Langkah berikutnya yaitu hapus cache aplikasi Google Play Service. Untuk cara ini juga terbilang efektif dan work, saya sendiri sering menghilangkan tulisan layanan Google Play terhenti dengan cara ini dan berhasil. Untuk menghapus cache silakan kalian buka Pengaturan>Aplikasi>Semua>Layanan Google Play>Hapus cache.

3. Reboot HP


Reboot HP

Berikutnya yang bisa kalian lakukan yaitu me restart HP atau Smartphone Android kalian. Dengan memulai ulang sistem Android, saya rasa semua aplikasi nantinya akan berjalan normal tanpa ada masalah.

Nah itu dia cara mengatasi layanan Google Play terus berhenti tanpa kembali ke setelan pabrik. Cara tersebut merupakan cara aman supaya data kalian di HP tidak hilang. Namun jika tulisan layanan Google Play terus muncul, kalian bisa reset HP kalian ke setelah pabrik.

Namun jika sudah dikembalikan ke setelah pabrik masih tetap muncul, jalan satu-satunya yaitu dengan cara di flash. Saya jamin jika di flash akan normal kembali. Selain itu jika kalian sering install aplikasi dan APL tidak terpasang, kalian bisa baca cara mengatasi aplikasi yang tidak terpasang di semua Android.


EmoticonEmoticon