Selasa, 21 Mei 2019

5 Cara Mengatasi Kode OTP Tidak Terkirim dan Tidak Masuk Terbaru

Cara Mengatasi Kode OTP Tidak Terkirim dan Tidak Masuk Terbaru

KEPOINDONESIA.id - Kode OTP atau kode verifikasi merupakan kode yang sangat penting saat kita mendaftar sesuatu dan saat kita ingin login ke akun milik kita. OTP (One Time Password) merupakan sistem keamanan kedua selain password yang hanya kita yang mengetahuinya. Namun sayangnya saat kita daftar atau login sering kali kode OTP tidak masuk atau tidak terkirim ke nomor yang ingin kita daftarkan.

Layaknya verfikasi 2 langkah, jika kode OTP tidak kita terima maka kita tidak bisa mendaftar sebuah akun. Dan untuk login ke akun yang selalu meminta kode verifikasi setiap loginnya seperti kode OTP kita tidak dapat masuk ke akun tersebut, walaupun password yang kita gunakan benar.

Nah yang sering terjadi pada akun belanja online seperti martketplace yaitu kode OTP tidak terkirim di Shopee, atau kode OTP Shopee tidak terkirim atau kita tidak dapat menerima kode dari Shopee. Namun untuk Shopee ini sudah saya bahas, jadi kalian bisa baca cara mengatasi kode OTP Shopee tidak masuk.

Sedangkan yang akan saya bahas kali ini yaitu secara umum, kenapa kode OTP tidak terkirim, kenapa tidak bisa menerima kode OTP, kenapa kode OTP tidak masuk-masuk. Karena sering kali saat mendaftar sesuatu yang memerlukan kode verifikasi untuk melanjutkan pendaftaran seperti Twitter kode tidak masuk-masuk, jadi saya akan bahas semua di postingan ini.

Solusi Kode OTP Tidak Masuk dan Tidak Terkirim


1. Salah Input Nomor HP


Penyebab pertama yaitu biasanya salah input nomor HP atau ada 1 angka yang keliru. Jika nomor yang kita masukan tidak benar maka kode OTP tidak akan terkirim ke nomor hp kalian itu. Jadi pastikan jika saat memasukan nomor hp untuk verifikasi pastikan nomornya benar agar kode verifikasi atau kode OTP dapat terkirim ke hp kalian.

2. Operator Sedang Gangguan


Untuk penyebab yang satu ini jarang terjadi, namun bisa saja menyebabkan kode OTP tidak masuk ke nomor kalian itu. Karena sudah kita ketahui, jika sedang gangguan biasanya sinyal akan hilang dan kita tidak bisa menerima atau melakukan panggilan telepon. Menerima atau mengirim sms ataupun mengakses internet.

Jadi jika ada tanda-tanda kartu yang kalian gunakan tidak ada sinyalnya dan muncul tanda silang, kalian bisa request kode OTP ulang setelah ada sinyalnya. Dan jika kalian ingin tau cara mengatasi sinyal yang hilang kalian bisa baca cara mengatasi sinyal yang hilang dengan tanda silang.

3. Ubah 0 Menjadi 62 dan 62 Menjadi 0


Cara berikutnya untuk mengatasi kode OTP tidak terkirim yaitu dengan menggunakan kode negara atau pun tidak. Biasanya banyak situs atau aplikasi yang mewajibkan menggunakan kode negara +62 namun tidak memberikan keterangan di bagian memasukan nomor untuk mengirim kode verifikasi yang berakibatkan kode OTP tidak terkirim dan kita jadi tidak dapat menerima kode tersebut.

Jika awalnya kalian menggunakan 08 silakan kalian ubah jadi +628. Dan jika awalnya kalian menggunakan +628 silakan kalian ubah jadi 08. Saya jamin cara ini berhasil jika kode OTP kalian tidak masuk-masuk padahal sudah minta ulang berkali-kali.

4. Minta Kode Lewat Panggilan Telepon / Suara


Untuk cara ini sering diabaikan oleh banyak orang, padahal sudah jelas disediakan oleh pihak yang bersangkutan. Jika kalian meminta kode OTP atau kode verifikasi lewat SMS atau pesan singkat namun kode nya tidak masuk-masuk atau kalian tidak dapat menerima kodenya, kalian bisa meminta kode dengan cara alternatif yaitu lewat panggilan telepon.

Untuk cara ini jika kalian menerima panggilan telepon sudah pasti kalian akan mendapatkan kode OTP nya. Jadi cara ini bisa dibilang cara paling mudah untuk mengatasi kode OTP tidak masuk dan tidak terkirim ke nomor kita.

5. Nomor HP Sudah Digunakan


Yang terakhir ini hanya berlaku saat proses pendaftaran saja seperti saat mendaftar akun Twitter. Sekarang ini sangat sulit untuk mendaftar Twitter karena kode OTP Twitter jarang ada yang masuk, tidak seperti Facebook, WhatsApp ataupun Instagram. Jadi kalian jika gagal verifikasi 1 kali saat memasukan kode OTP saat mendaftar akun Twitter, nomor tersebut angkat nyangkut di akun itu.

Kenapa saya bilang nyangkut? Karena akunnya tidak bisa digunakan tetapi nomornya sudah terdaftar di akun Twitter itu jadi tidak bisa digunakan untuk mendaftar Twitter lagi. Nah mungkin saya akan bahas cara mengatasi kode OTP Twitter jika sempat.

Nah itu dia cara mengatasi kode OTP tidak terkirim dan solusi jika kode OTP yang tidak masuk-masuk. Saya jamin dari ke-5 cara diatas pasti bisa kalian gunakan dan nantinya kalian akan mendapatkan kode OTP yang kalian butuhkan.

Diatas juga sudah saya beritahu jika kode OTP Shopee yang tidak masuk-masuk, untuk Tokopedia sendiri kode verifikasinya sangat cepat patut di apresiasi dan memudahkan proses masuk atau login ke akun. Selain itu jika kalian sering menggunakan Wifi.id kalian bisa baca cara menagasti login limit di voucher Wifi.id kampus.

Karena banyak sekali yang menggunakan akun kampus mengalami login limit saat ingin terhubung ke jaringan Wifi.id di sekitar mereka karena login dibanyak device seperti di Android dan PC Windows. Dan cara tersebut berhasil saya lakukan dan mungkin bisa kalian coba juga.


EmoticonEmoticon