Rabu, 24 Juli 2019

3 Cara Mengatasi Diperlukan Autentikasi di Play Store Saat Ingin Menginstall Aplikasi

3 Cara Mengatasi Diperlukan Autentikasi di Play Store Saat Ingin Menginstall Aplikasi

KEPOINDONESIA.id - Mendownload aplikasi dan game favorit kita bisa membuat kita bahagia dan senang, khususnya setelah membeli smartphone baru. Salah satu ponsel pintar yang diperuntukan untuk bermain game ialah Android, walaupun tidak semuanya. Nah sering kali di Play Store saat kita ingin install aplikasi atau game muncul peringatan diperlukan autentikasi yang membuat langkah kita untuk bermain game jadi terhambat.

Walaupun hal ini jarang terjadi, namun jika terjadi pada orang yang pemula atau gaptek hal ini tidak boleh dibiarkan terus menerus. Karena jika masih muncul terus kita tidak akan bisa mendownload dan menginstall aplikasi dan game yang ada di Play Store. Karena setiap kita klik tombol install akan selalu muncul diperlukan autentikasi.

Untuk tulisan lengkapnya ialah "Diperlukan autentikasi. Anda perlu masuk ke Akun Google." Lalu maksud dari peringatan itu apa? diperlukan autentikasi artinya apa? pasti banyak yang bertanya-tanya seperti itu. Karena saya sendiri juga berpendapat beberapa peringatan baik di HP atau PC memang sulit dipahami.

Autentikasi adalah suatu proses tindakan pembuktian atau validasi terhadap kepemilikan akun saat mengakses sebuah sistem. Jadi kita disuruh membuktikan dulu bahwa HP yang kita pegang adalah milik kita dengan login ke akun yang bersangkutan. Intinya pihak Google Play ingin verifikasi saja lah.

Diperlukan autentikasi. Anda perlu masuk ke Akun Google

Jika dalam bahasa Inggris pemberitahuannya seperti ini "Authentication is required. You need to sign into your Google Account. Tray again." Seperti halnya cara masalah belum masuk yang pernah saya bahas. Jadi kalian bisa baca cara mengatasi masalah login akun google setelah kembali ke setelan pabrik.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah diperlukan autentikasi ini? caranya mudah sekali namun sebelum itu jika kalian sering mengalami menunggu wifi saat ingin mendownload dan install aplikasi dari Play Store kalian bisa baca cara mengatasi menunggu wifi dan download sekarang di Play Store.

Cara Memperbaiki Diperlukan Autentikasi di Play Store


1. Hapus Data Aplikasi Play Store


Hal pertama yang bisa kalian lakukan ialah menghapus data aplikasi Play Storenya. Untuk yang satu ini bisa kalian lakukan setiap sebulan sekali saya rasa tidak masalah, karena data dari Play Store ini lumayan besar jadi jika HP Android kalian memiliki memori internal yang sedikit mungkin cara ini bisa rutin kalian lakukan.

Untuk cara menghapus data aplikasi Play Store sendiri kalian bisa pergi ke Setelan/Pengaturan>Aplikasi>Semua Aplikasi>Google Play Store>lalu pilih Hapus Data. Setelah itu kalian buka Play Storenya lalu tunggu dulu sekitar 5 menit supaya Google Play Store memperbarui secara otomatis.

2. Login Kembali Dengan Akun Google Yang Sama


Cara berikutnya jika kalian tetap ingin menggunakan akun google yang sama kalian berarti harus menghapus akun yang bermasalah terlebih dahulu kemudian loginkan kembali. Untuk menghapus akun silakan pergi ke Pengaturan>Google>Pilih akun Google>Klik titik tiga pojok kanan atas>Hapus Akun.

Nah setelah sudah terhapus silakan login kembali lewat Pengaturan>Tambahkan Akun>Lalu pilih Google. Perlu diketahui hapus akun ini hanya menghapus atau logout akun yang bersangkutan dari perangkat kita, bukan menghapus akun secara permanen.

3. Login Dengan Akun Google Lain


Cara terakhir yaitu dengan login Play Store dengan akun Google yang lainnya. Jadi jika kalian malas untuk menghapus akun lalu login kembali kalian bisa menggunakan cara ini jika sudah ada akun lain yang tertaut di device atau perangkat kalian. Caranya pun mudah yaitu silakan buka Play Store>Pilih Bagian Menu sisi kiri lalu klik pada email yang sekarang.

Nah nantinya jika HP kalian login dengan beberapa akun kalian cukup pilih akun yang lainnya saja. Cara ini juga sering berhasil jadi kalian wajib mencobanya.

Nah itu dia beberapa cara untuk mengatasi atau solusi masalah autentifikas. Hal ini bisa terjadi di merk di smartphone apa saja seperti Oppo, Vivo, ASUS dan lain-lainnya. Namun paling sering terjadi pada Xiaomi dan Samsung.

Selain itu jika kalian tidak bisa login akun google karena masalah server kalian bisa baca cara mengatasi tidak bisa login ke akun google di android karena tidak dapat terhubung ke server google. Hal ini sering terjadi walaupun jika kita login di waktu yang berbeda biasanya akan normal kembali.


EmoticonEmoticon