Kamis, 18 Juli 2019

Cara Mengatasi Permintaan Pengindeksan Ditolak Saat Inspeksi URL di Google Search Console Terbaru

Cara Mengatasi Permintaan Pengindeksan Ditolak Saat Inspeksi URL di Google Search Console Terbaru

KEPOINDONESIA.id - Bagi seorang blogger, artikel yang baru saja kita terbitkan langsung terindek dengan cepat di mesin pencarian merupakan hal yang membanggakan, apalagi bisa langsung berada di halaman pertama atau page one. Nah untuk bisa cepat terindex, maka biasanya para blogger menggunakan Google Search Console atau Google Webmaster Tools. Nah sering kali saat kita ingin melakukan proses pengindeksan gagal, dengan peringatan permintaan pengindeksan ditolak.

Jika kalian menggunakan Search Console terbaru dan selalu submit artikel yang baru terbit di inspeksi url pasti pernah walaupun 1 kali mengalaminya yang namanya permintaan pengindeksan ditolak. Saya sendiri saat Search Console terbaru itu rilis sampai sekarang baru mengalaminya 1 kali masalah atau error seperti itu.

Nah jika kalian dulu pernah menggunakan Google Webmaster Tools atau Google Search Console versi terdahulu atau versi lawas, pasti pernah submit artikel kalian dengan fitur Fecth as Google. Di Fecth as Google ini terdapat 3 status, yaitu Selesai, Sebagian dan Dialihkan.

Permintaan Pengindeksan Ditolak

Sedangkan yang terbaru tidak ada status seperti itu, karena langkahnya hanya inspeksi url>minta pengindeksan>selesai, nantinya kita hanya menunggu saja pasti artikel kita akan cepat terindeks di mesin pencarian terutama search engine milik Google. Lalu bagaimana jika permintaan pengindeksan ditolak saat kita minta pengindeksan?

Caranya mudah banget, kalian tidak perlu melakukan hal apapun sebenarnya. Namun sebelum kita lanjut, kalian bisa baca cara menghilangkan tanggal postingan blog di blogger.com dan cara menemukan pelanggaran kebijakan penayangan adsense.

Solusi Permintaan Pengindeksan Ditolak di Google Search Console Terbaru


1. Submit Ulang


Cara pertama yang bisa kalian lakukan ialah submit ulang url postingan terbaru kalian di inspeksi url. Biasanya permintaan pengindeksan ditolak setelah kita meminta proses pengindeksan bahkan proses sudah berlangsung beberapa menit namun malah ditolak. Hal ini pernah saya alami jadi saya tau apa yang harus dilakukan.

Jadi kalian submit ulang saja mulai dari langkah pertama. Pertama silakan reload halamannya terlebih dahulu, selanjutnya klik inspeksi url dan masukan url atau link dari postingan terbaru atau postingan lama yang di index ulang. Setelah selesai silakan kalian klik Minta Pengindeksan.

Langkah ini kemungkinan berhasilnya sangat tinggi, karena saya rasa di Google Search Console terbaru ini sudah sempurna, jarang sekali terjadi masalah atau error, kecuali jika memang sedang ada perbaikan sistem atau maintenance dari pusatnya.

2. Tunggu Beberapa Saat


Nah jika sudah submit ulang namun tetap saja ditolak, silakan kalian tunggu beberapa saat lagi untuk melakukan proses submit ulang atau pengindeksan yang berikutnya. Sering kali memang kita harus menunggu beberapa saat untuk bisa melakukan proses ini, jadi kalian cukup tunggu saja mulai dari 1 - 5 menit saya rasa sudah cukup.

3. Submit Ualng ke Esokan Harinya


Nah jika kalian sudah menunggu beberapa menit hingga beberapa jam saat ingin submit ulang dan nyatanya masih saja ditolak, hal yang perlu kalian lakukan ya pasrah saja. Karena jika saya tidak salah menebak, jika hari itu kita dilolak terus proses pengindeksannya maka jika kita mnenunggu 6 - 12 jam pun tetap akan ditolak, entah karena faktor apa.

Jadi saya sarankan silakan kalian submit ulang pada ke esokan harinya jika ingat, jika lupa tidak usah kita submit ulang pun saya rasa nantinya tetap akan di indek oleh google walaupun kita tidak memintanya secara manual.

Nah itu dia cara mengatasi permintaan ditolak saat meminta pengindeksan di Google Search Console, saya sendiri tidak terlalu ambil pusing soal ini. Jadi jika kalian melihat peringatan masalah pengindeksan terdeteksi pada url selama pengujian langsung kalian tidak usah ambil pusing, pengalaanm saya itu tidak ada sangkut pautnya dengan artikel yang sudah kita terbitkan atau artikel yang baru saja diterbikan.

Kemungkinan besar penyebabnya yaitu karena banyaknya request proses pengindeksan yang berlangsung jadi akan diproses mulai dari yang mengindeks lebih awal terlebih dahulu. Selain itu jika kalian tidak tau arti fast dan slow respon kalian bisa baca pengertian fast respon dan slow respon pada saat transaksi online.


EmoticonEmoticon