Efek Menghapus Data Aplikasi, Apakah Berbahaya?

Efek Menghapus Data Aplikasi, Apakah Berbahaya?

KEPOINDONESIA.id - Data aplikasi semakin lama akan semakin banyak seiring penggunaan aplikasi. Sama seperti cache akan tetapi data aplikasi lebih memiliki peran dari pada cache yang hanya menyimpan sampah saja.

Banyaknya data aplikasi tergantung dari aplikasi yang kalian gunakan. Sebagai contoh aplikasi offline seperti kalkulator atau file manager. Kedua aplikasi tersebut tidak akan memiliki data aplikasi yang banyak.

Sedangkan aplikasi online yang harus terhubung ke internet seperti browser, aplikasi chatting, dan game online sudah dipastikan memiliki data aplikasi yang tidak sedikit. Yang menjadi pertanyaan apakah aman menghapus data aplikasi?

Saya yakin pertanyaan tadi sudah banyak di tanyakan oleh banyak orang. Apakah aman? tentu saja aman. Akan tetapi kalian perlu tau kelebihan dan kekurangan yang akan kalian temui setelah menghapus data aplikasi tertentu.

Supaya lebih jelas kalian bisa simak penjelasan saya mengenai efek menghapus data aplikasi di bawah ini. Namun sebelum lanjut kalian perlu tau perbedaan antara cookie dengan cache serta cara hapus file sampah dengan aplikasi Files.

Apakah Aman Menghapus Data Aplikasi?


Jawabannya ialah aman. Sebagai contoh kalian ingin menghapus data di aplikasi Instagram dan WhatsApp karena ukurannya cukup besar. Keuntungan yang akan kalian dapatkan lebih banyak dari pada kekurangannya.

Kenapa bisa begitu? karena ketika data aplikasi di hapus maka ruang penyimpanan telepon dimana data tersebut disimpan akan menjadi lebih lega. Selain itu cara ini adalah salah satu cara untuk mengatasi aplikasi yang error.

Kekurangan Menghapus Data Sebuah Aplikasi


Ini bukanlah kekurangan yang perlu kalian cemaskan. Hanya saja kalian perlu mengatur ulang setelan aplikasi yang sebelumnya sudah kalian atur. Karena data di aplikasi sudah di hapus maka pengaturan yang sudah kalian ubah sebelumnya akan kembali ke default.

Selain itu akun kalian akan keluar dengan sendirinya karena data sudah di hapus. Masalah akan terjadi jika kalian ingin menghapus data aplikasi chatting seperti WhatsApp. Karena riwayat chatting WA tersimpan di penyimpanan lokal.

Sekali data terhapus maka semua riwayat chatting akan hilang, tidak seperti Telegram dan Line. Mungkin hanya itu saja kekurangan menghapus data aplikasi, selebihnya sangat bermanfaat dan wajib kalian coba.

Hampir saja saya lupa, kalian juga perlu tau bahwa menghapus data aplikasi juga akan menghapus file OBB. Misalnya game yang kalian sering mainkan memiliki file atau data OBB jangan coba-coba menghapus data aplikasi sebelum memindahkan file OBB terlebih dahulu.

Singkatnya menghapus data aplikasi aman seperti halnya menghapus cache. Hanya saja ada hal yang perlu kalian ketahui karena bisa menghapus semua data yang ada di dalam aplikasi. Tidak ada kekurangannya dan hanya ada kelebihan.

Jika menghapus data aplikasi aman lalu bagaimana jika menghapus file serbaneka? saya yakin kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah serbaneka. Untuk lebih jelas mengenai serbaneka kalian bisa baca artikel lainnya yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon