Senin, 03 Juni 2019

Arti Nyimak dan Nyimak Mawon di MEDSOS dan WA

Arti Nyimak dan Nyimak Mawon di MEDSOS dan WA

KEPOINDONESIA.id - Bercakap-cakap di dunia maya tidak selamanya menyenangkan, seperti jika hal yang menjadi perbincangan tidak sama dengan keahlian kita. Banyak orang yang hanya sekedar melihat percakapan orang saja tidak memberikan tanggapan atau pun respon, seperti halnya di grup WhatsApp (WA). Istilah tersebut biasanya disebut nyimak, menyimak ataupun Sider (Silent Reader).

Namun untuk kali ini saya tidak akan membahas arti sider, pengertian sider ataupun apa yang dimaksud dengan sider. Untuk pembahasan Silent Reader ini kalian bisa baca pengertian dan arti dari istilah silent reader. Sedangkan yang akan saya bahas kali ini yaitu arti Nyimak dan Nyimak Mawon.

Pasti kalian sering melihat orang yang hanya berkomentar nyimak dan nyimak mawon. Biasanya untuk istilah tersebut sering digunakan di Facebook baik di postingan seseorang, halaman, ataupun di grup. Selain itu di forum juga sering melihat orang yang menggunakan istilah nyimak, sebagai contoh forum Kaskus.

Di WhatsApp juga banyak yang menggunakan istilah tersebut, terutama di Grup WA. Untuk grup WA biasanya menggunakan istilah nyimak saja, sedangkan untuk grup yang hubungan kekeluargaannya lebih erat seperti grup keluarga atau komunitas menggunakan istilah nyimak mawon.

Tapi kalian tau tidak nyimak artinya apa? nyimak mawon itu apa? Nah kali ini saya akan jelaskan mengenai pengertian nyimak dan nyimak mawon, namun sebelumnya jika kalian tidak atu arti TC dan SW di WhatsApp kalian bisa baca arti SW dan TC di WhatsApp dan arti P di MEDSOS.

Nyimak


Nyimak atau menyimak sendiri memiliki banyak pengertian, seperti Memperhatikan, Memeriksa, dan Mempelajari. Namun menurut saya bisa memiliki arti yang berbeda tergantung orang yang menyimak menggunakan kata tersebut dimana.

Sebagai contoh:

~Nyimak di postingan yang berhubungan dengan informasi = Jejak, atau berharap mendapatkan pemberitahuan dari postingan tersebut.

~Nyimak di postingan debat atau yang berbau tanya jawab = hanya berkomentar 1 kali saja yaitu "nyimak" tadi sambil mempelajari komentar-komentar orang lain.

~Nyimak di postingan yang membutuhkan tanggapan yang bersangkutan = terserah atau bisa dibilang nurut saja

Dan masih banyak arti nyimak yang berbeda -beda, tergantung siapa dan apa yang sedang di simak.

Nyimak Mawon


Sedangkan nyimak mawon adalah nyimak yang ditambah dengan kata mawon. Mawon sendiri merupakan bahasa Jawa Krama Alus. Sedangkan mawon jika diubah menjadi Ngoko memiliki arti "Wae". Sedangkan wae jika diubah menjadi bahasa Indonesia menjadi "Saja".

Jadi nyimak mawon memiliki arti nyimak saja. Nyimak mawon atau nyimak saja ini bisa dibilang orang yang menggunakan kata tersebut nurut saja dan enggan memberikan komentar ataupun tanggapan.

Nah itu dia arti nyimak mawon dan nyimak. Mungkin yang saya jelaskan diatas tidak semuanya benar atau pas, namun itu menurut pendapat saya pribadi. Sedangkan jika kalian tidak tau arti Thank Me Later kalian bisa baca arti thank me later serta 2 pengertian dari kata THR.


EmoticonEmoticon