Fungsi Tombol Sleep, Hibernate, Shut Down, dan Restart di Perangkat Windows

Fungsi Tombol Sleep, Hibernate, Shut Down, dan Restart di Perangkat Windows

KEPOINDONESIA.id - Ada beberapa tombol Power yang bisa kalian gunakan dan bisa kalian manfaatkan sesuai kebutuhan. Sebagai contoh tombol Power yang ada di Start Menu perangkat Windows baik di Laptop atau di Komputer.

Seperti yang kalian ketahui salah satu cara mematikan perangkat desktop yaitu melakukan Shut Down yang tombolnya bisa kalian temukan di menu Power. Selain Shut Down ada 3 tombol lainnya.

Ada tombol Sleep, Hibernate, dan Restart. Misalnya di perangkat kalian tidak ada tombol Hibernate kemungkinan besar tombol tersebut belum kalian aktifkan. Dari ke empat tombol Power tadi saya rasa sudah banyak yang tau.

Minimal kalian tau fungsi dari tombol Shut Down dan Restart. Karena tombol tersebut merupakan tombol wajib yang sering digunakan dan sudah ada sejak awal. Walaupun kalian tau fungsi dari Restart dan Shut Down, kalian harus tau fungsi kedua tombol lainnya.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan tentang fungsi dan kegunaan dari tombol Shut Down, Restart, Sleep, dan Hibernate. Saya akan menjelaskannya secara singkat karena keempat tombol tadi memiliki fungsi yang sangat jelas.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti tips menunda proses download di IDM supaya tidak error serta cara save gambar lewat aplikasi Paint.

Shut Down


Fungsi Shut Down bisa kalian gunakan untuk mematikan perangkat Laptop atau Komputer yang kalian gunakan. Semua komponen seperti Prosesor, VGA, RAM, HDD atau SDD akan mati secara total.

Artinya jika kalian ingin mematikan perangkat kalian wajib menggunakan tombol Shut Down. Jangan gunakan tombol Hibernate atau Sleep karena kedua tombol tadi memiliki fungsi yang berbeda.

Sleep


Secara umum Laptop dan Komputer bisa di atur untuk melakukan Sleep setelah tidak digunakan beberapa saat. Tetapi kalian bisa melakukan Sleep secara langsung jika memang dibutuhkan.

Sleep akan menidurkan perangkat desktop dan hanya RAM saja yang akan bekerja. Semua aplikasi yang sedang kalian buka sebelumnya tidak akan tertutup walaupun kalian melakukan Sleep.

Hibernate


Hibernate sebenarnya adalah tindak lanjut dari Sleep. Jika Sleep semua aktivitas disimpan di RAM dan perangkat tetap dalam keadaan hidup. Sedangkan Hibernate semua aktivitas disimpan ke penyimpanan baik HDD atau SDD.

Dalam kondisi Hibernate perangkat benar-benar dalam kondisi mati karena lampu indikator di Laptop tidak menyala. Selain itu saat dalam kondisi Hibernate tidak membutuhkan waktu Booting yang lama.

Restart


Seperti fungsi Restart atau Reboot pada beberapa perangkat elektronik lainnya, tombol Restart di Windows memiliki fungsi memulai ulang atau menghidupkan ulang. Restart sebenarnya sama seperti Shut Down.

Tetapi setelah dimatikan perangkat akan hidup sendiri sampai masuk ke menu kembali. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengatasi beberapa masalah dan error yang muncul.

Itu dia penjelasan dari saya mengenai beberapa tombol yang biasa ditemui di perangkat Windows. Kalian bisa menggunakan tombol tersebut sesuai dengan kebutuhan dan jangan sampai salah menggunakan tombol Shut Down, Sleep, dan Hibernate.

Sebelum saya akhiri pembahasan kali ini bagi kalian yang mengalami baterai Laptop tidak mau penuh kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Saya sudah pernah membahas mengenai solusi baterai Laptop yang tidak mau penuh.


EmoticonEmoticon