3 Cara Mengatasi Keyboard Tidak Mau Hilang di Layar Android

3 Cara Mengatasi Keyboard Tidak Mau Hilang di Layar Android

KEPOINDONESIA.id - Dengan adanya aplikasi keyboard yang banyak di Play Store, bagi pengguna Android merubah jenis dan tampilan keyboard sesuka hati adalah hal yang mudah. Beda jenis aplikasi keyboard yang digunakan, berbeda juga fitur dan pengaturan yang ada.

Dari segi fitur memang tiap-tiap aplikasi keyboard dari pihak ke-3 berbeda beda. Namun dari segi tampilan saya rasa sama saja kecuali di bagian background. Ada aplikasi keyboard yang sederhana namun untuk fitur umumnya sudah sangat lengkap.

Ada juga jenis keyboard modern yang memiliki fitur-fitur canggih yang tidak ada di aplikasi keyboard biasa namun penggunaannya tidak sebagus dan seringan sebuah aplikasi keyboard pada umumnya. Nah salah satu kejadian yang sering saya alami yaitu dimana keyboard tidak mau hilang dari layar HP kita.

Selain masalah keyboard tidak muncul yang sering terjadi, keyboard yang tidak mau hilang dari layar ini bisa dibilang sedikit aneh. Memang ada faktor-faktor tersendiri kenapa keyboard tidak mau hilang setelah kita gunakan, salah satunya karena faktor RAM.

Kasus ini sama seperti aplikasi yang tiba-tiba berhenti sendiri namun tidak force close. Istilah yang sering digunakan ialah ngefreeze. Di beberapa kasus keyboard akan hilang setelah digunakan tidak lebih dari 5 detik. Namun banyak juga yang mengalami aplikasi keyboard tidak hilang lebih dari 30 detik setelah digunakan dan ini sangat mengganggu.

Ada beberapa solusi untuk mengatasi aplikasi keyboard di layar yang tidak mau hilang. Caranya sangat sederhana sekali dan bisa kalian coba jika masalah seperti itu menimpa kalian di lain waktu. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara menambah simbol @ di PC dan cara mengatur ukuran Google Keyboard supaya lebih kecil dan lebih besar.

Solusi Keyboard Tidak Mau Hilang Dari Layar


1. Matikan Layar Ponsel


Cara pertama yang bisa kalian lakukan ialah dengan mematikan layar ponsel kalian. Kalian tidak usah mematikan HP atau reboot HP kalian. Namun cukup dengan mematikan sebentar dengan menekan tombol power.

Jika sudah dimatikan, silakan nyalakan kembali maka nantinya keyboard yang tidak mau hilang akan hilang. Namun jika masih muncul dan mengganggu kalian bisa mengikuti tutorial berikutnya.

2. Hentikan Paksa Aplikasi Keyboard


Menghentikan paksa sama saja menghilangkan semua kinerja aplikasi yang sedang berjalan. Harusnya jika aplikasi keyboard yang terkait kalian hentikan paksa, nanti keyboard yang masih di layar akan hilang.

Ini sama seperti jika notifikasi dari Messenger dan notifikasi dari aplikasi YouTube tidak mau hilang, kalian bisa mencoba cara yang satu ini. Jika masih tidak berhasil kalian bisa mencoba cara terakhir.

3. Reboot Perangkat


Karena dengan menghentikan paksa aplikasi tidak berhasil, kalian bisa mencoba untuk reboot atau restart perangkat Android kalian. Dengan mulai dari ulang perangkat, maka aplikasi yang ada juga akan mulai dari ulang sehingga keyboard yang masih muncul akan hilang dan akan muncul lagi jika dibutuhkan.

Nah itu dia cara mengatasi aplikasi keyboard yang tidak mau hilang dari layar di Android. Jika kinerja ponsel kalian sedang berat, masalah seperti ini wajar terjadi dan kalian tidak usah panik. Seperti jika kalian sedang memainkan game berat sambil chatting lewat WhastApp, maka di beberapa kesempatan keyboard pasti akan tertahan beberapa detik sebelum menghilang.

Dan bagi kalian yang pengguna HP Asus, kalian tidak usah cemas untuk melihat riwayat copy paste. Karena di keyboard milik Asus menu Clipboard dapat kalian akses dengan mudah tidak seperti di beberapa aplikasi keyboard yang ada.


EmoticonEmoticon