Sabtu, 08 Juni 2019

Pengertian Silent Reader di Grup dan Forum Internet

Pengertian Silent Reader di Grup dan Forum Internet

KEPOINDONESIA.id - Memantau grup yang kita gabung merupakan hal yang sering saya lakukan, walaupun cuma sekedar melihat-lihat saja. Namun terkadang topik pembahasan di grup tidak selamanya menyenangkan atau sesuai dengan passion kita. Dari situlah banyak orang yang hanya bergabung saja tanpa melakukan interaksi kepada sesama anggota grup, atau bahasa kerennya Silent Reader.

Pasti beberapa dari kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah silent reader, khususnya di media sosial seperti di Facebook. Kenapa saya contohkan Facebook? karena FB merupakan media sosial yang sangat populer dan banyak anak gaul yang menggunakan Facebook, selain itu Facebook terdapat fitur grup tidak seperti Twitter atau Instagram.

Selain itu sider ini juga cukup pouler di aplikasi chatting, sebagai contoh silent reader di WhatsApp, Line serta silent reader di Wattpad. Namun untuk di WA ini tidak semuanya anak muda, karena sekarang orang tua pun sudah menggunakan WhatsApp, mungkin pengguna WA ini antara anak muda dengan orang tua hampir sama.

Untuk di WA, biasanya bukan disebut sider atau silent reader, melainkan tukang nyimak. Nah jika kalian belum tau arti nyimak kalian bisa baca terlebih dahulu arti nyimak dan nyimak mawon sebelum kalian tau apa arti silent reader.

Silent Reader


SR/Sider/Silent Reader adalah orang yang pasif dalam grup ataupun platfom online lainnya seperti forum internet. Bisa dibilang si sider ini hanya mengambil ilmu yang dibahas atau dibagikan oleh seseorang dan tidak mau bertanya walaupun ilmu yang telah dibagikan masih kurang. Jadi silent reader ini biasanya orang yang pintar atau orang yang lebih tau dari pada beberapa anggota grup yang lainnya tetapi tidak mau terleihat pintar karena beberapa alasan tertentu.

Namun tidak selamanya seorang sider seperti itu, karena beberapa orang saja yang bisa menjadi seorang silent reader yang behasil. Berikut beberapa alasan seseorang menjadi seorang SR ataupun hanya jadi tukang nyimak/kang nyimak saja.

1. Baru bergabung di grup atau bisa dibilang anggota baru jadi belum terlalu kenal dengan anggota yang lainnya

2. Belum tau tujuan dari di buatnya grup yang baru digabung, jadi ingin lihat-lihat dulu dan bisa saja mengambil keputusan untuk keluar grup jika tidak cocok

3. Tidak paham topik pembahasan yang sedang dibahasa karena baru bergabung

4. Takut dianggap pemula yang hanya bisa bertanya saja

5. Takut dianggap lebih pintar dan nantinya akan dibanjiri banyak pertanyaan

6. Sedang sibuk dengan chatting dengan orang lain dan grup yang sudah dulu bergabung

Mungkin itu dia beberapa penyebab seseorang menjadi sider, namun penyebab di atas tidaklah akurat, karena yang paling akurat yaitu dari diri orang itu sendiri kenapa memilih menjadi seorang silent reader. Selain itu banyak dari beberapa orang senang dipanggil dengan sebutan silent reader, walaupun tidak tau arti SR yang sebenarnya.

Nah itu dia pengertian dan arti dari Silent Reader, semoga sekarang kalian tau apa itu artinya SR. Jadi kalian tidak usah bingung lagi jika kalian atau ada orang yang yang disebut seorang SR, Sider, ataupun Silent Reader. Intinya seorang SR ialah orang yabg jarang atau tidak pernah berinteraksi di grup ataupun forum yang notabenenya lebih dari 2 orang.

Untuk itu jika memang kalian ingin menjadi seorang SR, kalian bisa baca cara membuat foto profil, status dan nama di WhatsApp menjadi blank putih dan juga kalian bisa baca pengertian kick dan banned di seuatu grup dan forum.


EmoticonEmoticon