4 Solusi Mengatasi Volume di HP Naik Turun Sendiri Tanpa Ditekan

4 Solusi Mengatasi Volume di HP Naik Turun Sendiri Tanpa Ditekan

KEPOINDONESIA.id - Layar HP yang gerak atau sentuh-sentuh sendiri sudah sering kita jumpai dan terkadang banyak dikeluhkan oleh orang-orang. Selain layar yang gerak dan menekan sendiri ada juga masalah seperti kecerahan layar yang redup dan terang tanpa diatur.

Untuk permasalahan layar HP yang menekan atau gerak sendiri tanpa disentuh saya sudah pernah membahasnya. Umumnya masalah tersebut terjadi karena layar sentuh sudah mulai error, akan tetapi faktor bawaan HP juga bisa terjadi.

Dan untuk kecerahan layar yang redup dan terang sendiri juga sudah pernah saya bahas jadi kalian bisa baca saja jika penasaran. Nah pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai volume suara di HP yang keras atau kecil sendiri.

Atau lebih tepatnya menekan sendiri dan membuat volume naik dan turun tanpa sebab. Ini akan menyulitkan dan bisa sangat mengganggu jika volume lebih condong ke volume tambah karena suara HP kalian nantinya akan berada di posisi maksimal.

Tombol volume baik volume + atau volume - tidak tertekan tetapi entah kenapa volume bisa baik dan turun sendiri. Jika sudah seperti itu bagaimana solusinya? ada beberapa solusi dan solusinya tergantung dari apa faktor penyebabnya.

Oleh karena itu supaya lebih paham langsung saja kalian simak artikel ini sampai selesai. Namun sebelum itu kalian bisa baca artikel mengenai cara meningkatkan volume video lewat aplikasi Kinemaster serta kenapa Alarm tidak bunyi padahal sudah diaktifkan.

Cara Mengatasi Volume Naik dan Turun Sendiri di HP


1. Tidak Sengaja Tertekan


Penyebab pertama yang paling umum terjadi jika kalian menggunakan case baik softcase atau hardcase yaitu tombol volume tidak sengaja tertekan case. Biasanya ini terjadi karena case longgar dan pada tombol volume tidak tepat pada lubang case dan akhirnya tertekan.

Jadi pastikan bahwa case yang kalian gunakan tidak menekan tombol volume dan pastikan juga dengan melepas case tadi. Jika sudah kalian lepas dan dirasa tombol tidak tertekan tetapi volume tetap gerak sendiri kalian bisa lanjut baca penyebab selanjutnya.

2. Bersihkan Kotoran dan Debu di Sela-Sela Tombol Volume


Setelah kalian memastikan bahwa tombol volume tidak sengaja tertekan kalian bisa cek dan bersihkan sela-sela tombol volume. Caranya mudah saja bisa kalian tiup-tiup atau bisa kalian korek dengan jarum atau benda serupa.

3. Reboot HP


Error pada volume dan kecerahan layar yang tidak bisa diatur bisa disebabkan oleh sistem yang bermasalah. Oleh karena itu untuk memastikan saja kalian bisa reboot atau mulai ulang perangkat Android yang kalian miliki.

4. Hardware Yang Bermasalah


Yang terakhir kemungkinan besar karena hardware yang berhubungan dengan volume bermasalah. Bisa tombol atau fleksibelnya dan untuk memastikan kalian bisa bawa saja ke tukang servis supaya lebih aman.

Jika masih garansi kalian bisa bawa ke service center dan misalnya sudah tidak garansi dan harga HP yang kalian miliki mahal alias perangkat mid-end ke atas lebih baik bawa ke tempat servis langganan yang dijamin aman.

Semua tempat servis pasti mementingkan pelanggan dan pelanggan adalah nomor satu. Tetapi terkadang banyak yang kurang teliti dan bisa saja bukannya tambah normal HP kalian bisa jadi tambah bermasalah atau masalah satu selesai muncul masalah lainnya.

Jarang terjadi tetapi banyak pengguna yang mengalaminya khususnya pengguna Android. Sedangkan saya pernah mengalami karena tombol volume tidak sengaja tertekan oleh case dan karena perangkat error yang disebabkan saya memutar video tetapi selalu mengatur tombol volume.

Cukup sekian penjelasan dari saya dan sebelum saya akhiri selain volume yang naik turun kalian juga harus tau solusi untuk mengatasi getar di HP Android yang tidak berfungsi. Jika tidak berfungsi maka saat ada notifikasi HP tidak akan bergetar.


EmoticonEmoticon