Rabu, 22 Mei 2019

Arti Sugeng Riyadi dan Sugeng Riyaya, Minal Aidin Wal Faizin Orang Jawa Saat Lebaran

Arti Sugeng Riyadi dan Sugeng Riyaya, Minal Aidin Wal Faizin Orang Jawa Saat Lebaran

KEPOINDONESIA.id - Meminta maaf kepada orang terdekat seperti Orang Tua ataupun Saudara saat Lebaran merupakan hal yang pasti kita lakukan saat Hari Lebaran. Ucapan yang sering kita dengar pasti Minal Aidin Wal Faizin, khususnya di perkotaan ataupun kota-kota besar. Namun untuk di Jawa, khususnya yang agak plosok seperti perkampungan dan perdesaan memiliki ucapan tersediri yaitu Sudeng Riyadi atau Sugeng Riyadin.

Sama halnya seperti Minal Aidin Wal Faizin, Sugeng Riyadin diucapkan ketika bersalaman kepada pemiliki rumah atau orang lain seperti Saudara, Tetangga ataupun Teman. Ataupun jika kepada simbah Kakek atau Nenek bisa menggunakan yang lebih sopan lagi, yaitu "Sugeng riyadi sedoyo lepat nyuwun pangapunten".

Namun kalian tau tidak arti dari Sugeng Riyadi atau Sugeng Riyadin ini, khususnya yang tinggal di Jawa dan yang sering mendengar dan mengucapkan kalimat tersebut. Sebelum kita bahas soal Sugeng Riyadi nya, kita bahas sedikit soal apa itu Lebaran.

Lebaran


Arti Lebaran sendiri bisa dibilang hari penghabisan. Lebar yang artinya Habis atau Setelah. Jadi Lebaran merupakan hari penghabisan setelah Puasa Ramadhan. Lebaran sendiri bukan kata atau kalimat pengganti dari kata Idul Fitri, namun memiliki makna tersendiri.

Menurut KBBI, Lebaran merupakan kata yang bermula dari kata Luber. Luber yang artinya melimpah dan meluap. Yang memiliki pengertian luber rezekinya, luber pahala sehabis Ramadhan.

Sedangkan untuk Idul Fitri sendiri adalah puncak dari pelaksanaan ibadah Puasa. Memiliki makna yang berkaitan erat dengan tujuan yang akan dicapai dan kewajiban berpuasa itu sendiri, yaitu manusia yang bertaqwa.

Sugeng Riyadi


Menurut info yang saya dapatkan, Sugeng Riyadin merupakan asal dari kata Sugeng Riyadi yang sering kita dengar dan ucapkan. Jadi jika kalian mau mengucapkan Sugeng Riyadin atau Sugeng Riyadi tidak masalah, toh kalu didengar ucapannya sama saja. Untuk Sugeng Riyadin artinya Selamat Merayakan Hari Raya Islam.
  • Sugeng = Selamat
  • Riya = Kepanjangan Rina & Riyaya
  • Rina = Hari sedangkan Riyaya = Raya
  • Din = Agama (asal mula bahasa Arab)
Selain Sugeng Riyadi-n, kalian pasti juga sering mendengarkan orang mengatakan Sugeng Riyaya, yang artinya Selamat Hari Raya.


EmoticonEmoticon