Senin, 20 Mei 2019

4 Cara Memperbaiki Lokasi Titik Biru Google Map Yang Tidak Tepat dan Akurat

4 Cara Memperbaiki Lokasi Titik Biru Google Map Yang Tidak Tepat dan Akurat

KEPOINDONESIA.id - Maps merupakan aplikasi yang sangat penting yang bisa membantu kita dalam mengetahui suatu tempat atau juga bisa sebagai GPS pemandu saat kita dalam perjalanan. Dengan aplikasi Google Maps kita bisa melihat kondisi jalan dan bangunan tempat yang sedang kita cari dengan street view, ulasan tempat tersebut dan jam buka-tutup tempat tersebut. Namun sayangnya lokasi di google map ini kadang tidak tepat dengan contoh titik biru yang tidak akurat saat mendeteksi lokasi kita.

Pasti kalian sering mengalami lokasi saya berbeda atau ditempat lain pindah-pindah atau loncat-loncat ataupun ngawur sampai kota ataupun provinsi lain. Padahal aplikasi maps miliki google ini menggunakan internet yang harusnya selalu update berbeda dengan aplikasi map yang offline.

Saya sendiri pernah lokasi saya terkini di area Jogja namun saat saya buka aplikasi google maps tersebut saya berada di Jakarta, terliat jelas bahwa titik biru yang menandakan lokasi saya berada di Jakarta. Entah kenapa lokasi saya di google map ini bisa ngawur sampai segitunya.

Lokasi  Maps Tidak Akurat

Lalu bagaimana cara mengatasi google map yang tidak tepat dan tidak akurat? Caranya mudah kita tidak perlu setting atau kalibrasi namun cukup beberapa hal yang perlu kalian ketahui agar lokasi kita tidak ngawur lagi misalnya saat kondisi terdesak. Namun sebelum itu jika HP kalian tidak bisa menerima pesan dari orang lain kalian bisa baca cara mengatasi HP tidak bisa menerima sms dari orang lain.

Cara yang saya bagikan ini adalah berdasarkan pengalaman. Memindahan titik biru yang ngawur secara cepat dan akurat tanpa setting atau kalibrasi pengaturan GPS di Android. Berikut cara mengasti GPS yang tidak akurat di google maps.

Cara Mengatasi Lokasi Google Maps Tidak Tepat dan Akurat


1. Sering-Sering Buka aplikasi Maps


Solusi pertama yaitu sering-seringlah kalian buka aplikasi Maps supaya GPS di HP kalian itu berkerja dan dapat memindai lokasi terkini kalian dengan cepat, tepat, dan akurat. Saya jamin jika tidak pernah dibuka atau digunakan untuk perjalanan titik biru yang menandakan lokasi saya akan loncat beberapa ratus meter sampai beberapa kilometer.

Dengan sering mengaktifkan GPS kalian juga memperkuat sinyal GPS yang bisa sangat membantu jika kalian tersesat. Karena sekarang banyak orang di HP Androidnya GPS selalu dimatikan karena ada mitos bahwa bikin baterai cepat habis.

2. Aktifkan Mode Akurasi Tinggi


Cara berikutnya supaya titik lokasi google maps tepat dan akurat silakan kalian setting GPS Mode dalam akurasi tinggi. Caranya cukup mudah, buka Pengaturan>Lokasi>Aktifkan Lokasi>Mode>Akurasi Tinggi. Dalam mode akurasi tinggi nantinya GPS akan membaca dengan 3 data sekaligus yaitu lewat GPS, Wifi, dan Data seluler.

3. Update Aplikasi Maps


Yang berikutnya silakan update aplikasi map kalian jika menggunakan versi lawas ataupun yang masih bawaan saat membeli HP. Karena pada versi terbaru pasti banyak fitur-fitur yang mempermudahkan dalam mencari dan menentukan titik lokasi. Walaupun begitu, diaplikasi maps versi terbaru pasti akan lebih berat dan banyak memakai kuota data seluler kalian.

4. Tutup dan Buka Lagi Aplikasi Maps


Nah cara terakhir jika lokasi kalian tidak tepat saat pertama membuka aplikasi maps dan sudah di pencet lokasi saya berkali-kali tapi sama saja tidak menuju ke lokasi kalian yang saat ini kalian bisa menutup aplikasi maps tanpa mematikan GPS nya. Setelah itu silakan kalian buka lagi GPS nya dan dijamin lokasi kalian akan ke lokasi yang tepat.

Nah itu dia cara mengatasi lokasi yang tidak tepat dan tidak akurat di maps tanpa setting dan kalibrasi GPS. Cara ini sudah saya buktikan sendiri khususnya untuk yang nomor 1 yaitu semakin sering kita gunakan GPS akan semakin cepat dan akurat menentukan lokasi terkini kita.

Nah jika kalian juga ingin memasang wifi dengan provider MyRepublic namun kalian tidak tau lokasi kalian itu tercover atau dalam jangkauan MyRepublic atau tidak kalian bisa baca daftar provinsi dan cara cek coverage area MyRepublic. Kalian bisa menggunakan ke-4 cara tersebut di semua perangkat baik ASUS, Xiaomi, Samsung, Lenovo ataupun merk yang lainnya.


EmoticonEmoticon