Sabtu, 11 Mei 2019

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau

KEPOINDONESIA.id - Saat menjelajah internet memang waktu yang sangat menyenangkan. Kita dapat mencari hal-hal yang kita ingin cari tahu seperti hal untuk menambah wawasan, sebagai media belajar ketiga selain sekolah dan rumah ataupun untuk mencari hiburan. Namun hal itu semua akan sirna jika situs yang ingin kalian kunjungi tidak bisa diakses dengan pemberitahuan "situs ini tidak dapat dijangkau" khususnya di Chrome.

Karena jika sudah muncul notifikasi seperti itu kita benar benar tidak akan bisa mengakses situs tersebut. Namun kalian tidak usah khawatir jika menemui error seperti itu, kalian masih ada harapan namun tergantung kenapa situs itu tidak bisa dijangkau.

Saya sendiri sering mengalami situs tidak bisa dijangkau atau tidak bisa diakses ini baik saat browsing di PC Laptop atau Komputer dan juga saat di HP Android saya. Lalu apa penyebab dan cara mengatasi situs ini tidak dapat dijangkau ini? ada beberapa penyebab dan ada juga beberapa solusi agar situs dapat dijangkau atau diakses.

Namun sebelum itu jika kalian tidak tau apa itu Request Time Out, kalian bisa baca arti dan cara mengatasi request time out. Berikut cara mengatasi dan penyabab situs tidak bisa dijangkau sama sekali.

Cara Mengatasi dan Penyebab Situs Ini Tidak Bisa Dijangkau


1. Koneksi Jaringan atau Sinyal Buruk


Penyebab pertama yaitu jaringan yang kita gunakan untuk mengakses situs tersebut buruk atau lemah. Hal ini sering terjadi baik di Android dengan data seluler ataupun Komputer dan Laptop dengan Hotspot dari HP. Solusi dari hal ini ialah matikan data seluler terlebih dahulu 5 - 10 detik lalu nyalakan kembali. Setelah itu akses situs yang tadinya tidak dapat dijangkau tersebut.

2. Situs Hanya Dapat Diakses Dengan WWW


Yang kedua yaitu situs hanya bisa diakses dengan www. Ini sering terjadi karena pemilik dari situs tersebut memang menyetel hanya bisa diakses dengan www tidak bisa dengan nama domain saja. Jadi silakan kalian akses situs yang tidak bisa di akses dengan awalan www. Sebagai contoh kalian akses kepoindonesia.id situs tidak bisa dijangkau, lalu silakan kalian coba dengan www.kepoindonesia.id pasti akan bisa diakses.

3. Nama Domain Belum Terdaftar


Hal berikutnya yang menyebabkan situs tidak bisa dijangkau ialah nama domain dari situs yang ingin kalian kunjungin belum terdaftar. Kalian bisa coba sendiri dengan cara mengetik nama domain asal-asalan di kolom URL pasti akan muncul error situs ini tidak dapat dijangkau.

4. Nama Domain Telah Kadaluarsa atau Expired


Penyebab berikutnya yaitu nama domain sudah kadaluarsa atau expired karena tidak diperpanjang oleh pemiliknya. Jadi jika nama domain tidak di perpanjang mungkin saja situs tersebut sudah tidak aktif dan tidak akan ada update apapun kedepannya.

5. Salah Setting DNS


Salah setting DNS sewaktu parkir atau custom domain dapat menyebabkan situs tidak dapat diakses atau dijangkau. Mungkin untuk penyebab yang atu ini sering terjadi pada pemilik situs, website atau blog. Jika karena salah setting DNS, kalian bisa setting ulang DNS (Domain Name Server) dari awal supaya situs bisa diakses sepenuhnya.

Nah itu dia penyebab dan cara mengatasi situs ini tidak dapat dijangkau yang bisa kalian coba baik jika terjadi di Chrome atau Opera. Kebanyakan penyebab situs tidak bisa dijangkau ialah dari di situsnya sendiri bukan dari kita. Jadi saya sarankan kepada pemiliki situs atau website untuk memperhatikan situs yang kalian kelola jangan sampai pengunjung kecewa.

Dan jika kalian pengguna Hostinger kalian bisa baca cara mengatasi halaman tidak ditemukan, karena di Hostinger ini sering sekali terjadi error tersebut khususnya saat parkir domain. Selain 5 penyebab diatas ada faktor lain yang bisa menyebabkan situs tidak bisa diakses yaitu seperti file index kosong, ip kalian terblokir firewall, ataupun kesalahan file .htaccess.


EmoticonEmoticon