Rabu, 08 Mei 2019

Arti dan Cara Mengatasi Request Time Out (RTO)

Arti dan Cara Mengatasi Request Time Out (RTO)

KEPOINDONESIA.id - Internet merupakan cara kita untuk mengakses sebuah situs dan cara kita untuk dapat mencari serta mengetahui sesuatu yang sedang trending di Dunia Maya. Namun internet ini bersumber dari jaringan seluler ataupun Wifi. Jadi jika kita tidak terhubung dengan jaringan seluler dan wifi kita tidak dapat mengakses internet. Namun tidak jarang saat mengakses internet kita menemui masalah Request Time Out, atau sering disingkat RTO.

Pasti kalian sering mengalami masalah request time out baik saat mengakses sebuah situs atau saat ingin terhubung dengan internet lewat Wifi, khususnya pengguna Indihome sudah tidak asing lagi dengan RTO Indihome, karena sering kali wifi dari layanan Indihome ini mengalami request time out.

Namun kalian tau tidak arti dari request time out itu apa? Dan cara mengatasi request time out itu bagaimana? Nah sebelum saya bahas soal itu, jika kalian pengguna operator Smartfren dan sering kali lemot, kalian bisa baca cara mengatasi Smartfren Lemot dan Lambat tidak mau jalan.

RTO atau Request Time Out adalah ketikan komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari client setelah jangka waktu yang lama. Jadi jika kalian mengakses sebuah website dan saat ingin terhubung dengan wifi malah RTO, berarti server tidak merespon permintaan dari koneksi kita baik koneksi internet kita saat ingin mengakses sitsu ataupun saat ingin terhubung ke jaringan wifi.

Penyebab Request Time Out:

  1. Bandwith sudah penuh, ini terjadi jika kita mengakses sebuah situs atau website
  2. Kualitas jaringan kita kurang bagus, jadi request time out
  3. Traffic website sedang tinggi
  4. Koneksi IP terputus

Cara Mengatasi Request Time Out:

  1. Cek kembali alamt IP yang dituju
  2. Cek kembali apakah pemasangan kabel dari rangkaian Router terpasang dengan benar
  3. Reboot atau Restart Router

Selain itu ada beberapa istilah lain selain Request Time Out yaitu:

Ping (Packet Internet Gopher) yang merupakan sebuah program untuk mengecek respon antara client dan server yang dituju.

Destination Host Unreachable (DHU) adalah tidak meresponnya host ketika perintah PING serta DHU ini bisa terjadi ketika host, port, jaringan atau komputer tertentu tidak dapat dijangkau.

Reply adalah program untuk pengecekan komunikasi antar komputer dalam satu jaringan melalui protokol TCP/IP.

TTL adalah nilai waktu dalam paket yang dikirim melalui TCP/IP berbasis jaringan yang memberitahu penerima untuk mengetahui beberapa lama waktu untuk terus menggunakan paket data.


EmoticonEmoticon