Tips Verifikasi Identitas atau KYC Secara Online Supaya Tidak Ditolak

Tips Verifikasi Identitas atau KYC Secara Online Supaya Tidak Ditolak

KEPOINDONESIA.id - Sekarang ini verifikasi identitas sangatlah penting bagi para pekerja yang bekerja secara online. Baik para pelaku usaha biasa, toko online, Freelancer serta Publisher dan Creator Video. Karena dengan verifikasi identitas kita menyatakan bahwa akun kita itu merupakan akun asli kita berdasarkan identitas resmi dari Pemerintah.

Verifikasi Identitas sendiri berfungsi untuk mencegah kecurangan seperti 1 orang memiliki lebih dari 1 akun dan 1 metode pembayaran. Selain itu verifikasi identitas atau yang sering disebut verif ID juga berfungsi untuk pengambilan uang atau penghasilan yang telah kita dapat dari bekerja secara online.

Sudah banyak sekarang ini yang sudah menerapkan verif ID atau KYC (Know Your Customer) yang berarti ketahui customer atau pelanggan kalian. Contoh marketplace yang membutuhkan KYC yaitu Bukalapak dan Shoope, untuk aplikasi pembayaran yang membutuhkan verif identitas yaitu OVO, Dana, dan Go-jek pun butuh yang namanya verif Identitas.

Jika kalian pemburu Uang Digital/Cryptocurrency seperti Bitcoin kalian pasti sudah tidak asing lagi yang namanya KYC, karena biasanya KYC digunakan saat ikut serta Bounty atau Airdrop. Dan juga jika membuka rekening Bank secara Online seperti Jenius dan DigiBank kalian juga perlu yang namanya KYC.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa tips supaya verifikasi identitas lolos atau disetujui. Namun sebelum lanjut ke tips nya kalian bisa baca lama proses upgrade akun iSaku serta cara mengatasi upgrade akun LinkAja ke premium gagal

Dokumen Yang Diperlukan Untuk Verifikasi Identitas


1. Foto KTP/SIM/Passport bagian depan saja

2. Foto KTP/SIM bolak balik

2. Foto KTP/SIM/Passport dan swafoto baik dengan atau tanpa kartu identitas

Namun masih sering orang yang gagal saat verifikasi identitas dengan cara foto identitas. Seperti hasil foto yang kurang jelas serta hasil foto yang terpotong seperti pada kasus verifikasi identitas Google Adsense. 

Banyak yang gagal saat verifikasi Identitas Google Adsense karena foto yang dikirimkan kurang jelas. Padahal cara verifikasi identitas tergolong gampang dan mudah. Banyak yang mempertanyakan maksud dari kata jelas itu bagaimana? 

Harusnya jika memang di cek oleh manusia bukan robot, walaupun kurang jelas saat kondisi asli mungkin tetap kelihatan jika foto di zoom. Namun nyatanya masih banyak yang gagal, tidak hanya saat verifikasi Adsense saja, saya banyak melihat saat verifikasi OVO dan Go-jek serta event Blockchain kemarin yang gratis $25 XLM juga mengalami kesulitan saat KYC.

Tips Verifikasi Identitas Secara Online


1. Foto Jelas dan Tidak Blur atau Buram


Maksudnya hasil foto tulisannya tidak sedikit blur atau terdapat bayangan. Banyak orang yang saat melakukan take foto tangan goyang yang akan menghasilkan foto yang agak blur atau berbayang.

2. Tulisan Terlihat dan Dapat Dibaca


Ini merupakan hasil foto yang sempurna, perlu resolusi kamera yang besar untuk menghasilkan foto yang jelas tanpa di zoom serta tidak goyang saat mengfotonya.

3. Minimal Tulisan Terbaca Saat di Zoom


Setidaknya saat verifikasi identitas dengan foto KTP atau SIM, foto dapat terlihat nama dan no. identitas jika di zoom agar dapat disetujui. Karena jika tidak terlihat maka akan ditolak.

4. Foto Tidak Terpotong


Kebanyakan orang fokus ke pengambilan foto yang jelas tanpa memperhatikan ukuran benda yang difoto. Usahakan hasilnya jelas dan foto KTP atau SIM pas berbentuk persegi panjang.

Itulah arti jelas menurut saya, yang penting saat kondisi di zoom setidaknya tulisan bisa dibaca dengan jelas. Jika kalian ingin verif di Indodax untuk trading, verifikasi identitasnya agak repot. Tidak hanya foto identitas sama selfie saja, kalian perlu menulis nama dan lainnya di kertas untuk di foto bersama identitas serta wajah kalian.

Google Adsense sendiri memiliki verifikasi yang dibatasi, baik verifikasi Identitas dan verifikasi PIN atau alamat. Jadi jangan sampai 2 atau 3 kali, lebih baik sekali langsung bisa. Namun untuk verifikasi PIN Google Adsense memang perlu keberuntungan, berbeda dengan verifikasi idetitasnya. Serta ada update review site Google Adsense membuat Adsense sedikit lebih sulit.


EmoticonEmoticon