Rabu, 26 Desember 2018

Verifikasi Identitas/KYC Google Adsense, OVO, Go-jek, Akulaku, Kredivo, Bukalapak, dan Indodax Yang Benar


KEPOINDONESIA.id - Sekarang ini verifikasi Identitas sangatlah penting bagi para pekerja yang bekerja secara online, baik para pelaku usaha biasa, toko online, Freelance serta Publisher dan Creator Video. Karena dengan verifikasi Identitas kita menyatakan bahwa akun kita itu merupakan akun asli kita bedasarkan Identitas resmi dari Pemerintah.

Verifikasi Identitas sendiri berfungsi untuk mencegah kecurangan seperti 1 orang memiliki lebih dari 1 akun dan 1 metode pembayaran, selain itu verifikasi Identitas atau yang disebut verid ID juga berfungsi untuk pengambilan uang atau pernghasilan yang telah kita dapat dari bekerja secara online.

Sudah banyak sekarang ini yang sudah menerapkan verid ID atau KYC (Know Your Customer) yang berarti ketahui costumer atau pelanggan anda. Untuk Marketplace jualan online yang membutuhkan KYC yaitu seperti Bukalapak dan Shoope, untuk aplikasi pembayaran yang membutuhkan verif Identitas yaitu OVO, Dana, dan Go-jek pun butuh yang namanya verif Identitas.

Jika kalian pemburu Uang Digital/Cryptocurrency seperti Bitcoin kalian pasti sudah tidak asing lagi yang namanya KYC, karena biasanya KYC digunakan saat ikut serta Bounty atau Airdrop. Dan juga jika membuka rekening Bank secara Online seperti Jenius dan DigiBank kalian juga perlu yang namnya KYC, atau pinjaman online seperti Akulaku dan Kredivo juga memerluikan yang namanya verifikasi Identitas diri atau KYC.

Verifikasi Identitas atau KYC biasanya berupa:

1. Foto KTP/SIM/Passport bagian depan saja

2. Foto KTP/SIM bolak balik

2. Foto KTP/SIM/Passport dan swafoto atau foto selfie baik atau tanpa Identitas

Namun masih sering orang yang gagal saat verifikasi Identitas dengan cara foto Identitas ini, seperti hasil foto yang kurang jelas serta hasil foto yang terpotong seperti pada kasus verifikasi Identitas Adsense. Banyak yang gagal saat verifikasi Identitas Goggle Adsense karena foto yang dikirimkan kurang jelas. Padahal cara verifikasi Identitas tergolong gampang dan mudah.

Banyak yang mempertanyakan maksut dari jelas itu bagaimana? Harusnya jika memang di cek oleh Manusia bukan Robot, walaupun kurang jelas saat kondisi asli mungkin tetap keliatan jika foto di zoom. Namun nyatanya masih banyak yang gagal, tidak hanya saat verifikasi Adsense saja, saya banyak melihat saat verifikasi OVO dan Go-jek serta event Blockchain kemarin yang gratis $25 XLM juga mengalami kesulitan saat KYC.

Dari pengalaman saya, berikut makna jelas saat verifikasi Identitas secara online

1.Dalam kondisi tidak di zoom, foto dapat atau tidak dapat dibaca tanpa blur
Maksutnya, hasil foto tulisannya tidak sedikit blur atau terdapat bayangan. Banyak orang yang saat mengfoto tangan goyang yang akan menghasilkan foto yang agak blur atau berbayang.

2. Dalam kondiri tidak di zoom tulisan dapat terbaca dengan jelas
Ini merupakan hasil foto yang sempurna, perlu resolusi kamera yang besar untuk menghasilkan foto yang jelas tanpa dizoom serta tidak goyang saat mengfotonya.

3. Dalam kondisi tidak di zoom foto agak sulit dibaca, tetapi dapat dibaca saat di zoom
Setidaknya saat verifikasi Identitas foto KTP/SIM kalian dapat terlihat nama dan no Identitas jika di zoom agar dapat disetujui. Karena jika tidak terlihat maka akan ditolak.

4. Foto jelas dan tidak terpotong
Kebanyak orang fokus ke pengambilan foto yang jelas tanpa memperhatikan ukuran benda yang difoto. Usahakan hasilnya jelas dan foto KTP atau SIM pas berbentuk persegi panjang.

Itulah arti jelas menurut saya, yang penting saat kondisi di zoom setidaknya tulisan bisa dibaca dengan jelas. Jika kalian ingin verif di Indodax untuk trading, verifikasi Identitasnya agak repot. Tidak hanya foto Identitas sama selfie saja, kita perlu menulis nama dll di kertas untuk di foto bersama identitas serta wajah kalian.

Google Adsense sendiri memiliki verifikasi yang dibatasi, baik verifikasi Identitas dan verifikasi PIN atau alamat. Jadi jangan sampai 2 atau 3 kali, lebih baik sekali langsung bisa, namun untuk verifikasi PIN Google Adsense memang perlu keberuntungan, berbeda dengan verifikasi Idetitasnya. Serta ada update review site Google Adsense membuat Adsense sedikit lebih sulit.


EmoticonEmoticon