Selasa, 20 November 2018

Daftar Umbul Mata Air Yang Wajib di Kunjungi di Klaten

Umbul Kapilaler

KEPOINDONESIA.id - Berlibur merupakan hal yang menyenangkan bagi semua orang. Namun biasanya wisata yang bagus terletak jauh dari tempat tinggal kita, kalaupun dekat pasti harga tiket masuk ke tempat wisata tersebut pun tidaklah murah. Namun bagi masyarakat Jawa Tengah, terutama warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sekitarnya tidak usah cemas, karena banyak tempat wisata yang tersedia.

Ada Candi Prambanan di Klaten yang sudah sangat terkenal di Indonesia, tak terkecuali di kancah Internasional. Selain Candi Prambanan, Klaten pun banyak menyimpan tempat wisata Umbul(Sumber mata air) yang masih terjaga nan indah. Klaten sendiri memiliki julukan sebagai “Nagari Seribu Oemboel” atau Negeri Seribu Mata Air.

Memang di Klaten sangatlah banyak Umbul-umbul yang bagus dan masih alami, bisa dibilang sangat terawat. Banyak juga para wisatawan yang mencoba meng explorer wisata Umbul di Klaten dari Umbul yang satu ke Umbul yang lainnya. Untuk itu, berikut 8 Umbul yang patut di kunjungi jika ingin mencoba suasana Umbul di Klaten, selain kisah sejarah- sejarah yang panjang, Klaten pun banyak meyimpan pesona alam yang indah.

1. Umbul Gedaren


Umbul Gedaren

Nama Umbul Gendaren berasal dari kisah masyarakat sekitar tentang seseorang danyang desa yang bernama Dewi Siti Sundari alias Gendari. Konon, danyang Gendari itu bersemayam di umbul wedok di Gedaren. Jadi terdapat Mitos jika siapa pun yang mandi di umbul Gedaren akan terlihat lebih cantik dan lebih awet muda. Di Umbul Gendaren ini juga terdapat batu hitam sebagai penanda jika Raja Pakubuwono X pernah semedi di sini

Umbul Gedaren terdiri dari dua bagian, yakni Umbul Wedok dan Umbul Lanang. Semua sumber mata air dikedua umbul tersebut mengalir dengan deras dan memiliki air yang sangat jernih dan sangatlah menyegarkan.

Lokasi Umbul Gedaren: Desa Gedaren, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

2. Umbul Pluneng


Umbul Pluneng

Nama Umbul Pluneng diambil dari suatu kalimat yaitu “nyemplung seneng” atau dalam Bahasa Indonesia berarti terjun langsung senang. Ditempat ini sebetulnya memiliki dua sumber mata air yang dijadikan objek wisata, yaitu pemandian Tirto Mulyono yang lebih identik dengan kolam untuk para laki-laki dan Tirto Mulyani yang lebih identik dengan kaum wanita. Namun sekarang ini wisatawan lebih memilih untuk berenang di Kolam Tirto Mulyono.

Jika dibandingkan dengan wisata umbul atau sumber mata air lainnya, di tempat wisata Umbul Pluneng ini sering dijadikan tempat untuk ritual-ritual kungkum atau berendam. Bagi masyarakat setempat, ritual tersebut dipercaya sebagai sarana yang bisa membantu seseorang mewujudkan keinginannya.

Tetapi terlepas dari itu semua memang tempat wisata Umbul Pluneng ini memiliki kolam yang cukup luas dan memiliki sumber mata air yang sangatlah jernih sehingga cocok sekali untuk menghabiskan waktu untuk sekedar berlibur atau merilekskan badan.

Lokasi Umbul Pluneng: Desa Pluneng kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

3. Umbul Nilo


Umbul Nilo

Wisata Umbul Nilo ini memiliki ukuran kolam yang kecil, tetapi tidak akan menguranggi keindahan wisata bawah airnya. Di Lokasi sekitar wisata Umbul nilo ini terdapat sejumlah pohon Ipik yaitu salah satujenis pohon yang menyerupai pohon beringin. Kolam alami dari wisata Umbul Nilo ini memiliki dasaran yang berupa bebatuan dengan air yang begitu jernih sehingga dasar kolam terlihat sangat jelas yang menjadikan Umbul Nilo sangat nyaman untuk berenang serta kesegaran airnya akan terasa langsung tubuh kita.

Lokasi Umbul Nilo: Dusun Margosuka, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

4. Umbul Manten


Umbul Manten

Nama Umbul manten ini diambil dari cerita rakyat mayarakat setempat mengenai adanya sepasang pengantin yang melanggar suatu larangan, yang kemudian hilang di dekat lokasi sumber mata air ini, dan jadilah mata air yang bernama Umbul Manten. Manten dalam bahasa jawa memilki sebuah arti Pengantin.

Wisata Umbul Manten memiliki sumber mata air yang selalu mengalir serta airnya yang jernih, dan tidak pernah mengenal musim sehingga membuat wisata Umbul Manten dijadikan salah satu destinasi wisata mata air unggulan di Klaten.

Lokasi Umbul Manten: Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

5. Umbul Cokro Tulung


Umbul Cokro Tulung

Objek Mata Air Cokro (OMAC) juga seringkali menjadi pilihan para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan atau weekend di salah satu objek wisata di Klaten. Wisata Objek Mata Air Cokro merupakan sebuah objek wisata kolam renang atau waterpark yang menawarkan banyak pilihan permainan air yang sangat menarik. Selain itu tempat ini lokasinya juga sangat mudah dijangkau karena masih terletak di dekat Umbul Ponggok. Fasilitas yang adapun cukup lengkap, seperti salah satunya adalah waterboom.

Lokasi Objek Wisata Mata Air Cakra: Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

6. Umbul Sigedang


Umbul Sigedang

Wisata Umbul Sigedang merupakan salah umbul atau sumber mata air di Klaten yang digunakan oleh salah satu perusahaan besar air mineral ternama di Indonesia. Tetapi tempat ini juga masih digunakan sebagai tempat berwisata. Pengelola selalu menjaga kemurnian air di mata air ini dengan baik, dan dengan adanya larangan bagi pengunjung atau wisatawan yang sedang berenang untuk tidak menggunakan sabun atau bahan kimia lainnya didalam kolam tersebut. Meski ramai digunakan oleh pengunjung untuk berendam, air ini selalu terjaga kesegarannya karena air di Wisata Umbul Sigedang mengalir sangat deras sehingga air tidak hanya berputar di sekitaran kolam saja.

Lokasi Umbul Sigedang: Dusun Umbulsari, Kelurahan Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

7. Umbul Kapilaler


Umbul Kapilaler

Wisata Umbul Kapilaler merupakan suatu umbul yang tidak terlalu besar, namun airnya sangatlah jernih dengan dasarnya yang berupa batuan dan tanah. Umbul Kapipaler serasa sangat indah karena di dalam umbul juga berada beberapa jenis ikan yang dapat membuat suasana menjadi semakin alami. Wisata Umbul Kapilaler ini juga memilliki letak yang sangat unik yaitu berada di bawah pohon beringin yang besar dan rindang yang akan menambah suasana menjadi menyejukan.

Lokasi Umbul Kapilaler: Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

8. Umbul Ponggok


Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan salah satu spot snorkeling yang paling direkomendasikan di pulau Jawa. Biasanya snorkeling dilakukan dipantai, namun kali ini snorkeling bisajuga dilakukan di Umbul Ponggok ini. Sekilas mungkin Umbul Ponggok ini terlihat seperti kolam yang biasa-biasa saja. Tetapi jika kalian menyelam, pemandangan bawah airnya yang jernih serta aneka ikan warna-warni pastinya akan membuat kalian terpesona. Selain itu di Umbul Ponggok ini pengunjung juga ditawarkan berfoto di dalam air dengan berbagai objek yang tersedia, seperti tv, sepeda, dan masih banyak lagi.

Lokasi Umbul Ponggok: Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Itulah beberapa Umbul yang wajib kalian kunjungi dan semoga nanti banyak umbul-umbul baru yang bermunculan di Klaten. Selain Umbul Klaten pun banyak tempat wisata lainnya seperti: Taman Lampion Klaten, Candi Plaosan, Candi Sewu dan Candi Lumbung, serta Museum Gula Gondang Winangoen Klaten.


EmoticonEmoticon