Wajib Punya Baju Bedug Saat Idul Fitri, Apasih Maksudnya

Wajib Punya Baju Bedug Saat Idul Fitri, Apasih Maksudnya

KEPOINDONESIA.id - Menjelang hari raya idul fitri banyak sekali yang menginginkan baju bedug mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, sampai orang tua. Bisa dikatakan istilah baju bedug ini pasti populer saat menjelang lebaran.

Nah yang menjadi pertanyaan ialah apa arti dari baju bedug itu? apakah pakaian atau lebih tepatnya baju dengan gambar bedug? tentu saja bukan. Bukan hal yang seperti itu dan baju bedug sendiri bukanlah sebuah baju.

Baju bedug sendiri memang agak asing terdengar, hanya beberapa kalangan orang saja yang tau dan menggunakan istilah ini. Oleh karena itu supaya kalian tau kali ini saya akan membahas mengenai apa itu baju bedug.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan lainnya yang sebelumnya sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan nyuwun pangapunten dan nyuwun sewu serta apa itu nyimak mawon di grup WhatsApp.

Begini, baju bedug bukan berarti baju yang ada gambar bedugnya karena ini hanya istilah. Seperti yang kalian tau saat lebaran sudah menjadi kebiasaan untuk mengenakan pakaian yang benar-benar baru.

Nah pakaian baru yang baru ingin digunakan saat lebaran inilah yang disebut dengan baju bedug, baju yang benar-benar baru untuk digunakan saat hari raya idul fitri. Lalu kenapa disebut dengan baju bedug?.

Untuk saya sendiri kurang tau pasti. Tetapi kemungkinan besar ada hubungannya dengan solat idul fitri. Karena di masjid pasti ada yang namanya bedug dan bedug sudah menjadi simbol idul fitri sama seperti ketupat.

Kesimpulannya baju bedug bukanlah baju yang bergambar bedug melainkan baju baru yang benar-benar baru untuk digunakan saat hari raya idul fitri. Apa harus mengenakan baju baru? saya kira tidak harus.

Baju lama pun tidak masalah karena yang terpenting kita saling memanfaatkan. Tetapi entah kenapa masih banyak yang harus membeli baju baru. Apabila ada uangnya sebenarnya tidak masalah tetapi jika tidak ada uangnya jangan dipaksa.

Sekian pembahasan dari saya mengenai baju bedug. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai apa yang dimaksud dengan puasa bedug dan puasa manuk podang. Ada yang belum tau? jika belum tau kalian bisa baca pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon