Arti Dari Nyuwun Sewu dan dan Nyuwun Pangapunten Dalam Bahasa Jawa

Arti Dari Nyuwun Sewu dan dan Nyuwun Pangapunten Dalam Bahasa Jawa

KEPOINDONESIA.id - Kalimat "Nyuwun sewu" mungkin sudah tidak asing bagi kalian yang tinggal di Jawa atau sudah beberapa bulan di Jawa. Tetapi bagi kalian yang baru beberapa hari mungkin akan bingung jika ada yang berkata nyuwun sewu secara tiba-tiba.

Benar sekali nyuwun sewu memang paling sering diucapkan secara tiba-tiba. Bagi yang sudah tau artinya pasti sudah paham dan tidak mempermasalahkannya. Tetapi yang tidak tau artinya pasti bingung dan ingin dijawab apa.

Selain nyuwun sewu ada juga yang namanya "Nyuwun Pangapunten". Tidak seperti nyuwun sewu yang memang umum digunakan, nyuwun pangapunten hanya diucapkan pada saat tertentu saja.

Untuk tau apa arti dari nyuwun sewu dan nyuwun pangapunten kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian harus tau apa arti kata legeg serta apa yang dimaksud dengan jual atau beli barang secara borongan.

Nyuwun Sewu Dalam Bahasa Jawa


Nyuwun Sewu sendiri memiliki arti permisi, jadi orang Jawa saat ingin melewati beberapa orang tidak mengatakan permisi melainkan nyuwun sewu. Khususnya jika orang-orang tadi lebih tua.

Tidak hanya mengatakan nyuwun sewu, biasanya juga bersamaan dengan postur tubuh yang dibungkukan yang merupakan adab orang Jawa. Jadi nyuwun sewu adalah permisi dan bukan meminta uang seribu.

Nyuwun Pangapunten Dalam Bahasa Jawa


Sedangkan Nyuwun Pangapunten artinya meminta maaf. Walaupun tidak salah biasanya orang Jawa akan meminta maaf dengan mengatakan nyuwun pangapunten karena tidak bisa membantu atau tidak bisa hadir ke sebuah acara.

Jika tidak mengatakan nyuwun pangapunten biasanya disingkat menjadi "Ngapunten". Selain nyuwun pangapunten atau juga Nyuwun Pangapura yang sama-sama artinya yaitu untuk meminta maaf.

Kesimpulannya antara Nyuwun Pangapunten dan Nyuwun Sewu memiliki arti yang berbeda. Mungkin yang sama arti Nyuwun karena nyuwun sendiri memiliki arti meminta. Jadi jika kalian ingin meminta sesuatu katakan saja nyuwun.

Kalian yang warga kota dan sering lebaran di Jawa mungkin akan sering mendengar bahasa yang asing kalian dengar. Walaupun begitu orang Jawa tetap paham Bahasa Indonesia jadi jika kalian berbicara dengan Bahasa Indonesia mereka tetap paham.

Sekian pembahasan dari saya mengenai nyuwun pangapunten dan nyuwun sewu. Sekian pembahasan dari saya dan sebelum saya akhiri jika kalian tidak tau apa itu bedes kalian bisa baca artikel mengenai arti bedes dalam Bahasa Jawa.


EmoticonEmoticon