Macam-Macam Puasa, Puasa Manuk Podang, Puasa Bedug, dan Puasa Lainnya

Macam-Macam Puasa, Puasa Manuk Podang, Puasa Bedug, dan Puasa Lainnya

KEPOINDONESIA.id - Selama berpuasa kita akan menahan rasa lapar dan haus serta hal-hal yang bisa membatalkan puasa kita dari Imsak sampai waktunya berbuka. Bagi umat muslim, hukum berpuasa saat bulan Ramadhan ialah wajib.

Namun masih banyak orang yang seharusnya berpuasa seperti yang lainnya, malah tidak berpuasa. Ada yang memang tidak niat berpuasa dari awal, ada yang membatalkan puasa saat pagi hari karena alasan tertentu dan banyak juga yang sudah berpuasa setengah hari malah mokah karena sudah tidak tahan.

Karena banyak alasan tertentu untuk tidak berpuasa baik anak kecil atau orang dewasa, di masyarakat muncullah jenis puasa-puasa yang dibagi menurut kapan mereka membatalkan puasa.

Jika kalian tinggal di wilayah yang pada penduduk dan saling hidup rukun antara tetangga yang satu dengan tetangga yang lain, pasti kalian akan sering mendengar istilah-istilah puasa ini pada bulan puasa nantinya.

Namun sebelum kita lanjut ke macam jenis puasanya, kalian bisa baca artikel menarik lainnya. Seperti penjelasan mengenai kata cringe dan arti pembeli CLBK di internet. Berikut jenis-jenis puasa plesetan bagi orang yang tidak berpuasa.

Poso Manuk Podang


Yang pertama dan yang paling populer di masyarakat ialah puasa manuk podang. Puasa manuk podang artinya isuk-isuk uwis madang. Jika di artikan ke bahasa Indonesia memiliki arti pagi-pagi sudah makan, padahal yang lainnya sedang berpuasa.

Poso Bedug


Untuk poso bedug/puasa bedug ini lebih ke latihan untuk anak kecil, namun terkadang ada juga orang dewasa yang melakukannya. Jadi poso bedug ini puasa selama setengah hari. Jam 12 siang makan untuk menambah stamina dan puasa lagi sampai waktunya berbuka nanti.

Metode ini sangat cocok untuk anak kecil yang ingin berlatih berpuasa. Karena untuk anak kecil sangat susah puasa full satu hari. Dari pada tidak berpuasa, lebih baik anak kita dilatih untuk berpuasa setengah hari saja atau lebih dikenal dengan puasa bedug.

Poso Pahlawan


Untuk yang satu ini hampir sama seperti poso bedug, namun niatnya yang berbeda. Poso Pahlawan ini bisa dibilang orang yang berpuasa berniat untuk membatalkan puasa atau mokah atau mokel siang hari dan tidak memiliki niat untuk berpuasa sama sekali.

Poso Godhong Pring


Posong Godhong Pring ini memiliki arti esuk-esuk nyonggo piring. Jika tidak tau artinya, artinya dalam bahasa Indonesia ialah pagi-pagi sudah pegang piring, dengan tujuan untuk makan. Jadi jika ada orang pagi-pagi udah bawa piring mau makan padahal yang lainnya berpuasa, bisa dibilang orang tersebut poso godhong pring.

Nah itu dia macam-macam puasa bagi orang yang tidak berpuasa secara penuh selama 1 hari penuh. Namun saya sarankan, jika kita tau bahwa orang tersebut tidak berpuasa, pura-puralah kita tidak tau dan anggap saja orang tersebut sedang berpuasa itu malah lebih baik.


EmoticonEmoticon