Tips Supaya Betah dan Tidak Stres Jika Tinggal Bersama Mertua

Permasalahan tentang mertua sangat sering menjadi masalah para kaum hawa khususnya yang sudah menjadi istri. Entah kenapa mereka ingin dengan anaknya tetapi tidak dengan orang tuanya.  Mantu perempuan dan ibu mertua entah kenapa menjadi masalah klasik sampai saat ini. Padahal mereka sadar bahwa mertua menjadi orang tua kedua mereka jika mereka sudah menikah. Ada apa dengan mertua?

KEPOINDONESIA.id - Permasalahan tentang mertua sangat sering menjadi masalah para kaum hawa khususnya yang sudah menjadi istri. Entah kenapa mereka ingin dengan anaknya tetapi tidak dengan orang tuanya.

Mantu perempuan dan ibu mertua entah kenapa menjadi masalah klasik sampai saat ini. Padahal mereka sadar bahwa mertua menjadi orang tua kedua mereka jika mereka sudah menikah. Ada apa dengan mertua?

Saya rasa tidak ada yang salah, hanya saja kalian para istri menganggap mertua adalah hal yang menyeramkan. Selain itu banyak yang tidak sadar bahkan melupakan bahwa dirinya besok akan menjadi mertua jika anaknya sudah menikah.

Apa ada cara supaya hidup damai dan nyaman dengan ibu mertua? Hidup damai dan tentram tidak bisa dilakukan seorang diri. Harus ada rasa saling menghargai dan mengerti. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai tips supaya tidak terbebani oleh mertua.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan Cilor, Cimol, dan Cireng serta tips mengatasi kran menetes terus.

Tips Betah Tinggal Bersama Mertua


1. Ubah Pola Pikir Tentang Mertua


Sebelum kalian para istri menolak mentah-mentah untuk tinggal bersama mertua, apakah kalian sadar dan tau bahwa kedepannya kalian juga akan menjadi mertua. Bagaimana perasaan kalian jika mantu kalian enggan bersama kalian?

Saya yakin banyak para istri yang tidak sadar tentang hal ini. Oleh karena itu kalian harus menerima apa adanya orang tua dari suami. Untuk urusan sifat dan sikap bisa kalian abaikan terlebih dahulu.

2. Cobalah Untuk Akrab


Karena kemungkinan besar akan menjadi ibu mertua kalian terus dan sebagai orang tua kedua kalian, para istri wajib menganggap mertua mereka sebagai orang tua mereka juga. Cobalah akrab dan saling mengobrol.

Misalnya mertua akan tinggal cukup lama atau selamanya, kalian bisa saling berbagi tugas rumah. Jangan sampai ada miskomunikasi yang bisa menyebabkan kegaduhan. Selain itu saling mengingatkan adalah pilihan yang tepat.

3. Ingat Batasan dan Jangan Terlalu Ikut Campur


Karena pemikiran orang tua sedikit berbeda, memberi saran lebih baik dari pada mematahkan pendapat mertua kalian. Sebagai istri kalian bisa memberi saran pada suami supaya hal yang tidak benar tidak perlu dilakukan.

4. Anak dan Orang Tua Satu Paket


Benar sekali, seharusnya jika kalian suka dan sayang dengan anaknya kalian juga harus suka dan sayang dengan orang tuanya. Jangan hanya suka dan mau dengan anaknya tetapi tidak suka dengan orang tuanya.

Permasalahan menantu dan ibu mertua memang tiada habisnya. Hal ini bisa terjadi karena rata-rata tidak memikirkan orang tua pasangan sebelum menikah. Padahal selain pasangan, orang tua pasangan juga menjadi patokan tersendiri.

Itu dia sedikit penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi kalian. Tidak tau apa yang dimaksud dengan Weekend dan Weekday? kalian bisa baca artikel tentang apa Weekday dan apa itu Weekend.


EmoticonEmoticon