5 Cara Membuat Supaya HP Suhu Tetap Dingin Saat Dicas

5 Cara Membuat Supaya HP Suhu Tetap Dingin Saat Dicas

KEPOINDONESIA.id - Saat dicas atau diisi daya rata-rata perangkat elektronik akan naik suhunya menjadi hangat atau panas. Ini tidak bisa dihindari karena memang proses pengisian daya akan menimbulkan suhu panas dan sebenarnya wajar saja.

Semakin cepat proses pengisian daya perangkat akan semakin panas. Mulai dari smartband, HP atau smartphone, senter, laptop, dan lain sebagainya. Jadi sebenarnya kalian tidak perlu cemas dan khawatir.

Tetapi jika kalian ingin proses pengisian daya menjadi lebih dingin dan tidak panas ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Dengan selalu menjaga suhu baterai saat proses pengisian atau cas tidak terlalu panas akan memperpanjang umur baterai.

Untuk tau bagaimana cara isi daya, charger, atau cas supaya tidak panas dan tetap dingin kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian harus tau antara baterai 2 cell dan baterai 3 cell serta apa yang disebut dengan waktu telepon siaga atau siaga seluler.

Gunakan Adaptor Yang Lebih Lambat


Cara pertama yang dijamin pasti berhasil yaitu gunakan adaptor yang lebih lambat. Sebagai contoh awalnya menggunakan 33W kalian bisa gunakan 18W. Atau yang awalnya 18W bisa gunakan 10W. Tetapi semakin kecil maka proses pengisiannya akan semakin lama.

Charger HP Saat Pagi Hari


Karena pagi hari suhunya masih tergolong dingin atau rendah jadi HP kalian tidak akan terlalu panas. Bahwa jika pagi buta seperti jam 4 pagi atau jam 5 pagi HP benar-benar tetap dingin dan tidak akan panas, mungkin hanya hangat sedikit.

Letakkan HP Diatas Lantai


Yang berikutnya kalian bisa letakkan HP diatas lantai. Cara ini bisa kalian lakukan apabila kalian tetap ingin menggunakan adaptor fast charging yang lebih cepat tetapi tidak mau HP nya terlalu panas supaya baterai tetap awet.

Matikan Data Seluler dan Wifi


Apabila kalian cas HP saat data seluler dan koneksi wifi aktif maka HP akan jadi lebih panas. Koneksi lainnya seperti bluetooth dan layanan lokasi juga wajib kalian nonaktifkan supaya perangkat tidak menjadi lebih panas.

Charger HP Saat Sudah Dingin


Dan terakhir jika baru saja kalian gunakan untuk bermain game dan masih panas lebih baik kalian diamkan terlebih dahulu sampai HP benar-benar dingin atau suhu normal. Setelah itu barulah kalian hubungkan ke charger dan stop kontak.

Kalian bisa buat HP tetap dingin saat sedang dicas dengan apa yang sudah saya sebutkan diatas. Dengan menjaga HP tidak terlalu panas saat diisi daya maka baterai akan lebih awet lagi dan tidak mudah drop.

Bagaimana jika HP tetap panas saat dicas? tidak masalah ini wajar terjadi. Yang terpenting kalian tidak menggunakan HP tadi saat sedang dicas karena hanya akan menimbulkan efek buruk pada HP yang kalian miliki.

Sekian pembahasan dari saya mengenai cas supaya HP tidak panas dan tetap dingin saat dicas. Sebelum saya akhiri jika kalian ingin ganti baterai laptop kalian harus tau berapa harganya apakah murah atau malah mahal.


EmoticonEmoticon