Pengertian Baterai 1 Cell, 2 Cell, dan 3 Cell di Laptop dan Notebook

Pengertian Baterai 1 Cell, 2 Cell, dan 3 Cell di Laptop dan Notebook

KEPOINDONESIA.id - Baterai 1 cell, baterai 2 cell, dan baterai 3 cell mungkin sering kalian jumpai saat membahas sebuah laptop. Khususnya jika kalian sering melihat review laptop di YouTube pasti sudah tidak asing lagi dengan kalimat tersebut.

Yang menjadi pertanyaan apa sebenarnya dari dari 1 cell, 2 cell, dan 3 cell ini. Karena baterai ya sebuah baterai dan apa sebenarnya sebutan dari cell. Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai.

Akan saya bahas mengenai apa itu cell dalam baterai laptop serta akan saya bahas mengenai 1 cell, 2 cell, dan 3 cell. Karena dengan kapasitas mAh atau WH yang sama terkadang baterai laptop ada yang 2 cell dan 3 cell.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel lainnya yang sudah pernah saya bahas mengenai laptop. Seperti cara mengatasi baterai laptop Acer jika di charging mentok di 80% serta fungsi yang sebenarnya antara Sleep dan Hibernate.

Arti Cell Dalam Dalam Baterai Laptop


Cell disini merujuk pada jumlah baterai yang digunakan. Karena untuk baterai laptop yang sudah menggunakan baterai tanam memungkinkan menggunakan baterai lebih dari 1. Ada alasan tersendiri kenapa baterainya bisa lebih dari 1. 

Alasan paling memungkinkan yaitu karena ruang yang ada di dalam laptop. Sebagai contoh jika baterai dengan ukuran besar diletakkan di posisi yang sama ada komponen yang seharusnya di bagian tersebut tidak bisa ditambahkan. Oleh karena itu baterai di pisah dan menjadi beberapa.

Arti Baterai 1 Cell, 2 Cell, dan 3 Cell


Sebagai contoh saya ada baterai laptop dengan kapasitas 4000 mAh. Jika baterai 4000 mAh tadi merupakan baterai 1 cell maka ada 1 baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Sedangkan jika baterai 2 cell maka ada 2 baterai dengan kapasitas masing-masing 2000 mAh.

Bagaimana dengan baterai 3 cell? yaitu ada 3 baterai dan 4000 mAh tadi dibagi 3 maka setiap baterai atau cell memiliki kapasitas sekitar 1333 mAh. Singkatnya cell merujuk pada jumlah baterai yang digunakan bukan pada kapasitasnya.

Apakah Beda Cell Daya Tahannya Berbeda?


Jika kapasitas total mAh dan WH nya sama saya kira sama saja. Jadi jika kalian bertanya kapasitas baterai laptop 2 cell dengan 3 cell dengan kapasitas yang sama mana yang lebih awet jawabannya sama saja.

Kecuali jika kapasitasnya berbeda dan WH nya juga berbeda. Penggunaan daya baterai selain pada kapasitas baterai juga dipengaruhi oleh banyak faktor seperti sistem operasi, aplikasi, program yang berjalan, dan masih banyak yang lainnya.

Kesimpulannya 1 cell yaitu 1 baterai, 2 cell yaitu 2 baterai, 3 cell yaitu 3 baterai, dan misalnya ada yang 4 cell yaitu 4 baterai. Apakah jumlah cell baterai yang lebih dari 1 hanya ada pada laptop? tentu saja tidak.

Di HP sendiri juga ada yang menggunakan 2 cell alias 2 baterai yaitu pada iPhone X. Pemisahan baterai dilakukan karena baterai tidak bisa menjadi satu. Keunggulan baterai dengan jumlah cell lebih dari 1 yaitu jika drop 1 masih ada baterai lainnya walaupun kapasitasnya tetap berkurang.

Selain pembahasan dari saya mengenai jumlah cell pada baterai laptop. Sebelum saya akhiri jika kalian belum tau harga baterai laptop apakah selalu mahal atau ada yang murah kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon