4 Cara Menangkap Burung Dara Liar atau Yang Lepas

4 Cara Menangkap Burung Dara Liar atau Yang Lepas

KEPOINDONESIA.id - Burung merpati atau yang lebih dikenal dengan burung dara masih sangat banyak dipelihara di perkampungan walaupun burung ini bukan termasuk burung kicau. Sangat banyak yang memelihara dan komunitasnya termasuk besar.

Burung dara sendiri untuk memeliharanya sangat mudah dan tidak ribet. Pakan bisa menggunakan beras, pada, jagung, atau racikan sendiri. Kandangnya juga bebas disesuaikan dengan kebutuhan saja.

Salah satu hal yang lumrah saat menerbangkan burung merpati yaitu burung merpati yang nyasar dan tidak pulang. Ini sudah lumrah terjadi dan bisa kalian tangkap apabila ada burung merpati yang nyasar ke rumah kalian.

Perkaranya untuk menangkap burung merpati ini susah-usah gampang. Jadi walaupun terbang ke rumah kalian tidak akan langsung bisa ditangkap. Oleh karena itu kali ini saya akan membahas mengenai cara menangkap burung dara liar yang nyasar.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan lainnya yang sebelumnya sudah pernah saya bahas. Seperti cara mengatasi burung lovebird yang tidak berbunyi serta cara menangkap burung yang lepas dari sangkarnya.

Pancing Dengan Makanan


Apabila kalian tidak mempunyai burung dara untuk menangkap burung dara yang nyasar cukup dengan makanan dan minuman. Karena biasanya burung dara yang nyasar atau bandangan kehausan dan kelaparan, jadi silakan kalian tangkap dengan umpan makanan dan minuman.

Dengan Menggunakan Burung Dara


Yang berikutnya jika kalian juga memelihara burung dara kalian bisa gunakan burung dara yang kalian miliki sebagai umpan. Karena biasanya yang diterbangkan dan nyasar burung jantan jadi kalian bisa menggunakan burung dara betina sebagai umpan.

Tunggu Sampai Malam Hari


Yang berikutnya tunggu sampai sore hari dan biasanya burung tersebut akan masuk ke rumah walaupun rumah tersebut asing. Setelah masuk bisa kalian tangkap menggunakan tangan atau bisa tangkap menggunakan seser.

Biarkan Saja Apabila Kalian Memiliki Burung Dara


Dan yang terakhir apabila kalian memiliki burung dara yang dilepas liarkan biarkan saja burung tersebut beradaptasi dan menganggap rumah kalian rumah burung tersebut. Setelah beberapa hari baru bisa kalian tangkap jika memang ingin kalian tangkap dari awal.

Susah-susah gampang sebenarnya untuk menangkap burung dara yang nyasar atau liar yang tiba-tiba ada di rumah kalian. Yang jelas tidak bisa langsung ditangkap karena terkadang burung dara langsung terbang.

Apa boleh menangkap burung dasar yang nyasar atau burung dara bandangan orang lain? saya sendiri tidak tau pasti. Yang jelas apabila tidak ada yang menyari bisa kalian tangkap. Misalnya sudah kalian tangkap dan ada yang mencarinya lebih baik kalian kembalikan.

Dengan memastikan pastikan orang tersebut adalah pemiliknya. Sekian pembahasan dari saya dan sebelum saya akhiri kalian bisa air sumur yang berlumut saat ditampung di ember penampungan supaya tidak ada lumutnya.


EmoticonEmoticon