Ukuran Tanah 1 Petak, 1 Ru, 1 Bata, 1 Tumbak, dan 1 Kavling Yang Wajib Diketahui

Ukuran Tanah 1 Petak, 1 Ru, 1 Bata, 1 Tumbak, dan 1 Kavling Yang Wajib Diketahui

KEPOINDONESIA.id - Di daerah saya umumnya saat menjual tanah atau sawah menggunakan ukuran luas permeter. Sebagai contoh untuk tanah sawah mulai dari 50 ribu/meter sedangkan untuk tanah yang bisa digunakan untuk membangun rumah mulai dari 200 ribu/meter hingga 500 ribu/meter.

Tergantung dari lokasi tanah dan fasilitas umum yang ada di tanah tersebut. Selain dihitung permeter dalam jual beli tanah, kebun, dan sawah ada yang namanya Petak, Ru, Bata, Tumbak, dan Kavling. Dari semua yang sudah saya sebutkan mungkin kalian sudah tau apa itu Kavling.

Kavling merupakan tanah yang sangat luas yang dibagi-bagi dan memiliki konsep seperti perumahan. Untuk harganya jelas lebih mahal karena sertifikat sudah jelas dan tanah tersebut sudah ada di tangan developer.

Selain Kavling akan saya bahas lainnya mulai dari Petak hingga Tumbak. Ada juga yang namanya Ubin yang umum digunakan untuk mendeskripsikan tanah sawah. Supaya kalian tau semua langsung saja saya bahas semuanya.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan lainnya yang sebelumnya sudah pernah saya bahas. Seperti berapa 1 Iring dan 1 Hektar tanah serta jika kalian belum tau perbedaan antara hebel dan bata ringan kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.

Petak atau 1 Petak


Petak sendiri biasanya untuk mendeskripsikan tanah yang berupa sawah, ini untuk di wilayah saya tidak tau jika ditempat lain. Untuk petak ini 1 petak kira-kira sama dengan luas 400 meter persegi. Bisa kurang bisa lebih untuk tau ukuran pastinya harus diketahui lebar atau panjangnya.

Ru atau 1 Ru


Untuk Ru di wilayah saya Jawa Tengah tidak menggunakan istilah ini dan saya sendiri belum pernah mendengarnya. Tetapi untuk hitungan 1 Ru ada rumusnya yaitu 3,75 m x 3,75 m = 14,0625 m2. Jadi bisa dikatakan 1 Ru kurang lebih 14 meter persegi.

Bata atau 1 Bata


Tidak seperti Ru, untuk Bata saya pernah mendengarnya tetapi memang jarang digunakan dan lebih populer permeter atau ubin. Untuk 1 Bata sendiri sekitar 14 meter persegi atau lebih tepatnya 14,2857 meter persegi.

Tumbak atau 1 Tumbak


Antara Ru, Bata, dan Tumbak ternyata memiliki ukuran yang sama hanya berbeda pada angka dibelakang komanya saja. 1 Tumbak sendiri yaitu 14 meter persegi atau luas lengkapnya 14,0625 meter persegi.

Kavling atau 1 Kavling


Tidak seperti yang lain untuk Kavling tidak ada patokan tetap karena ini tergantung dari pihak developer atau pengembang. Umumnya untuk Kavling mulai dari 45 m2, 60 m2, 100 m2, hingga 200 m2. Untuk ukuran yang lebih luas kalian bisa beli beberapa kavling.

Ubin atau 1 Ubin


Dan yang terakhir yaitu Ubin. Untuk 1 Ubin sama seperti Tumbak, Bata, dan Ru yaitu sekitar 14 meter persegi atau tepatnya 14,0625 meter persegi. Daripada Bata, Tumbak, dan Ru ukuran Ubin lebih populer dan mulai banyak digunakan.

Untuk saya sendiri lebih suka dengan hitungan meter persegi karena akan langsung tau ukuran pastinya. Selain itu untuk harga kita bisa kira-kira apakah lebih mahal atau lebih murah khususnya jika tanah yang kita beli ingin dibangun rumah.

Untuk membangun rumah lebih baik dapat yang panjang daripada yang lebar. Karena belakang rumah bisa kalian manfaatkan untuk hal-hal lainnya seperti kolam, berkebun, atau hal lainnya yang bermanfaat dan bisa menekan biaya hidup.

Sekian pembahasan dari saya mengenai 1 Ubin, 1 Kavling, 1 Tumbak, 1 Bata, 1 Ru, dan 1 Petak. Sebelum saya akhiri jika kalian belum tau perbedaan Kilometer dan Mil kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon